Jokowi Sosok Pemimpin Masa Depan

Siapa coba yang tidak kenal Ir. Joko Widodo, atau yang paling akrab disapa Jokowi? Sebelum menjadi walikota Surakarta (Solo), Jokowi berprofesi sebagai pedagang mebel rumah dan taman. Jokowi menjabat sebagai walikota dalam dua kali masa bakti 2005-2015, bersama wakilnya F.X. Hadi Rudyatmo yang dicalonkan oleh PDI-P. Dari lamanya beliau menjabat, hal ini tentunya menunjukan bahwa Jokowi dipercaya oleh masyarakat Solo sebagai pemimpin.

Yang paling unik adalah penampilan Jokowi yang selalu tampil sederhana di mata publik dengan kemeja kotak-kotaknya. Seperti yang dikutip dari (kompas.com), penampilan Jokowi yang selalu tampil dengan baju kotak-kotak, beliau menyebutkannya bahwa “pemimpin harus siap bekerja”. Waw, inilah sosok pemimpin masa depan yang mengutamakan pelayanan kepada masyarakatnya.

Jokowi juga salah satu pemimpin yang sangat mendukung Mobil Esemka, yaitu sebuah mobil yang dihasilkan oleh siswa sekolah menengah kejuruan, yang juga membawa nama baik Indonesia, dalam bidang otomotif. Dukungan tersebut tidak hanya sebatas kata-kata, hal itu dibuktikan Jokowi dengan membeli Mobil Esemka Rajawali sebagai mobil dinasnya.

Seperti yang dikutip dari (Wikipedia.org), di bawah kepemimpinan Jokowi, Solo mengalami perubahan yang pesat. Branding untuk kota Solo dilakukan dengan menyetujui slogan Kota Solo yaitu "Solo: The Spirit of Java". Langkah yang dilakukannya cukup progresif untuk ukuran kota-kota di Jawa: ia mampu merelokasi pedagang barang bekas di Taman Banjarsari hampir tanpa gejolak untuk merevitalisasi fungsi lahan hijau terbuka, memberi syarat pada investor untuk mau memikirkan kepentingan publik, melakukan komunikasi langsung rutin dan terbuka (disiarkan oleh televisi lokal) dengan masyarakat. Taman Balekambang, yang terlantar semenjak ditinggalkan oleh pengelolanya, dijadikannya taman. Jokowi juga tak segan menampik investor yang tidak setuju dengan prinsip kepemimpinannya. Sebagai tindak lanjut branding ia mengajukan Surakarta untuk menjadi anggota Organisasi Kota-kota Warisan Dunia dan diterima pada tahun 2006. Langkahnya berlanjut dengan keberhasilan Surakarta menjadi tuan rumah Konferensi organisasi tersebut pada bulan Oktober 2008 ini. Pada tahun 2007 Surakarta juga telah menjadi tuan rumah Festival Musik Dunia (FMD) yang diadakan di kompleks Benteng Vastenburg yang terancam digusur untuk dijadikan pusat bisnis dan perbelanjaan. FMD pada tahun 2008 diselenggarakan di komplek Istana Mangkunegaran.

Prestasi Jokowi
Seperti yang dikutip dari situs web (worldmayor.com) Jokowi dinominasikan menjadi walikota terbaik dunia, hal ini tentunya membuat Indonesia berbangga dengan prestasi dan kinerja beliau dalam menampilkan pemimpin Indonesia di mata Dunia. Saat ini Jokowi mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Pilgub tahun 2012 dengan Basuki Tjahaja Purnama. Semoga Perjuangan dan totalitas seorang pemimpin yang ditunjukan beliau tidak pernah berhenti, dan sudah sepantasnya menjadi contoh pemimpin lainnya di masa mendatang.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel