Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Memilih Nama Domain untuk Blog yang Bagus

Memilih nama domain untuk blog yang bagus memang susah-susah gampang, karena nama domain blog yang Anda pilih harus bisa memberikan identitas terhadap blog Anda sendiri. Nama itu akan menonjol setiap kali blog Anda berkomentar di blog orang lain dan di media sosial yang Anda miliki. Sehingga, dimana-pun Anda memposting link untuk mempromosikan blog secara online, nama domain selalu terlihat, sehingga mudah diingat orang lain.
6 Tips Memilih Nama Domain untuk Blog yang Bagus
Di bawah ini terdapat 6 tips untuk memilih nama domain untuk blog yang bagus, jangan sampai melewatkan tips berikut ini untuk memilih nama Domain untuk blog Anda.:

1. Penamaan Sebuah Domain Blog Dengan Nama Pengguna Anda
Anda mungkin ingin memilih nama pengguna sebagai nama domain blog Anda. Hal ini bisa berguna ketika Anda sudah dikenal dengan nama pengguna yang sama di berbagai media sosial, di berbagai forum dan di komunitas online lainnya di mana anda berpartisipasi. Anda bisa menggunakan nama yang sama sehingga siapapun yang mencari secara online dapat dengan mudah menemukan blog Anda. Misalnya nama pengguna (ID) anda: @sigodangpos di media sosial seperti Facebook, Tiktok, Twitter, Snack Video, Instagram, dan lainnya, maka anda bisa membuat nama domain anda dengan nama sigodangpos.com.

Sebuah nama pengguna yang baik adalah sama, atau mirip dengan nama/ brand anda sendiri. Pilihlah nama tersebut sebagai nama domain anda. Jika sudah ada pengguna telah mengklaim domain tersebut, cobalah memberi sedikit variasi, seperti blog atau blogs.

2. Harus Menggambarkan Blog Anda
Besar kemungkinan bahwa banyak orang akan melihat Alamat blog Anda sebelum memiliki keputusan untuk benar-benar mengkliknya di mesin pencari. Dengan melihat nama alamat blog Anda, mereka dapat langsung mengetahui apa tema blog Anda, kemungkinan mereka akan lebih cenderung untuk mengunjungi kembali blog tersebut.

3. Harus Mudah Diingat
Misalkan blog anda berbicara tentang olah raga, futsal, dan sepak bola secara umum. Pe-namaan "Blog Olah raga, Seluk beluk Futsal dan Dunia Sepak Bola" akan menawarkan dengan uraian yang lengkap dari blog Anda, dan Anda akan mendapatkan cakupan alamat blog yang lebih fokus lagi. Tentu juga mudah diingat. Misalnya Kita pilih dengan nama sederhana, yaitu duniabola. Sekali lagi ini hanya suatu gambaran yang dibuat untuk mempermudah Anda.

4. Berikan Nama Lebih Spesifik
Berikan nama yang lebih spesifik fokus pada subkategori dari sebuah topik umum. Jika Anda membuat blog Niche, atau jika Anda memang berniat untuk terus blogging tentang topik tertentu, Anda perlu memilih nama blog yang mencerminkan tema blog Anda. Coba gunakan kata kunci pada nama, sehingga akan muncul pada hasil pencarian ketika orang mencari informasi tentang topik yang berkaitan dengan topik blog Anda. Contohnya, jika blog tersebut adalah sebuah blog tentang kegiatan memancing dan seputar ikan bisa diberikan nama seperti ”umpan ikan ” dan lain sebagainya.

5. Hindari Pencampuran Angka dan Huruf Pada Nama Domain Blog
Selain sulit di ingat nama blog campuran antara angka, huruf dapat membingungkan pengunjung blog Anda. Hindari penggunaan angka misalnya Blogb4gu5 dot com, gunakan saja blogbagus dot com dan hindari penggunaan tanda ”-“ misalnya sayang-blog dot com, lebih baik sayangblog dot com atau-pun tanda baca lainnya.

6. Pilihlah Nama Domain Blog Yang Unik
Usahakan memilih nama domain yang unik, sehingga membuat orang penasaran. Dengan nama unik, blog anda akan tampil beda dan mudah dikenali. Usahakan nama domain tetap tergabung dalam judul blog. Penggunaan nama  domain pada judul blog akan membuat blog semakin lebih mudah populer dan gampang diingat.

Ya begitulah kira-kira tips memilih nama domain blog yang bagus. Seperti halnya memberi nama pada anak kita, tentunya kita memberikan sebuah nama blog juga harus yang bagus, agar blog tersebut berkembang dan terus berkembang dengan baik. Semoga bermanfaat, (@iq_balle).

20 komentar untuk "6 Tips Memilih Nama Domain untuk Blog yang Bagus"

  1. terima kasih untuk infonya, terkadang dalam memilih nama blog sulit kaya blog saya nggak sama antara alamat url blog dgn nama url blog. pingin diganti udah terlanjur...

    BalasHapus
  2. iya gan,,kalo dari nama sendiri biasanya mudah untuk diingat,,,

    BalasHapus
  3. thank to infonya yach,,

    salam kenal aja :)

    BalasHapus
  4. Bagus Juga Nie Sobb Tips nyaa

    Nice post

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. ane juga url blog sama nama beda, tp msh ada kata lukman. bagus ga yahh?

    BalasHapus
  7. punya ku, url blog = nama, dah sama. mudah2n mudah di ingat.

    BalasHapus
  8. Memang susah-susah gampang sob ......sampe over load nih otak.....mana yg harus dipake?

    BalasHapus
  9. wah itu pilihan terbaik sob ....
    bnyak org buat blog ngasal , dan jadinya -___-

    BalasHapus
  10. memang susah gampang bila kita membuat nama blok yang tidak sama dengan nama orang lain.

    BalasHapus