Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Google rayakan Ulang Tahun Rembrandt van Rijn

Sebagai mesin pencari terbaik dan terpopuler di dunia, Google selalu merayakan / memperingati hari-hari penting bagi para ilmuan-ilmuan yang dahulu pernah menyumbangkan ilmu dan karya-karyanya untuk dunia. Hal ini tentunya memberikan pelajaran dan pengetahuan baru, atau sekadar mengingatkan pengguna mesin pencari Google, sehingga jasa-jasa mereka selama hidupnya selalu di ingat dan dikenang sepanjang masa.

Ulang Tahun Rembrandt van Rijn di Google Doodle

Hari ini, 15 Juli 2013, Google merayakan hari ulang tahun Rembrandt van Rijn yang ke-407 lewat Google Doodlenya. Dalam logo Doodle tersebut, terdapat potret Rembrandt. Rembrandt van Rijn dengan nama lengkap Rembrandt Harmenszoon van Rijn lahir di Leiden, Netherlands 15 Juli 1606. Beliau adalah seorang pelukis Belanda dan merupakan salah seorang pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa.

Seperti dikutip dari Wikipedia, Keahliannya dalam melukis yang paling terkenal adalah “memanipulasi ekspos cahaya terhadap objek sehingga memberikan efek tertentu di dalam lukisan”. Rembrandt telah menghasilkan 600 lukisan, 300 etsa, dan 2000 gambar. Kebanyakan berupa self potrait, yang memberikan gambaran sangat jelas mengenai Rembrandt yang sebenarnya, baik dari segi emosi maupun penampilan. Teknik yang dipakai kebanyakan adalah chiaroscuro, yang memberikan kontras yang cukup jelas antara bayangan dan pantulan cahaya dengan gradasi yang halus, sekaligus memberikan efek dramatis kepada pemirsanya.

Salah satu kutipannya yang masih tercatat hingga kini mengenai pencapaiannya dalam seni rupa adalah "pergerakan yang terhebat dan alami", (diterjemahkan dari frasa Belanda die meeste ende di naetuereelste beweechgelickheijt), dalam sebuah surat yang ditulis untuk koleganya. Thanks Rembrandt atas karya-karya spektakulermu yang mampu menginspirasi kami semua.

Berita Terbaru

13 komentar untuk "Google rayakan Ulang Tahun Rembrandt van Rijn"

  1. Anonim15 Juli

    Thanks infonya'

    BalasHapus
  2. artikel ini menarik dan bisa menambah wawasan baru, salam kunjungan

    BalasHapus
  3. makasih atas infonya, sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  4. makasih atas infonya, sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  5. makasih gan infonya sangat berguna

    BalasHapus
  6. Informasinya sangat menarik sekali saya berkunjung keblog ini banyak pelajaran yang saya dapatkan terimakasih banyak atas informasinya...

    BalasHapus
  7. Anonim29 Juli

    Waduh saya belum liat google pas itu. oh iya makasih infonya.

    BalasHapus
  8. thanks sob infonya menariik B)

    BalasHapus
  9. informasinya sangat menariik gan...

    BalasHapus
  10. makasiih gan infonya sangat menarik untuk saya baca dan bisa menambah wawasan saya.

    BalasHapus
  11. informasinya menariik mkassih gan sukses slalu...

    BalasHapus
  12. kren infonya sob thanks B)

    BalasHapus
  13. informasi yang sangat menarik sukses terus gan..

    BalasHapus