Seperti Inilah Gejala Dari Penyakit Bipolar Disorder

Pada dasarnya, setiap manusia itu memiliki berbagai emosi dan berbagai perasaan seperti rasa sedih, rasa senang, cemas, semangat, gelisah, dan sebagainya. Saat merasakan kondisi bahagia, biasanya kita sedang dihadapkan pada sesuatu yang menyenangkan. Namun, beberapa saat kemudian perasaan bahagia tersebut akan mulai mereda. Selain itu, kita dapat merasakan kesedihan yang juga akan mereda beberapa saat kemudian. Dengan kata lain, perasaan pada setiap manusia itu akan datang silih berganti yang tergantung suasana. Akan tetapi, pergantian suasana tersebut tidak akan berlaku bagi orang yang mengidap penyakit bipolar disorder. Nah, untuk mengetahui tentang pengertian panyakit bipolar disorder, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Inilah Gejala Dari Penyakit Bipolar Disorder

Bipolar disorder ini adalah sebuah kondisi gangguan mental, yang dapat mengakibatkan adanya perubahaan tingkat mood yang ekstrim. Hal tersebut bisa membuat si penderitanya akan mengalami perubahan perasaan secara tiba-tiba dari sangat bahagia (episode mania), menjadi sangat bersedih (episode depresi). Kendati demikian, si penderita bipolar disorder ini juga masih memiliki kondisi mood yang normal. Pada episode mania, maka si penderita bipolar ini akan merasa penuh semangat dan sangat bergairah. Lain lagi ceritanya saat memasuki episode depresi, dimana mereka akan merasakan kesedihan yang mendalam serta kehilangan semangat untuk melakukan aktivitas. Bahkan yang lebih gawatnya lagi, pada episode depresi ini si penderita kerap ingin melakukan bunuh diri lho!

Gejala-gejala Dari Penderita Bipolar Disorder Yang Harus Kalian Ketahui

Menurut kabar yang beredar, gangguan bipolar disorder ini terbagi kedalam 2 tipe yakni bipolar I dan bipolar II. Gangguan bipolar I akan ditandai dengan adanya dua episode yang bernama mania dan depresi. Berbeda dengan gangguan bipolar II, yang ditandai dengan dua episode yakni bernama hipomania dan depresi. Perilaku mania dan hipomania ini merupakan sebuah kondisi pikiran, perasaan, dan tingkah laku yang cenderung menunjukkan ekspresi gembira secara berlebihan. Ya, misalkan saja mereka sering menganggap enteng sebuah permasalahan, merasa memiliki ide cemerlang, bahagia secara berlebihan, dan ingin terlihat menonjol.

Pada tingkah laku hipomania, si penderita bipolar ini masih bisa mengendalikan diri. Berbeda halnya dengan episode mania, dimana mereka sudah tidak bisa lagi mengendalikan dirinya. Sedangkan pada perilaku depresi itu berupa pikiran yang negatif, pesimis, putus asa, kesedihan yang sangat mendalam, tidak memiliki gairah dalam beraktivitas, tidak mau bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, pemurung, dan mudah tersinggung. Apabila kondisi depresi ini sudah mencapai tingkat yang terparah, terkadang mereka ingin mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri.

Apakah Penyakit Bipolar Itu Bisa Menular?

Perlu kalian ketahui, bahwa bipolar disorder ini bukanlah sebuah penyakit yang menular dikarenakan tidak terdapat penyalurnya seperti bakteri, virus, kuman, dan lain sebagainya. Dalam dunia psikiatri, meski organ yang terserang adalah otak, namun tidak bisa dijadikan patokan satu atau beberapa agen yang menjadi penyebabnya. Pada intinya, penyakit bipolar disorder ini tidak bisa ditularkan dari satu individu ke individu lainnya. Lantas, hal apa sajakah yang menjadi penyebab dari munculnya penyakit bipolar disorder? Menurut para psikolog, ada 3 hal yang menjadi penyebab dari munculnya penyakit bipolar pada seseorang. Ya, hal tersebut diantaranya adalah faktor psikososial, faktor biologis, dan faktor genetic.

Demikianlah ulasan singkat mengenai pengertian tentang penyakit bipolar disorder, yang semoga saja kita tidak termasuk penderitanya.

0 Response to "Seperti Inilah Gejala Dari Penyakit Bipolar Disorder"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel