Tips Memilih Rice Cooker Yang Berkualitas

Pada zaman modern seperti sekarang ini, penggunaan barang elektronik dalam kehidupan sehari-hari sudah sangat umum. Bahkan bisa dibilang semua kegiatan dapat dilakukan menggunakan barang elektronik. Mulai dari memasak, mencuci, olahraga, berkomunikasi hingga mencari uang semuanya dapat dilakukan menggunakan barang elektronik.

Dari banyaknya fungsi barang elektronik tersebut tentu jenis dan macam barang yang digunakan pun tak kalah beragamnya. Seperti barang elektronik yang dapat digunakan untuk memasak, yang antara lain terdiri dari rice cooker, oven listrik, mixer dan lain-lain.

Tips Memilih Rice Cooker Yang Berkualitas

Nah dari sekian banyak barang elektronik yang bisa Anda gunakan, tampaknya rice cooker menjadi salah satu barang yang wajib Anda miliki. Bahkan bisa dibilang jika benda elektronik yang satu ini bisa dijumpai di setiap rumah.

Lalu apa sih sebenarnya fungsi dari rice cooker sehingga begitu dibutuhkan setiap orang? Fungsi utamanya yaitu untuk menanak nasi. Akan tetapi, pada keluaran tipe terbarunya, rice cooker sering kali dibekali dengan perlengakapan tambahan yang membuatnya memiliki fungsi ganda seperti untuk mengukus.

Dengan menggunakan rice cooker tentu kegiatan memasak Anda akan sangat terbantu bukan? hanya dengan menceploskannya ke stop kontak dan mengisinya menggunakan beras serta air degan takaran yang pas Anda sudah bisa mendapati nasi matang dalam waktu kurang dari 1 jam.

