Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Kehamilan yang Tepat Agar Segera Mendapat Momongan

Menurut informasi yang didapat, cara membuat anak pada pasangan suami istri yang sehat dan subur itu setelah berhubungan intim tanpa alat kontrasepsi adalah sekitar 15 – 20%. Hal tersebut juga tentunya harus didukung dengan cara program hamil yang tepat, agar kita segera mendapatkan seorang momongan melalui kehamilan yang sehat. Lantas, seperti apakah program kehamilan yang tepat itu? Nah, biar bunda gak penasaran, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Program Kehamilan yang Tepat Agar Segera Mendapat Momongan

1. Hentikan KB dan Alat Kontrasepsi Lainnya
Disarankan bagi bunda untuk menghentikan penggunaan berbagai alat kontrasepsi, seperti kondom, pil KB, suntik KB, spiral, atau implant dalam beberapa bulan sebelum bunda dan suami memulai program hamil. Bagi wanita yang telah mengonsumsi kontrasepsi oral dalam waktu yang cuku lama, maka tubuhnya pun akan membutuhkan waktu hingga beberapa siklus menstruasi untuk bisa memulai berovulasi secara teratur lagi dan siap untuk hamil.

2. Memantau Masa Subur
Mengetahui masa subur atau waktu terjadinya ovulasi dan berhubungan seksual pada hari-hari tersebut, maka bisa meningkatkan kesempatan bagi bunda untuk hamil lho. Pada umumnya, ovulasi itu akan terjadi sekitar 14 hari sebelum menstruasi dimulai. Sebagai alat bantu untuk mengetahui masa subur, bunda pun bisa menggunakan alat prediksi ovulasi atau metode suhu basal tubuh.

3. Meningkatkan Frekuensi Hubungan Seksual Dengan Suami

Sperma bisa bertahan hidup dalam rahim dan saluran telur selama 2 – 3 hari, sedangkan sel telur hanya mampu bertahan hidup selama 12 – 24 jam saja. Itu artinya, berhubungan intim sekitar 2 – 3 hari sebelum bunda berovulasi akan memperbesar peluang hamilnya. Dalam hal ini , bunda dianjurkan melakukan hubungan intim dengan suami beberapa kali dalam seminggu, segera setelah bunda berhenti menstruasi. Atau, bunda bisa berhubungan intim setiap 2 hari sekali, dimulai sekitar hari ke 10 setelah selesai menstruasi.

4. Teknik Hubungan Intim Untuk Program Hamil
Ada teknik tertentu dalam hubungan intim yang dapat men-sukseskan program hamil. Mengenai tekniknya, bunda harus berbaring terlentang setelah berhubungan intim agar mempermudah laju sperma yang menuju rahim. Lakukanlah hubungan intim sebelum tidur, agar setelahnya bunda masih tetap dalam keadaan berbaring. Saat berhubungan intim, sebaiknya bunda memilih posisi misionaris. Mengapa demikian? Pasalnya, posisi misionaris ini sudah terbukti efektif sukses dalam program hamil lho. DIsamping itu, usahakan untuk tudak menggunakan pelumas saat berhubungan intim. Soalnya, pelumas tersebut mengandung zat yang dapat mengubah keseimbangan kadar pH dalam vagina dan mengurangi pergerakan sperma.

5. Meningkatkan Kesuburan Dengan Cara Alami
Ada beberapa cara alami yang bisa bunda lakukan untuk meningkatkan kesuburan seperti dibawah ini:

Menerapkan Pola Makan Sehat
Bunda dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi, seperti halnya sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian utuh, susu rendah lemak, umbi-umbian, dan daging merah tanpa lemak. Selain itu, usahakan untuk menghindari makanan-makanan cepat saji serta minuman-minuman bercafein dan bersoda.

Konsumsi Vitamin
Ada beberapa jenis vitamin dan suplemen yang dipercaya dapat meningkatkan kesuburan wanita, diantaranya adalah vitamin B, C, D, E, selenium, zinc, zat besi, koenzim Q10, dan folat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, bunda dianjurkan untuk menginsumsi asam folat sebanyak 400 mcg per harinya selama menjalani program kehamilan.

Hindari Hal-hal yang Merusak Program Kehamilan

Hal-hal yang dapat merusak kehamilan itu seperti kebiasaan merokok, konsumsi alcohol, konsumsi obat-obatan terlarang, dan lain sebagainya.

Posting Komentar untuk "Program Kehamilan yang Tepat Agar Segera Mendapat Momongan"