Hati-hati! 6 Makanan ini Berbahaya untuk Ibu Hamil

Pada masa kehamilan, semua ibu hamil akan mencoba memberikan asupan gizi dan nutrisi yang terbaik untuk janin dalam kandungannya. Mulai dari pola hidup hingga pola makan harus diatur sedemikian rupa agar janin sehat hingga persalinan. Namun tentu saja tidak semua ibu hamil tahu makanan sehat yang untuk ibu hamil itu seperti apa. Kebanyakan hanya tahu tentang makanan yang baik dikonsumsi kala hamil namun tidak pernah tahu mana makanan yang harus dihindari. Buat kamu yang sedang mempersiapkan kehamilan maka perhatikan 6 makanan ini yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Hati-hati! 6 Makanan ini Berbahaya untuk Ibu Hamil

1. Ikan bermerkuri
Beberapa jenis ikan mengandung protein dan asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak bayi. Tapi perlu diketahui juga bahwa beberapa ikan mengandung zat berbahaya bagi tubuh. Ikan yang mengandung merkuri tinggi bisa menyebabkan terganggunya perkembangan otak bayi. Semakin besar ukuran ikan maka akan semakin besar juga merkuri yang dikandungnya. Salah satu ikan yang sangat dilarang menjadi makanan yang sehat untuk ibu hamil adalah ikan todak, ikan hiu, ikan makerel raja, dan tilefish karena terbukti mengandung merkuri yang sangat tinggi. Meski beberapa ikan tersebut jarang ditemukan di Indonesia, namun ada baiknya mengetahui bahwa ada ikan bermerkuri yang tak layak disantap oleh ibu hamil.

2. Seafood setengah matang
Seafood yang dimasak setengah matang bisa membahayakan janin dalam kandungan karena terdapat cacing parasitnya. Ada baiknya hindari ikan dan kerang mentah yang biasanya ada di makanan shushi atau sashimi dan juga masakan ikan yang kurang matang. Pastikan seafood yang dimakan oleh ibu hamil sudah matang.

3. Daging sapi dan unggas setengah matang
Daging sapi dan unggas yang dimasak setengah matang masih mengandung parasit toksoplasmosis yang sangat berbahaya bagi janin. Untuk itu sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsuminya sebagai makanan yang sehat untuk ibu hamil. Sebaiknya masak daging sapi dan daging unggas hingga matang sempurna dan tidak ada darah tersisa.

4. Telur setengah matang
Ternyata telur setengah matang juga tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebaiknya telur dimasak sampai matang dengan tanda kuning dan putih telur berubah menjadi padat. Memasak telur sampai matang bisa mencegah keracunan akibat bakteri salmonella yang ada dalam telur. Jika Salmonella masuk ke tubuh ibu hamil maka dapat membahayakan janin dan juga bisa membuat ibu terkena diare dan muntah-muntah. Makanya makanan yang mengandung telur mentah atau setengah matang harus dihindari.

5. Minuman yang tidak dipasteurisasi
Minum Susu merupakan salah satu cara ibu hamil untuk menambah asupan nutrisi dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Kita tahu ada banyak susu kehamilan di pasaran yang bisa dikonsumsi dengan aman oleh ibu hamil dan jadi salah satu makanan yang sehat untuk ibu hamil. Namun susu yang sehat ternyata adalah susu yang sudah dipasteurisasi atau sudah melalui tahap pemanasan. Jika belum dipasteurisasi sebaiknya tidak diminum oleh ibu hamil. Susu yang belum melalui proses pasteurisasi bisa menyebabkan keracunan karena di dalamnya masih terdapat bakteri aktif dan ini sangat membahayakan janin dan ibu hamil itu sendiri.

6. Kafein
Kafein mampu melewati plasenta dan mempengaruhi detak jantung bayi. Beberapa penelitian menunjukkan jika ibu hamil yang mengkonsumsi banyak kafein akan meningkatkan risiko keguguran. Ini yang membuat Kafein tidak menjadi salah satu makanan yang sehat untuk ibu hamil. Disarankan untuk ibu hamil untuk membatasi minuman dan makanan yang mengandung kafein seperti kopi, teh, minuman bersoda, dan minuman berenergi.

0 Response to "Hati-hati! 6 Makanan ini Berbahaya untuk Ibu Hamil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel