Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran Software CRM dalam Membantu Tugas Sales Taking Order

Seorang Sales Taking Order atau TO memiliki tugas yang cukup penting karena berhadapan langsung dengan pelanggan. Apabila tidak dilaksanakan dengan baik, minat pelanggan dalam membeli suatu produk maupun layanan jasa perusahaan akan menurun atau bahkan menghilang.
Peran Software CRM dalam Membantu Tugas Sales Taking Order
Guna mencegah hal tersebut, seorang sales TO dapat memanfaatkan kehadiran software Customer Relationship Management (CRM) untuk mempermudah tugasnya. Lantas, mengapa software CRM dapat mengambil peran dalam membantu tugas seorang sales TO? Berikut penjelasannya.

Apa Itu Sales Taking Order?
Secara definisi sederhana, Sales Taking Order (TO) adalah salah satu jabatan dalam divisi penjualan yang memiliki tugas untuk menjalankan operasi penawaran produk serta mencatat dengan rinci pesanan dari pihak konsumen. Di mana selanjutnya sales TO akan meneruskan pesanan tersebut kepada perusahaan untuk dikirimkan kepada pelanggan.

Meskipun Sales TO tidak memiliki tugas untuk mengenalkan produk. Akan tetapi, tugas utama seorang sales TO adalah menjual produk sebanyak-banyaknya kepada pelanggan.

Bisa dibilang peran sales TO cukup penting karena mampu mendorong daya penjualan sebuah produk atau layanan jasa suatu bisnis. Sales TO biasanya melakukan penawaran secara langsung kepada pihak pelanggan.

Cara Software CRM Membantu Tugas Sales Taking Order
Alasan mengapa software CRM mampu membantu tugas sales TO adalah berkat kecanggihan modul yang ditawarkan oleh perangkat penunjang tersebut. Berikut adalah 5 modul penting CRM untuk seorang sales TO dalam menjalankan tugas-tugasnya.

1. Contact Management
Modul pertama adalah contact management, yang merupakan inti dari sebuah software CRM. Modul ini bertugas dalam meningkatkan efektivitas pengelolaan prospek konsumen hingga pembangunan hubungan pelanggan. Modul ini memungkinkan Anda untuk menambahkan atau membagikan informasi tentang kontak pelanggan atau prospek kepada setiap divisi dalam perusahaan.

2. Analytics and Reporting
Modul kedua ialah analytics and reporting, di mana menjalankan fungsi untuk membantu perusahaan dalam menganalisis dan mengambil segala tindakan bisnis lanjutan guna meningkatkan daya penjualan.

Dengan modul ini, Anda dapat berfokus dalam meningkatkan performa penjualan maupun pemasaran bisnis perusahaan dengan mengetahui lebih jauh prospek pelanggan paling cocok. Selain itu, modul ini juga memungkinkan Anda untuk menjangkau pelanggan lebih jauh dan mendalam, guna menumbuhkan minat mereka terhadap produk atau layanan jasa perusahaan.

3. Integrations & API
Modul selanjutnya adalah integrations & API, di mana memiliki fungsi untuk mendukung integrasi antar perangkat guna meningkatkan kinerja pemasaran dan penjualan perusahaan. Integrasi yang dimaksud ialah bisa berupa akses data dan sebagainya.

Adapun ciri software CRM berkualitas baik ialah memiliki modul integrations & API yang mudah dipasang atau diluncurkan dalam setiap jenis perusahaan. Modul ini tentu saja dapat memudahkan tugas seorang sales TO dalam memproses pesanan pelanggan dengan baik.

4. Pipeline Management
Modul keempat adalah pipeline management, yaitu modul yang berperan dalam membangun sekaligus menarik lebih banyak hubungan dengan pelanggan luas. Modul ini juga tergolong penting karena perannya yang cukup fungsional dan krusial.

Melalui modul ini, saluran penjualan bisnis perusahaan Anda akan menjadi lebih efektif dalam mengelola prospek. Modul ini juga memungkinkan pengguna dalam memproses penjualan secara terstruktur dan otomatis.

Pipeline management juga termasuk sebagai modul pendukung utama dalam menunjang dan mempermudah tugas seorang sales TO.

5. Mobile CRM
Mobile CRM merupakan modul terpenting dalam software CRM yang menjadi kunci kemudahan pelaksanaan tugas seorang sales TO. Mobile CRM sendiri memungkinkan seorang sales TO untuk melakukan tugasnya dimana saja dan kapan saja, melalui perangkat seluruh yang sudah terkoneksi dengan internet misalnya memperbaharui target serta mengelola jalur penjualan dan sejenisnya.

Demikian penjelasan pada artikel kali ini. Sebagai rekomendasi CRM untuk diimplementasikan ke dalam bisnis perusahaan Anda. Software CRM Indonesia RedERP bisa menjadi pilihan teratas bagi Anda.

Sebab software CRM RedERP sudah dibekali oleh sistem terintegrasi dan telah menerapkan basis penyimpan cloud. Sehingga selain mampu memudahkan akses data antar perangkat, keamanan informasi bisnis perusahaan Anda pun dapat terjaga dengan baik.

Software CRM RedERP juga menawarkan kemampuan mumpuni lainnya seperti analisis prospek pelanggan, penyederhanaan dukungan pelanggan, dan masih banyak lagi.

Posting Komentar untuk "Peran Software CRM dalam Membantu Tugas Sales Taking Order"