Kamis, November 6

Apakah SEO itu Teramat Penting untuk Blog?

Apa sebenarnya SEO itu? SEO singkatan dari Search Engine Optimization, atau optimasi di mesin pencari / penelusuran. Pertanyaannya apakah itu penting? Jika membahas seputar SEO maka akan terus memunculkan pertanyaan karena mesin pencari selalu berubah-ubah dalam menentukan siapa yang berhak di halaman pertama mesin pencari.

Misalnya saja penelusuran Google. Alogaritma Google selalu diupdate / berubah, hal ini bertujuan agar halaman yang tampil di halaman pertama Google menghadirkan hasil yang relevan sesuai dengan keinginan pengguna. Google tidak pernah diam, Google akan terus berinovasi memberikan yang terbaik kepada penggunanya. Dulu kita mengenal alogaritma Google Panda, sekarang sudah diupdate jadi Google Pinguin 3.0 yang lebih berlogika seperti penilaian manusia, dan membabat habis spam, skema link dan duplikat konten.

SEO

Banyak blogger yang terlena dengan SEO, mulai dari mencari backlink, tataletak, mengutak atik HTML, memaksimalkan sosial media, sehingga lupa bahwa SEO yang sesungguhnya itu adalah konten itu sendiri. Kesalahan seperti ini banyak menghantarkan blogger kepada frustasi, sehingga meninggalkan dunia blogger karena merasa tidak berhasil.

Apakah optimasi SEO mampu menjadikan konten kita di halaman pertama? Jawabnya adalah “ya”. Tapi coba Anda bayangkan jika waktu Anda habiskan hanya mengoptimasi 10 konten dalam blog kita. Maka kita akan terpaku hanya disitu-situ saja. Itupun kalau berhasil, bagaimana jika optimasi yang Anda lakukan menjadi kesalahan “spam”? Mengapa kita tidak pergunakan waktu tersebut untuk membuat konten-konten baru. Ingat bahwa tidak selamanya konten yang Anda optimasi berada di halaman pertama mesin pencari, kemudian hari akan tergeser oleh konten yang lebih fresh.

Pernahkan Anda melihat konten Anda berada di halaman pertama mesin pencari tanpa optimasi? SP sering menyaksikan ratusan artikel saya di halaman pertama mesin pencari tanpa optimasi sama sekali. Jadi intinya adalah cukup dengan perbanyak konten dengan hal-hal yang baru dan unik, biarkan mesin pencari yang menentukan apakah konten tersebut pantas atau tidak ditempatkan di halaman pertama.

Seperti pada artikel saya sebelumnya “Cara meningkatkan pengunjung Blog” saya membuat kesimpulan bahwa “Search Engine bukan untuk dipelajari, tetapi Search Enginelah yang akan mempelajari konten-konten di blog kita”.

Sebagai tambahan, di jaman Pinguin seperti sekarang ini, salah satu SEO yang paling berhasil saat ini adalah ketika orang lain membuat review positif tentang blog kita dan memberikan backlink. Jika konten-konten dalam blog Anda bermanfaat buat pengguna, tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan backlink cuma-cuma. Atau me-rewrite tulisan Anda dengan memberikan backlink. Itu jauh lebih berguna, daripada Anda menyebar link layaknya spammer. Semakin baik reputasi Anda di mesin pencari, maka semakin mudah pula Anda menduduki halaman pertama mesin pencari.

2 komentar

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top