Jumat, Mei 20

Fakta Penting dari Penyebab Sakit Jantung Koroner

Penyebab sakit jantung koroner merupakan penyakit yang dialami organ jantung akibat adanya penimbunan lemak pada arteri. Keadaan yang demikian akan membuat berkurangnya suplai darah yang mengalir ke jantung. Penyumbatan yang terjadi pada arteri jantung dapat memicu terbentuknya trombosis atau penggumpalan darah. Penggumpalan darah tersebut akan memblokir suplai darah yang menuju jantung.

Fakta Penting dari Penyebab Sakit Jantung Koroner

Terdapat beberapa faktor penyebab sakit jantung koroner antara lain.

  1. Diabetes. Penyakit yang sattu ini dapat mengakibatkan penebalan pada dinding pembuluh darah sehingga dapat menghambat aliran darah. Oleh sebab itu penderita diabetes memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita penyakit jantung koroner. Diabetes biasanya disebabkan oleh kadar gula darah yang meningkat akibat konsumsi makanan yang tinggi gula. Untuk itu sebaiknya anda mengurangi konsumsi makanan manis secara berlebihan dan mengganti konsumsi gula anda dengan tropicana rendah kalori yang dapat menstabilkan kadar gula di dalam darah.
  2. Faktor riwayat keturunan ( gen ). Apabila anda memiliki keluarga atau orang tua yang menderita penyakit jantung koroner, maka anda akan memilki resiko besar untuk menderita penyakit jantung koroner tersebut di suatu hari nanti.
  3. Obesitas atau kegemukkan. Sangat berpotensi untuk mengalami penyakit jantung apabila anda memiliki tubuh yang gemuk. Untuk itu anda harus menjaga berat badan anda agar tetap berada pada berat badan yang ideal. Apabila anda memiliki berat badan yang gemuk maka segera turunkan berat badan anda tersebut untuk mencegah resiko terkena penyakit jantung.
  4. Memiliki tekanan darah tinggi ( hipertensi ). Apabila anda memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi maka jantung akan bekerja lebih keras dalam melakukan fungsinya. Hal tersebut membuat jantung dan pembuluh darah akan merasa terbebani.
  5. Memiliki kadar kolesterol tinggi. Apabila di dalam tubuh terdapat kolesterol jahat atau LDL dengan jumlah yang tinggi, maka akan menempel pada dinding pembuluh darah dan akan mengakibatkan penggumpalan darah yang disebut dengan plak. Plak tersebut akan menutupi aliran darah yang mengalir menuju jantung. Plak – plak yang terdapat pada aliran pembuluh darah tersebut biasanya menjadi penyebab sakit jantung koroner.

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top