Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hubungan Membaca dan Menulis

Banyak membaca, tentunya pasti banyak menulis. Tanya kenapa? Waktu kuliah dosen saya pernah menganalogikannya tentang sebuah gelas kosong yang diisi air. Jika gelasnya penuh maka airnya akan tumpah, dan mengalir tidak akan jauh kemana-mana. Begitu juga dengan banyak membaca, dengan sendirinya kita pasti bisa menulis, karena ilmu yang anda peroleh dari membaca tidak akan kemana-mana. Andalah pemiliknya.
Hubungan Membaca dan Menulis
Jika anda mengatakan “mengapa saya belum bisa menuliskan tentang ide-ide anda?” jawabanya “anda masih kurang membaca dan kurang serius dengan bacaan anda.

Coba anda membaca beberapa artikel atau buku yang berhubungan dengan apa yang ingin anda tulis. Saya yakin anda akan menghasilkan sebuah tulisan. Sering-seringlah membaca dan menuliskannya. Suatu saat anda akan memiliki gaya sendiri dalam menuangkan ide anda dalam sebuah tulisan.

Menulis bukanlah sesuatu yang terburu-buru. Menulis butuh proses kreatif. Seberapa lama proses menulis tersebut, tergantung keseriusan anda untuk melakukan kedua hal tersebut “Membaca dan menulis” Semoga tips yang singkat ini bisa memotivasi kita bersama untuk memulai dan terus menulis, Ferdinan DJ Saragih.

5 komentar untuk "Hubungan Membaca dan Menulis"

  1. alhamdulillah bang saya sering kok membaca buku-buku hehe

    BalasHapus
  2. saya suka baca RPUL bang hehe disana lengkap banget pengetahuannya

    BalasHapus
  3. dengan banyak membaca, menambah pengetahuan kita

    BalasHapus