Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Posisi Menggendong Bayi Yang Baru Lahir Dengan Benar

Menggendong bayi bisa menjadi salah satu cara untuk mempererat ikatan antara orang tua dan bayi. Saat menggendong bayi baru lahir, penting untuk selalu menopang kepala dan lehernya. Hal ini karena leher bayi baru cukup kuat pada usia 1-2 bulan, di mana dia sudah mulai bisa mengangkat kepala saat dalam posisi tengkurap.
Posisi Menggendong Bayi Yang Baru Lahir Dengan Benar
Ada beberapa cara menggendong bayi baru lahir, yaitu:

Menimang
Ini merupakan cara menggendong bayi baru lahir yang paling banyak dilakukan. Pertama, ambil bayi yang sedang berbaring dan tempatkan salah satu lengan Anda di bawah leher dan kepalanya. Sementara itu, satu tangan lainnya berada di bagian bokongnya. Angkat bayi dan sesuaikan posisi bayi hingga ia merasa nyaman. Kepala dan leher seharusnya berada di lengan bagian dalam atau lipatan lengan saat digendong. Lakukan gerakan mengayun perlahan. Ini merupakan posisi yang paling tepat untuk saling menatap dengan bayi.

Menggendong sambil memeluk
Umumnya ini dilakukan setelah bayi selesai menyusu. Gunakan salah satu tangan untuk mengangkat kepala dan leher bayi, kemudian tangan yang lain digunakan untuk menyangga bokongnya. Posisi bayi vertikal sejajar dengan arah tubuh Anda.

Pada posisi ini, Anda juga dapat menempatkan bayi di dada atau bahu. Bayi bisa merasa nyaman mendengarkan detak jantung orang tuanya. Ingat untuk tetap memperhatikan kepala dan leher, serta pastikan hidung Si Kecil tidak tertutup.

Menggendong dengan posisi bayi tengkurap
Cara menggendong bayi jenis ini sangat tepat dilakukan ketika bayi rewel. Posisi bayi tengkurap, sementara bagian kepala dan leher berada di salah satu lengan bagian dalam dan ujung telapak tangan Anda menopang kedua kaki bayi. Pastikan wajah bayi tidak tertutup.

Pada posisi ini, Anda bisa bebas mengusap atau menepuk punggung bayi dengan tangan yang lain. Posisi ini juga bagus untuk mengeluarkan angin dari perut bayi (sendawa) sehingga bayi merasa nyaman.

Menggendong untuk menyusu
Caranya sama seperti gerakan menimang bayi. Usahakan satu tangan ibu menahan bagian bokong bayi. Kemudian dekatkan bayi ke arah payudara untuk menyusu. Anda bisa menggunakan bantuan bantal atau penyangga lain untuk menopang tubuh Si Kecil.

Ada baiknya selain memperhatikan dalam menyusui bayi bunda juga perlu memperhatikan cara menggendong bayi baru lahir dengan benar. Sama halnya seperti kita yang duduk di kursi keraspun tentu akan menimbulkan ketidak nyamanan bukan. Dalam menggendong bayipun juga perlu kehati-hatian apalagi bayi yang baru lahir tubuhnya masih sangat rawan. Selain menggendong dengan posisi yang benar seperti letak tangan terutama pada bagian bawah, tentu bunda juga harus memperhatikan popok yang digunakan. Karena jika popok yang digunakan tidak nyaman akan membuat bayi rewel atau akan menimbulkan iritasi pada kulit, untuk itu bunda bisa menggunakan popok merries.

Posting Komentar untuk "Posisi Menggendong Bayi Yang Baru Lahir Dengan Benar"