Senin, Juni 18

3 Alasan tidak MengIkuti Kontes SEO

Beberapakali Sigodang Pos mengikuti kontes seo, tentunya memberikan pelajaran dan pengalaman tentang SEO itu sendiri. Setelah mengkaji lebih jauh tentang kontes-kontes SEO yang sering diadakan perusahaan-perusahaan besar di Indonesia, saya mulai berpikir betapa bodohnya saya menghabiskan waktu saya hanya untuk mempromosikan dan mempopulerkan produk orang lain tanpa mendapatkan apa-apa. Jujur pemikiran ini memang berawal dari pengalaman-pengalaman saya mengikuti kontes SEO. Saya terus berpikir dalam benak saya “kenapa waktu yang terbuang sia-sia tersebut, tidak saya pergunakan untuk mengoptimalkan konten-konten yang bermanfaat untuk saya optimalkan.

Mungkin anda berpikir jika total hadiah 30 Juta dalam sebuah kontes SEO itu sangat besar? Ya, saya juga awalnya berpikir begitu. Namun setelah saya pikir-pikir, dari ratusan bahkan ribuan peserta lomba yang saling bersaing di search engine, dengan menghabiskan waktu dan menggunakan segala cara untuk berada di halama pertama mesin pencari, akhirnya yang menjadi pemenang hanya ada 3 pemenang dan kadang ada 1 pemenang tambahan. Peserta yang tidak masuk kedalam 3 urutan pertama tersebut tidak mendapatkan apa-apa, bahkan tanda kepesertaan juga hilang setelah kontes SEO usai, namun Artikel kontes tetap tertanam di web atau blog kita? Dari hal ini saja, saya mulai berpikir bahwa hal ini tidak adil.

Mungkin anda akan menyangkal bahwa ini adalah lomba, yang sewajarnya ada pemenang dan ada yang kalah. Baiklah, saya akan menjelaskan beberapa faktor, kenapa saya bisa berkata demikian. Ada 3 alasan yang membuat saya sudah tidak berkeinginan lagi mengikuti kontes SEO.

Pertama, Total hadiah sangat kecil. Coba anda bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan sebuah perusahaan jika mereka mengiklankan sebuah produk di media cetak maupun elektronik selama berbulan-bulan? Mungkin bisa mencapai ratusan juta, bahkan milyaran, itupun hanya bersifat sementara, namun dengan kontes SEO mereka akan mendapatkan kepopuleran dalam kurun waktu yang cukup lama, dengan link-link dofollow, dan juga artikel-artikel review tentang produk yang bersifat positif.

Kedua, kurangnya keseriusan panitia kontes SEO. Dari pengalaman saya, banyak hal-hal yang menggambarkan ketidakseriusan panitia kontes SEO. Misalnya tidak adanya wadah untuk Tanya-jawab, web panitia yang tidak jelas (sering off), tidak adanya control terhadap peserta (maksudnya artikel yang tidak berhubungan dengan kontes, terdaftar di daftar peserta).

Ketiga, tidak adanya batasan pendaftaran. Di jaman Google Pinguin, biasanya artikel yang baru up-date akan menduduki peringkat teratas, kejadian seperti ini bisa saja bertahan selama 1-3 hari. Hal ini juga menurut saya tidak adil, bayangkan saja jika seseorang yang sudah berjuang mati-matian selama kurun waktu tertentu (selama kontes) ternyata harus kalah dengan artikel baru. Ya setidaknya jika sebuah kontes SEO berlangsung selama 3 bulan, sebaiknya pendaftaran peserta sudah ditutup di bulan pertama, tetapi yang selama ini saya lihat, panitia hanya berambisi bagaimana agar kontes tersebut diikuti banyak peserta tanpa memikirkan peserta terdahulu. Demikian opini Sigodang Pos tentang mirisnya kontes SEO di Indonesia. Mudah-mudahan bermanfaat buat perkembangan kontes SEO untuk kedepannya.

Artikel Terkait

27 komentar

saya tidak sependapat dengan Anda,, sebenarnya klo kita mengkaji ulang,, gak ada yang kalah dalam ajang kontes SEO,, saya sendiri di beberapa artkel mendapatkan pagerank yg naik,, walaupun beberapa kali kalah namun sekarang blog milik saya menjadi sangat seo friendly,, maaf sebelumnya :)

:) Jika sobat membaca Artikel itu secara utuh, maka sobat akan menarik kesimpulan bahwa yang saya garis bawahi "kritik" disitu adalah Pembuat kontes dan panitia kontes SEO. Artikel ini saya buat untuk meningkatkan perhatian dari pembuat kontes SEO kepada para Blogger, sehingga blogger tidak dipandang sebelah mata. Tentang "Manfaat mengikuti kontes SEO", sebelumnya sudah pernah saya tulis di blog ini, seperti yang sobat utarakan, dapat meningkatkan kepopularitasan blog kita di mesin pencari. Terimakasih sudah menyempatkan diri untuk berkomentar.

wah,saya kurang ngerti sama yang begituan kang ferdinaen,,owh ya link exchange nya udah dipindahin ya mas?

kunjungan dini hari sambil nonton bola sob...

memang ada benarnya sih itu sangat menguntungkan pihak penyelenggara dengan mengiklankan di dunia maya dengan biaya yang sangat murah.. walaupun saya sendiri belum pernah mengikuti kontes SEO sih...