Sayangnya, saking banyaknya merk rice cooker saat ini sering kali membuat para ibu rumah tangga menjadi bingung manakan porduk yang kualitas dan tidak.
Untuk itulah sebelum membeli, pastikan Anda memperhatikan 7 tips memilih rice cooker berkualitas berikut ini.
  1. Fitur
  2. Bukan hanya benda elektronik seperti smartphone saja yang memiliki banyak fitur. Beberapa rice cooker juga dibekali dengan berbagai fitur yang membuatnya semakin menarik. Seperti fitur yang memungkinkan barang elektronik ini digunakan untuk menghangatkan nasi dan bahkan dapat digunakan untuk membuat kue.
    Tak hanya itu, beberapa produk canggih rice cooker juga dibekali dengan sistem stram tray, quick cook, slow cook, keep warm, serta delay time logic smart. Dimana fitur-fitur memiliki fungsi masing-masing dan dapat Anda setel sesuai kebutuhan.
  3. Kapasitas
  4. Selain fitur yang terdapat pada rice cooker tersebut, Anda juga bisa melihat besarnya serta kecilnya kapasitas rice cooker tersebut sebagai pertimbangan sebelum membelinya.
    Pastikan Anda membeli rice cooker dengan kapasitas yang sesuai kebutuhan Anda. seperti rice cooker dengan ukuran sedang untuk keluarga yang anggotanya terdiri dari 4 atau 6 orang. Kemudian rice cooker kecil untuk kebutuhan tanak nasi 1 atau 2 hingga 3 orang saja.
    Sedangkan untuk rumah makan atau untuk kebutuhan partai lainnya, sebaiknya pilih rice cooker ukuran besar. sehingga nasi yang Anda tanak bisa sesuai jumlahnya dengan kebutuhan masing-masing.
  5. Perhatikan jenis tutup
  6. Mengapa harus memperhatikan detail pada bagian tutup? Sebab bagian inilah yang mengatur banyak sedikitnya uap air yang akan keluar saat penanakan nasi berlangsung. Untuk itulah, sebaiknya Anda memilih tutup rice cooker yang musah dipasang lepas.
    Dengan begitu pengendalian uap air akan lebih makmal dan tutup rice cooker tersebut lebih mudah dibersihkan. Dan selain itu, sebaiknya Anda pun memilih rice cooker dengan tutup transparan yang memungkinkan Anda melihat langsung proses penanakan nasi mulai dari mentah, mendidih hingga nasi siap santap.
  7. Kemudahan penggunaan
  8. Meskipun pada dasarnya penggunaan rice cooker tidaklah sulit, namun pada beberapa merk sering kali terdapat fitur atau komponen yang harus diatur terlebih dahulu sebelum barang elektronik ini digunakan.
    Nah untuk mempermudah penggunaan, sebaiknya Anda memilih rice cooker dengan cara penggunaan yang mudah dan simple. Tak hanya itu, kemudahan penggunaan disini pun menyangkut beberapa hal lain.
    Seperti kemudahan dalam membersihkan mangkuk anti lengket, pegangan rice cooker yang mudah diangkat, kabel yang mudah dipasang copot, serta kontrol yang mudah dimengerti dan jelas.
  9. Kelengkapan aksesoris
  10. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika rice cooker saat ini banyak mengusung aksesoris atau komponen tambahan yang akan membuatnya semakin tampak mewah dan elegan. Akan tetapi, yang terpenting untuk Anda perhatikan adalah seberapa banyak aksesoris yang disematkan pada rice cooker tersebut.
    Juga bagaimana fungsi dari aksesoris tersebut lengkap dengan kualitasnya masing-masing. Sebab meskipun bukan merupakan komponen utama dari rice cooker, namun aksesoris tersebut tetap harus memiliki kualitas yang sama bagusnya dengan komponen utama rice cooker.
  11. Pertimbangkan harga
  12. Satu hal lagi yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli sebuah rice cooker, yaitu harga yang dipatok untuk benda elektronik satu ini. dimana biasanya harga yang dipatok akan disesuaikan dengan beberapa hal, mulai dari kapasitas, kelengkapan fitur, kelengkapan aksesoris hingga kekuatan merk dagang rice cooker tersebut.
    Nah dari sekian banyak patokan harga untuk rice cooker, dapat Anda ketahui untuk saat ini harga termurahnya yaitu berkisar 110 ribu saja. Sedangkan untuk harga termahalnya mencapai angka 3 juta rupiah.
  13. Merk pun penting
  14. Ya, meskipun merk bukanlah jaminan utuh atas kualitas sebuah barang, namun secara garis besar sebuah merk akan menggambarkan bagaimana kualitas umum dari barang yang dirilisnya.
    Seperti merk-merk besar yang sudah tentu akan mementingkan kualitas barangnya sebagai daya tarik. Namun meskipun begitu, tetap saja untuk merk tidak bisa dijadikan satu-satunya patokan.
    Mengapa? Karena untuk merk sendiri sebenarnya sangat tergantung dari selera masing-masing orang. Bisa saja satu orang mengatakan merk A adalah yang terbaik, sedangkan orang lain menganggap merk B atau C adalah yang terbaik.
Nah beberapa merk rice cooker yang sudah banyak teruji kualitasnya antara lain adalah Yong Ma, Philips, Sanken, Electrolux, Miyako, Panasonic dan masih banyak lainnya. Itulah 7 tips penting yang harus Anda pertimbangkan dengan baik sebelum membeli rice cooker.

Lalu adakah panduan khusus lainnya agar rice cooker yang Anda gunakan lebih awet? Berikut ini beberapa diantaranya.
  • Agar panci anti lengket tidak mudah rusak, sebaiknya untuk pencucian dilakukan menggunakan spon lembut dan jangan menggunakan pembersih logam sekalipun terdapat kerak nasi yang menempel.
  • Setelah selesai digunakan, selalu cuci tutup rice cooker agar sisa uap air yang menempel tidak membekas jadi noda. Terlebih lagi jika rice cooker yang Anda gunakan memiliki tutup transparan.
  • Untuk kabel, sebaiknya jangan sampai melengkuk sehingga bagian logam kabel tidak akan mudah putus meskipun digunakan bertahun-tahun lamanya.
  • Selalu cek bagian fitur sebelum menggunakan rice cooker dan sesudah penggunaan. Pastikan semua fitur dalam keadaan off setelah barang elekronik ini selesai digunakan.
  • Hanya pilih fitur yang Anda butuhkan ketika penggunaan rice cooker dan matikan fitur lain yang tak digunakan.
  • Frekuensi penggunaan harus seimbang dengan spesifikasi rice cooker tersebut.
Jadi jangan sampai Anda salah memilih rice cooker dan pastikan rice cooker yang Anda miliki bisa bertahan awet dengan penggunaan yang sesuai.Namun jangan hanya mempertimbangkan harga yang murah namun kualitas rendah, akan tetapi lihat kebutuhan dan sesuaikan dengan budget.

0 Response to "Tips Memilih Rice Cooker Yang Berkualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel