Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa DP yang Dibutuhkan untuk Kredit Mobil Murah?

DP yang Dibutuhkan untuk Kredit Mobil Murah
Sumber: https://www.pexels.com/photo/black-and-silver-car-logo-5802047/


Pertanyaan tentang ‘Berapakah uang muka yang harus saya siapkan untuk kredit mobil murah?’ pasti sering muncul ketika Anda berencana membeli mobil. Pertanyaan ini sangat wajar, karena masih banyak yang bingung soal uang muka.

Salah memperkirakan besaran uang muka ini bisa jadi kesulitan Anda pada saat kredit. Alasannya, salah memperhitungkan manajemen keuangan jadi kacau atau malah Anda gagal membeli mobil impian.

Demi berhasil kredit mobil baru atau bekas, simak dulu perkiraan DP yang harus dipersiapkan.

Perkiraan Down Payment Kredit Mobil Murah

DP yang Dibutuhkan untuk Kredit Mobil Murah
Sumber: https://unsplash.com/photos/iAcEnSs9jNU

Down Payment atau DP adalah uang muka yang berfungsi sebagai jaminan bahwa pembeli akan membayar semua sisa cicilan atau kredit. DP sering diterapkan dalam kegiatan penjualan barang dengan harga tinggi, contohnya saja mobil.

Ketentuan besar kecilnya DP kredit mobil ini berbeda-beda dengan mempertimbangkan beberapa faktor. Pertama adalah harga mobil dan kedua adalah lama cicilan yang dipilih.

Biasanya semakin lama cicilan DP akan semakin ringan, tapi jika cicilan dalam waktu singkat DP juga akan lebih besar. Namun ada juga hal yang harus dipertimbangkan yakni semakin lama waktu kredit jumlah cicilan juga tinggi.

Secara lebih terperinci, berikut ini perhitungan mengenai DP kredit mobil murah yang bisa Anda perhatikan.

1. Perhitungan DP Menurut Bank Indonesia

Besaran uang muka yang sampai saat ini masih banyak diterapkan pihak leasing mengacu pada ketentuan dari Bank Indonesia yaitu DP minimal 20 hingga 25%. Walaupun ada juga beberapa leasing yang menerapkan DP sampai 30%.

Jadi perhitungan kredit mobil baru dengan harga 120 juta rupiah dan DP 20% maka Anda harus mempersiapkan uang muka 24 juta rupiah. Uang muka ini bisa Anda sesuaikan dengan harga penawaran dari mobil tersebut.

2. Perhitungan DP 0%

Bank Indonesia mulai memberlakukan sistem DP 0% untuk pembelian kendaraan roda dua atau roda empat sejak 1 Maret 2021 lalu. Anda mungkin akan senang mendengar pemberitaan ini, namun tetap ada ketentuan yang harus diperhatikan.

Contohnya saja, DP 0% hanya berlaku untuk pembelian kredit mobil keluaran minimal tahun 2014. Jadi jika mobil adalah keluaran tahun 2010 maka Anda tidak bisa mendapatkan penawaran DP 0%.

Tak hanya itu saja, tetapi Anda juga harus menjadi kreditur pertama kali yang ingin membeli mobil dan kendaraan harus dari tangan pertama atau pabrikan. Selama memenuhi syarat ini, Anda bisa kredit mobil murah. Contoh Simulasi Kredit Mobil dengan Harga Murah Pada prakteknya pembayaran DP memiliki hitungan yang lebih terperinci lagi, bukan hanya persenan dari total harga mobil. Ada juga istilah Total Down Payment atau TDP yang mencakup beberapa biaya seperti administrasi, asuransi, dll.

