Tips Perencanaan Keuangan Keluarga untuk Merencanakan Liburan ke Luar Negeri

Berlibur bersama keluarga merupakan sebuah kebutuhan yang tak seharusnya terus dikesampingkan. Kesibukan masing-masing anggota keluarga kerap menjadi alasan mengapa moment liburan bersama kerap terlupakan. Selain itu masih ada kendala lainnya yaitu masalah keuangan dimana untuk bisa berlibur bersama pastinya dana yang perlu dipersiapkan tidaklah sedikit. Namun dengan perencanaan keuangan keluarga yang matang dan disiplin, Anda dan orang-orang terkasih bisa menikmati liburan apalagi dengan destinasi wisata yang baru yaitu ke luar negeri.

Tips Perencanaan Keuangan Keluarga untuk Merencanakan Liburan ke Luar Negeri

Liburan ke luar negeri pastinya menjadi impian semua orang. Dengan tujuan wisata tersebut, kesibukan pekerjaan bisa ditunda demi mendapatkan pengalaman baru berwisata ke negeri orang. Agar hal tersebut bisa menjadi kenyataan, berbagai persiapan dan perencana perlu dilakukan termasuk menata keuangan agar semua kebutuhan untuk berwisata ke luar negeri bisa dipenuhi sebelum hari H. Bagi Anda yang juga memiliki impian tersebut, berikut ini ada beberapa tips untuk mengatur keuangan guna berwisata ke luar negeri yang bisa Anda lakukan:

  1. Menyiapkan Paspor.
  2. Paspor merupakan syarat yang wajib dimiliki jika Anda akan bepergian ke luar negeri kemanapun negaranya. Paspor bisa dibuat dengan mudah melalui kementrian terkait dan harus dimiliki dari anak kecil hingga orang dewasa dan manula yang akan ikut bepergian. Paspor bisa diurus jauh-jauh hari karena tidak memiliki batas penggunaan.
  3. Visa.
  4. Beberapa negara memberikan kebijakan tanpa Visa untuk wisatawan asal Indonesia. namun beberapa lainnya masih membutuhkan Visa agar Anda bisa berwisata di negara tersebut. Kenali negara tujuan wisata Anda dan pastikan Anda mengurus Visa jika akan bepergian ke negara yang mewajibkan penggunaan Visa. Visa sendiri memiliki masa berlaku yang harus Anda patuhi saat berada di luar negara.
  5. Paket wisata.
  6. Setelah menyiapkan surat-surat, Anda bisa mulai melakukan survey mengenai paket wisata dari travel agent yang menyediakan liburan ke negara tujuan. Dengan menggunakan jasa paket wisata travel agent, liburan keluarga menjadi lebih nyaman dan aman. Anda bisa membandingkan harga antara satu travel agent dengan lainnya dan juga membandingkan tujuan wisata serta layanan yang akan diberikan termasuk akomodasi dan transportasi di negara tujuan.
  7. Tiket pesawat.
  8. Beberapa paket wisata memberikan harga yang sudah termasuk tiket pesawat namun beberapa lainnya belum memasukkannya dalam paket. Jika Anda memilih yang belum maka Anda perlu tabungan ekstra untuk membeli tiket pesawat. Anda bisa memilih kelas pesawat yang akan digunakan sesuai dengan budget keuangan.
  9. Nilai tukar uang.
  10. Kenali nilai tukar uang sebelum berangkat untuk membantu Anda membandingkan harga sehingga tidak sembarangan membeli barang di tempat wisata. Jika budget sangat terbatas, kurangi membeli barang yang tidak dibutuhkan dan perbanyak membuat memory dengan mengambil gambar bersama anggota keluarga lainnya.
  11. Bawa barang yang diperlukan saja.
  12. Biaya bagasi pesawat sekarang ini sedang tinggi-tingginya sehingga sebisa mungkin bawa barang yang diperlukan saja.
Itulah beberapa perencanaan keuangan keluarga yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan liburan keluar negeri dengan lebih hemat namun tetap bermakna. Rencanakan mulai sekarang dengan cara mengurus surat-surat dan menabung untuk membeli paket wisata yang diinginkan. Mulailah dengan negara tetangga yang memiliki harga wisata lebih ekonomis sehingga Anda tetap bisa menikmati pengalaman baru namun dengan biaya yang lebih minimal. Dengan cara menabung yang sama, rencanakan liburan yang lebih jauh lagi di tahun depan dengan suasana yang berbeda.

0 Response to "Tips Perencanaan Keuangan Keluarga untuk Merencanakan Liburan ke Luar Negeri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel