Jenis Soal Tes Psikometri dan Tips Mengerjakannya

Bagi Anda yang sudah pernah bekerja atau belum bekerja mungkin pernah, setidaknya satu kali melakukan tes psikometri. Tes ini biasa dilakukan untuk mengukur kemampuan seorang individu sekaligus perilakunya. Tujuan dilakukannya tes ini adalah untuk mengukur kemampuan kognitif seorang individu serta bakat yang dimilikinya. Dari soal tes psikometri yang diberikan nantinya akan dapat diketahui apa saja bakat dari individu tersebut dan apa saja kelemahan dan kekuatan sifat yang dimilikinya. Jika dalam dunia kerja, hal tersebut akan berguna untuk mengetahui apakah sifat tersebut bisa menguntungkannya dalam dunia profesional atau justru merugikan. Lalu juga bisa diketahui apakah individu tersebut dapat menerima tanggung jawab tertentu dalam melaksanakan pekerjaannya.

Jenis Soal Tes Psikometri dan Tips Mengerjakannya

Tips Mengerjakan Berbagai Jenis Soal Tes Psikometri
Tes Psikometri ini memang dilakukan secara psikologis untuk mengetahui hal-hal tertentu dalam diri individu, untuk kemudian dikembangkan dan bisa membantu kehidupan sosial individu nantinya. Karena itu soal tes psikometri yang diberikan pun tidak seperti soal tes biasa. Soal yang diberikan terdiri dari dua kategori, yaitu soal Aptitude yang dibuat untuk menguji kemampuan dan kecerdasan. Biasanya di perusahaan atau instansi, bagian ini ditujukan untuk menguji apakah individu mampu mengerjakan tugas atau jenis pekerjaan tersebut. Soalnya biasanya berbentuk bangun datar, membaca, menghitung dan soal-soal yang membutuhkan pemikiran analitis.

Jenis soal tes psikometris selanjutnya adalah soal untuk penilaian kepribadian. Tujuan soal ini adalah untuk mengetahui proses berpikir, emosi dan perilaku seorang individu. Bentuk soalnya biasanya berupa soal memberikan pendapat, reaksi, pemikiran maupun perasaan individu. Dengan bentuk soal ini nantinya akan diketahui apakah individu tersebut sesuai bekerja di suatu perusahaan atau instansi dengan budaya dan kebiasaan kerja tertentu. Karena jenis soal yang berbeda, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam mengerjakan soal-soal dalam tes psikometri ini.
  1. Cari Banyak Sumber Soal Psikometri dan Lakukan Latihan Pengerjaan secara Rutin
  2. Beberapa soal tes psikometri meminta individu untuk menggambar bentuk-bentuk atau objek tertentu. Bagi individu yang tidak terbiasa akan membuat gambar asal-asalan. Karena itu dengan berlatih semakin sering akan membuat Anda semakin terbiasa dengan menggambar atau memahami objek gambar yang diminta dalam pertanyaan. Tak hanya soal gambar, soal-soal jenis lain juga memerlukan latihan agar Anda terbiasa dalam menjawabnya. Karena itu Anda juga harus mengumpulkan lebih banyak sumber soal. Salah satunya bisa Anda dapatkan di situs mettl.com. Disini tidak hanya contoh soal, Anda pun bisa melakukan tes psikometri secara online.
  3. Siapkan Kesehatan Fisik
  4. Tes psikometrik biasanya membutuhkan waktu yang sangat lama. Karena itu memperhatikan kesehatan sebelum melakukan tes. Usahakan mendapatkan istirahat yang cukup sebelum hari tes Anda. Sebelum berangkat melakukan tes akan lebih baik jika Anda sarapan atau makan. Ini akan membuat konsentrasi Anda terjaga selama menjalankan tes. Anda juga tidak akan terganggu karena merasa lapar di tengah menjalankan tes. Bila memang diperlukan, Anda bisa membawa minuman.
  5. Baca Soal dengan Teliti
  6. Ketika mengerjakan tes, pastikan Anda membacanya dengan teliti. Tak jarang di dalam soal disebutkan keterangan berupa sering, jarang, kadang-kadang dan sejenisnya. Keterangan ini tentunya akan mempengaruhi jawaban Anda. Karena itu baca soal dengan teliti sebelum mulai menjawab.
Itulah tadi penjelasan tentang tes psikometri mulai dari jenis soal tes psikometri yang diberikan serta apa saja tips yang perlu dilakukan sebelum mulai menjalankan tes psikometri ini. Karena manfaatnya yang begitu penting, setidaknya Anda harus melakukan tes ini. Apalagi saat ini ada layanan tes psikometri online seperti yang ditawarkan mettl.com.

0 Response to "Jenis Soal Tes Psikometri dan Tips Mengerjakannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel