Kamis, Januari 28

Tips tepat mengelola keuangan keluarga

Saat telah memulai memiliki keluarga kecil tidak semuanya semudah yang dibayangkan. Banyak hal yang harus dipikirkan lebih matang terutama tetang mengelola keuangan keluarga. Perubahan pola pikir haru mulai dilakukan. Ketika uang pribadi menjadi uang bersama maka hal itu tidak dapat digunakan layaknya seperti saat masih lajang. Dibutuhkaan beberapa tips mengelola keuangan untuk mengatasinya. Karena seberapa besar pun penghasilan, ternyata masih ada saja orang yang mengalami kekurangan uang diakhir bulan. Masalah yang terjadi bukan berada pada seberapa besar penghasilan yang diperoleh, akan tetapi di seberapa pandai anda mengelolanya. Beberpa tips yang dapat diterapkan untuk mengelola keuangan antara lain:

Mengatur Masalah Keuangan

Memahami keuangan keluarga
Dengan mengetahui berapa banyak uang yang dimiliki keluarga dan juga mengetahui berapa banyak tagihan yang harus dibayar seperti tagihan telepon, listrik, belanja bulanan dan lain – lain maka pembagian keuangan bisa diperhitungkan berapa banyak yang harus dikeluarkan.

Perencanaan keuangan
Perencanaan keuangan sangat diperlukan untuk mengetahui semua uang yang akan dikeluarkan dan digunakan untuk sesuatu yang diperlukan. Buatlah rencana keuangan yang realistis dan masukkan dana untuk liburan sebagai bagian menyenangkan diri dan keluarga anda setelah bekerja keras.

Menabung bersama
Menabung sangat perlu untuk dilakukan dalam mengatur keuangan. Dengan mempunyai tabungan anda dapat merasa lebih aman dan keuangan akan lebih stabil. Usahakan untuk tidak menggunakan uang tabungan sebelum benar – benar di butuhkan.

Bedakan kebutuhan dan keinginan
Kedua hal tersebut sangat mirip dan membuat apa yang diinginkan menjadi sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi. Cara mudah yang dapat dilakukan untuk membedakannya adalah dengan cara membuat daftar antara kebutuhan dan keinginan. Hal tersebut membuat anda lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan daripada keinginan.

Hindari hutang
Seringkali kebiasaan hutang ini terjadi karena menggunakan kartu kredit. Kemudahan proses pembayaran yang diberikan oleh kartu kredit membuat orang menjadi konsumtif. Hal inilah yang dapat memperburuk keuangan anda.

Mengatur keuangan memang lebih sulit daripada mengatur keuangan pripadi. Akan tetapi anda harus yakin pasti bisa bisa apabila dibarengi dengan usaha yang maksimal. Dengan mengikuti beberapa tips mengatur masalah keuangan tersebut, anda akan menjadi orang yang pandai dalam mengatur keuangan.

2 komentar

Apa kabar mas..lama ga ngesot kemari..hee

Menabung bersama memang salah satu cara mudah dan efisien. Karena ketika ada beberapa hal mendadak yang memerlukan uang lebih (Sakit/ Kecelakaan) maka kita memiliki uang untuk berobat. :)

IBX5829BEFF42CDB
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top