Mengenal Jenis Luka Terbuka Yang Sering Terjadi

Selama ini mungkin Anda berpikir bahwa luka terbuka baik itu terluka akibat jatuh dari motor, luka jari kena pisau atau berbagai penyebab luka terbuka lainnya bisa ditangani dengan cara yang sama. Ternyata luka terbuka punya banyak jenisnya dan harus diobati dengan cara yang tepat agar tidak berdampak buruk pada kesehatan. Apa saja jenisnya?

Mengenal Jenis Luka Terbuka Yang Sering Terjadi

4 Jenis Luka Terbuka
Di dunia medis luka terbuka dibagi atas empat jenis utama berdasarkan penyebab terjadinya. Ada yang dinamakan abrasi, laserasi, avulsi dan tusuk. Untuk lebih jelasnya, berikut informasi lengkapnya untuk Anda.
  • Abrasi
  • Merupakan luka terbuka yang terjadi akibat gesekan atau goresan, seperti luka lecet akibat terjatuh dari kendaraan bermotor, atau luka yang mengakibatkan lapisan kulit terbuka dan mengeluarkan darah. Jenis ini tidak termasuk luka perdarahan hebat namun rentan terinfeksi jika tidak diobati dengan benar.
  • Laserasi
  • Luka terkena benda tajam yang mengiris bagian tubuh masuk jenis ini. Jika irisan yang terjadi tidak dalam maka proses penyembuhannya akan cepat, namun jika irisannya dalam maka penanganannya harus lebih maksimal bahkan bisa jadi penderita mendapat jahitan agar luka cepat sembuh.
  • Avulsi
  • Luka terbuka yang merusak kulit dan organ dalam ini memberikan dampak parah bagi penderita, karena biasanya menyebabkan perdarahan hebat. Contohnya adalah luka tembakan, yang semain merusak kulit juga merusak organ dalam tergantung pelurunya mendarat dimana.
  • Tusuk
  • Pernah tertusuk jarum, atau bagian tubuh terkena paku? Luka itu masuk kategori luka tusuk. Seperti memilih vitamin yang cocok untuk ibu hamil harus sesuai dengan kondisi sang ibu, pengobatan luka ini juga harus sesuai antara kedalaman luka, makin dalam luka maka tindakan yang dilakukan harus semakin kompleks agar tak ada anggota tubuh lain yang terdampak.
Kalau Anda sudah mengenal jenis luka terbuka di atas, maka akan semakin mudah untuk mengobatinya dengan cara yang tepat. Karena ada yang tuntas hanya dengan pengobatan rumahan saja, namun ada yang harus melibatkan dokter khusus agar luka tak semakin menjalar dan parah berdampak pada tubuh.

0 Response to "Mengenal Jenis Luka Terbuka Yang Sering Terjadi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...