Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilihan Cemilan Dari Ikan

Ikan adalah salah satu bahan makanan yang bisa anda jadikan cemilan yang enak. Di Indonesia ikan memang sangat banyak karena Indonesia banyak terdapat lautan. Nah untuk itu banyak orang yang memanfaatkan ikan sebagai bahan untuk membuat berbagai cemilan dan makanan yang lezat. Ikan yang dibuat menjadi cemilan juga rasanya tidak amis. Nah jenis ikan yang dijadikan cemilan juga beragam. Sehingga jika anda tidak suka salah satu jenis ikan. Anda bisa menggunakan jenis ikan lainnya. Cemilan dari ikan wajib anda coba. Berikut beberapa rekomendasi pilihan makanan khas jawa barat dari ikan yang enak.
Pilihan Cemilan Dari Ikan
1. Baso Ikan Pedas
Di siang hari yang panas, anda bisa mencoba berbagai cemilan ikan. Cemilan ikan yang bisa anda coba adalah baso ikan. Baso ikan ini punya rasa yang lebih kuat dibandingka dengan baso sapi ayam atau ayam. Baso ikan biasanya banyak yang menjual di pinggir jalan. Ada juga yang menjual keliling. Baso ikan ini dijual juga murah. 5000 rupiah bisa dapat 2 baso ikan yang besar. Kemudian makannya dengan kuah baso ikannya yang diberikan sambal pedas. Jika anda suka saos dan kecap, biasanya diberikan juga.

2. Basreng
Cemilan dari ikan yang satu ini juga tidak kalah enak. Basreng adalah singkatan dari baso digoreng. Nah, baso yang digunakan adalah yang terbuat dari ikan. Baso ikan yang besar mentah banyak dijual di pasar. Baso ikan kemudian dipotong-potong dan digoreng. Setelah itu diberikan bumbu bubuk cabe. Nah basreng sendiri ada 2 versi. Ada versi keripik artinya kering sekali. Ada juga versih basah yang tidak kering. Nah keripik basreng kini banyak di warung terdekat. Untuk yang basah, penjual keliling banyak juga menjual basreng.

3. Pempek
Cemilan dari ikan yang satu ini memang sudah sangat terkenal di berbagai daerah di Indonesia. pempek ini terbuat dari ikan. Ikan yang digunakan biasanya ikan tenggiri. Bahan untuk membuat pempek ini adalah sagu, bawang putih, ikan dan daun bawang. Pempek juga ada pilihan isinya. Ada yang berisi telur atau juga pepaya mentah. Pepaya mentah yang dijadikan isian pempek baisanya ditumis pedas. Setelah itu ada juga yang berisi labu siam pedas. Pempek ini ada pilihan pempek kapal selam, pempek kulit dan lainnya. Pempek kulit biasanya terbuat dari ikan semua bagiannya termasuk tulang. Pempek dimakan dengan cuka pedas yang gurih.

4. Sotong
Pernahkah anda makan cemilan dari ikan yang satu ini? Sotong bentuknya layaknya tentakel sotong hewan laut layaknya cumi. Nah, sotong ini terbuat dari adonan sagu, terigu dan ikan. Setelah itu sotong digoreng. Dimakan dengan bubuk cabe dan saus sambal enak sekali. Sotong ini sekarang bisa dinikmati dengan membelinya di tukang tahu bulat. Jadi jika ada tukang tahu bulat yang berkeliling. Anda bisa membeli sotong. Sotong ini lebih enak dibandingkan basrengh. Jadi anda pasti suka.

5. Kemplang
Cemilan dari ikan yang satu ini adalah khas Palembang dan Lampung yang enak. Kemplang adalah kerupuk yang dibuat dengan dibakar. Kemplang ini terbuat dari ikan tenggiri juga. Kemplang ini lebih sehat dibandingkan dengan kerupuk karena prosesnya tidak digoreng namun dibakar. Kemplang biasanya dimakan dengan sambal yang pedas. Sambalnya juga ada yang berwarna hitam dengan rasa manis lebih dominan.

Posting Komentar untuk "Pilihan Cemilan Dari Ikan"