Unik: Ya sobat Zhaly, biar gag terbagi-bagi.

Sekarang kabarnya blog yang mengikuti kontes SEO akan kena sanksi dari google penguin...

menarik sob,, mungkin bisa jadi bahan masukan buat penyelenggara kontes SEO.

Tambahan, mungkin buat blogger pemula ajang kontes seperti ini bisa jadi motivasi tuk belajar SEO, setidaknya itu pengelaman positif ane.

Salam Blogger.

Lingkar merah: Setuju ma pendapat sobat, gimana ni tentang kontes seo alfamart, sepertinya sobat juaranya.

Lae Lab: ach yang benar lae?

Perdebatan Yang Sagat Menarik...Setiap Pandangan Orang Berbeda2,Itu Hal Yang Wajar..Kalau Saya Sie Seberya Kurang Begitu Paham Tentang Gitu2an,Tapi Kalau Saya Setuju Dengan Sigodang Pos..hehe

aku malah blm pernah ikutan lomba SEO sob, pengen sih sekali2 nyoba, tpi ga da waktunya... :)
yang penting tetap semangat ngBlog ya Sob hehehe .... :)
siapa tau kapan2 dapat juara ... :)
SEMANGAAAAAT KAWANKU

Diary: Terimakasih udah menyempatkan diri untuk menyumbangkan sepatah kata sobat.

Eka: pasti sob selalu semangat, karena saya memang sudah fokus untuk dunia blogger.

kritiknya sangat bagus sob, smangat trus, lam knal sob

untung saya ga pernah ikut,apa memang ga bisa cara cara kali ya,he...he...
makasih infonya sob

Klo saya malas ikutan lomba SEO kawan, saingannya banyak mending ikut lomba menulis *tanpa SEO* yg dipilih berdasarkan kualitas tulisan bukan rank google :) nice post btw :D

kontes SEO ane malah gak paham tuh sob,,,
udah baca artikel sobat ini dari atas sampe abis tetap aja gak paham apa itu kontes SEO. ane ngeblog biasa aja buat sekedar nyalurin hobby

Baguss juga sob artikelnya . ini setidaknya menjadi bekal untuk mengikuti kontes SEO .

saya setuju dengan kritiknya sobat sama fenomena kontes seo dan ketidak konsistenan panitia kontes SEO,,,
saja juga baru pertama kali mengikuti kontes seo kemarin di alfamart dan hanya berhasil menduduki halaman 7 google, karena stress tingkat tinggi postinganku saya hapus dan mencoba posting ulang pada 1 hari menjelang berakhirnya kontes.

Hendy: ok salam kenal juga sob.

Corolla: sama-sama sob

Lusia: kalu soal saingan sebenarnya tidak menjadi masalah sob, toh kita juga sesama blogger yang bersaing, menang atau kalau tidak menjadi masalah. kita hanya menginginkan keseriusan dari pihak pembuat kontes. Kontes menulis memang juga sangat menjanjikan, tapi masalahnya kita tidak tau seobjektif apa juri dalam menilai tulisan. Setelah beberapakali saya ikut kontes menulis, biasanya mereka hanya menilai panjang tulisan, bukan dari isi tulisan tersebut. terimakasih buat masukannya.

Ants: memang Artikel ini bukan menjelaskan tentang apa itu kontes SEO sob, intinya kontes SEo itu adalah lomba menjadi nomer satu di mesin pencari seperti Google.

Enonovan44: terimakasih sob, jika memang tulisan ini bermanfaat.

HAYARDIN: Terimakasih atas sepahamannya sob, semoga kontes SEO kedepannya dapat lebih baik.

Iyah, mungkin berkat saran dari blog ini, ada bberapa kontes yang sudah membatasi pendaftaran harus 1 minggu sebelum berakhirnya kontes tersebut.

pendapat saya ini memang kritik dan saran yang bagus untuk penyelenggara kontes

menurtut pendapat ane gan sejauh mana kemampuan kita dalam masalah seo untuk hadiah gak terlalu ane dambakan

Setiap saat dalam hidupmu adalah ibarat gambar yang belum pernah terlihat, dan gambar yang tidak akan pernah terlihat lagi. Jadi, nikmati hidupmu dan jadikan setiap momen menjadi indah.

saya sih setuju bro,memang agak gk adil mending hadiah kecil tapi bisa rata",,setidaknya jangan cuman 1 atau 3 orang,kalau ntuk seo atau naiknya page rank sih tergantung kitanya sendiri,,aktif di dunia blogger apa kagak,,kalau upadate aja setahun sekali minta seo dan page rank nya naik...

ternyata begitu yaa ? makasih infonya :(
jadi lebih ngerti sekarang

Emang bener sih gan , kalo ikut kontes seo banyak membuang waktu tapi saya sih ikutan kontes seo hanya iseng saja sih,

sangat bermanfaat om,,, semoga kita semakin bijaksanan dalam hal apapun... sipppp...

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top