Supaya Anda tidak bingung, berikut ini contoh simulasi kredit mobil yang bisa Anda perhatikan.
  1. Harga kendaraan 100 juta rupiah dengan DP sebesar 25%.
  2. Bunga per tahunnya adalah 5%.
  3. Premi asuransi sebesar 0,7%
  4. Biaya administrasi adalah 10 juta rupiah untuk penerbitan STNK.
  5. Jangka waktu cicilan adalah 5 tahun.
Menggunakan skema tersebut maka uang muka yang harus disetorkan adalah sekitar 37 juta rupiah dengan biaya cicilan per bulannya mencapai 900 ribu rupiah. Namun Anda akan mendapatkan DP lebih ringan lagi jika memilih cicilan 10 tahun.

Cek juga suku bunga yang ditawarkan lengkap dan harga mobil saat ini. Apabila Anda merasa membeli mobil baru dengan skema di atas masih terlalu mahal, bisa juga mencari kredit mobil bekas murah.

Banyak penawaran mobil bekas saat ini yang harganya di bawah 100 juta rupiah. Otomatis DP yang harus dibayarkan pun juga jauh lebih murah.

Syarat yang Harus Dipenuhi agar Berhasil Kredit Mobil Murah


Apabila Anda sudah mengkalkulasikan DP yang harus dibayarkan, maka selanjutnya adalah mempersiapkan semua syarat untuk mengajukan kredit mobil murah. Tanpa memenuhi syarat, walaupun Anda sudah mempersiapkan DP bisa saja gagal.

Berikut ini beberapa rincian syarat yang harus Anda penuhi.
  1. Syarat Dokumen
  2. Sebagai calon pembeli Anda harus mempersiapkan beberapa dokumen untuk dicek. Mulai dari KTP/ SIM/ passport yang merupakan kartu identitas diri, KK, dan juga slip gaji.

    Anda juga perlu mempersiapkan rekening listrik atau PDAM. Jika Anda ingin membeli atas nama perusahaan, maka sertakan juga akta pendirian perusahaan atau SIUP. Khusus untuk pekerja profesional, sertakan keterangan izin praktik.

    Dokumen seperti NPWP dan juga tagihan kartu kredit jika dimiliki juga perlu difotokopi dan disertakan.

  3. Bebas dari Cicilan Lainnya
  4. Pada saat mengajukan kredit mobil murah pastikan bahwa Anda tidak sedang memiliki cicilan lainnya. Seperti cicilan kendaraan lain atau rumah yang masih memiliki jangka waktu panjang.

    Apabila Anda masih memiliki tanggungan cicilan sebaiknya segera lunasi. Karena pihak leasing atau bank akan melakukan BI checking. Semua tanggungan yang Anda miliki akan langsung terlihat.
Selain kedua syarat ini, Anda juga perlu menentukan pihak leasing terpercaya. Maybank Finance menyediakan layanan kredit mobil murah yang bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Baik itu pembiayaan mobil baru, mobil bekas sampai dengan alat berat tersedia. Selama Anda menyediakan semua syarat secara lengkap maka proses kredit bisa langsung dilakukan.

Kemudahan lain yang ditawarkan Maybank Finance adalah mengecek simulasi kredit secara lengkap. Anda akan tahu berapa DP yang harus dibayarkan dan besaran angsuran setiap bulannya.

Tinggal masukan data berupa harga kendaraan, besaran uang muka yang Anda miliki saat ini dan wilayah. Anda bahkan bisa menambahkan asuransi sesuai kebutuhan untuk mendapatkan rincian pembiayaan lengkap.

Segera pilih kendaraan yang diinginkan dan lihat simulasi kreditnya di maybankfinance.co.id.

Sumber:
https://lifepal.co.id/media/kredit-mobil-murah/
https://www.maybankfinance.co.id/artikel/mobil-dengan-dp-murah
https://www.qoala.app/id/blog/keuangan/kredit/cara-kredit-mobil-bekas/
https://www.suzuki.co.id/tips-trik/ingin-kredit-mobil-ketahui-apa-itu-dp-dan-keuntungannya

Posting Komentar untuk "Berapa DP yang Dibutuhkan untuk Kredit Mobil Murah?"