Ini Dia Cara Membuat Pembangkit Listrik Sederhana

Sistem otomatisasi pembangkit listrik tenaga matahari sekarang ini populer sebagai alternatif yang terus dikembangkan. Bahan banyak perusahaan dunia ikut membantu perkembangannya. Namun, apakah kamu juga bisa membuat alat pembangkit listrik ini? Tentu saja bisa, berikut cara membuat alat pembangkit listrik sederhana yang bisa kamu buat.

Ini Dia Cara Membuat Pembangkit Listrik Sederhana

1. Persiapan Bahan
Sebelum membuat pembangkit listrik tenaga surya kamu harus menyiapkan bahan yang akan dipakai. Selain itu, kamu harus menatanya dengan benar. Berikut bahan-bahan yang harus kamu siapkan sebelum membuat alat pembangkit listrik.
  • Selembar plat tembaga. Kamu bisa membeli di toko bangunan
  • Dua capit buaya
  • Botol plastik bening atau botol bekas air mineral
  • Kompor listrik
  • Gunting
  • Micro ammeter
  • Ampelas
  • Garam meja 2 sendok makan
  • Air keran setengah botol
2. Langkah Membuat Pembangkit Listrik Sederhana
Setelah menyiapkan semua bahan, kamu hanya perlu mulai merangkai listrik tenaga surya. Memang tidak mudah, tapi kamu pasti terbiasa setelah beberapa menit merangkai. Inilah langkah untuk membuat alat pembangkit listrik.

Pertama, kamu bisa memotong lembaran tembaga hingga sama dengan lebar perapian. Kemudian siapkan kompor listrik untuk membakar tenbaga. Panaskan tembaga tersebut dengan voltase paling tinggi. Kamu bisa membakarnya dengan waktu 30 menit atau hingga tembaga berwarna hitam legam rata.

Jangan khawatir, lapisan tersebut akan mengelupas setelah tembaga dingin. Lalu segera matikan kompor listrik. Lakukan pendinginan secara alami, jangan menggunakan alat agar pendinginan berjalan efektif. Setelah tembaga dingin, kamu bisa mencuci dan menggosoknya dengan tangan dalam air yang mengalir. Mulailah bersihkan serbuk hitam sisa pembakaran.

Pada tembaga akan terbentuk lapisan oksida corpus yang digunakan untuk menangkap energi matahari dan mengubahnya menjadi listrik. Sehingga hanva sampai meregangkan tembaga. Ambil tembaga kedua yang sama dengan tembaga pertama. Bedanya pada tembaga kedua tidak perlu dibakar. Kedua tembaga letakkan saling berhadapan dan jangan sampai bersentuhan.

Selalu siapkan larutan garam meja dalam segelas penuh. Kamu bisa mentransfer air garam ke dalam botol, kira-kira hingga setengah botol. Hal berikutnya yang harus kamu lakukan yaitu memasang capital buaya di ujung tembaga.

Pasang kedua capital tersebut pada micro ampere. Ujung negatif pada tembaga pertama dan ujung positif di ujung tembaga kedua. Setelah itu letakkan saja di bawah terik matahari . Energi yang dihasilkan bisa mencapai 33 micro ampere hingga 50 micro ampere.

Bagaimana, mudah bukan cara membuat sistem otomatisasi pembangkit listrik tenaga matahari ini? Ingat, tidak semua orang bisa sukses dalam percobaan pertama. Sebaiknya berhati-hati saat membuat agar langkah tidak terbalik atau bahkan terlewat.

2 Komentar untuk "Ini Dia Cara Membuat Pembangkit Listrik Sederhana"

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi konten di atas.
Aturan berkomentar:

1. komentar TIDAK asal,
2. Link hidup TIDAK diperbolehkan, masukkan link pada Name/URL.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel