Kamis, Januari 28

Mengenal Lebih dalam Jurusan Teknik Pangan

Apabila Anda dapat masuk ke IPB (Institut Pertanian Bogor) maka Anda merupakan pelajar yang beruntung dan dapat dibanggakan sebab kampus ini masuk ke dalam susunan 10 universitas terbaik di Indonesia. Institut tersebut adalah kepunyaan Negara yang umum dari kalangan manapun bisa menjadi mahasiswanya, namun harus lulus dari serangkaian test yang dilakukan oleh pihak yang berwenang. Untuk itu jangan heran bila ada banyak peserta yang rela mencoba test tahun depannya, namun harus bersedia menunggu 1 tahun menganggur agar di tahun berikutnya bisa mengikuti test ulang dengan harapan agar diterima masuk menjadi mahasiswa.

Jurusan Teknik Pangan (IPB)

Salah satu dari banyak jurusan yang ditawarkan oleh pihak Institut yaitu teknik pangan. Di fakultas ini Anda belajar mengenai teknologi pangan, yang menyangkut mengenai kandungan bahan makanan, macam dan jenis pangan sampai dengan teknologi untuk menumbuhkan bahan makanan yang berkualitas. Departemen pangan yang ada memiliki reputasi yang baik dari segi penelitian, kurikulum, proses pendidikan, kinerja lulusan, manajemen internal, dan organisasi. Kurikulum yang diterapkan disini ialah penerapan kurikulum dari Amerika Serikat Institut Teknologi Makanan yang telah ada sejak tahun 2003.

Beberapa fakta yang ada di IPB (Institut Pertanian Bogor) di departemen pangan antara lain:
  • Departemen pangan merupakan salah satu fakultas tertua di Indonesia.
  • Mulai berdiri sejak tahun 1964.
  • Berfokus kepada kimia pangan, keamanan pangan, kualitas makanan, makanan rekayasa proses, analisis makanan, dan mikrobiologi makanan.
  • Telah meluluskan sebanyak 487 sarjana dan 164 master dan doctor.
  • Dari tahun 1981 sampai 2010 telah meluluskan sarjana sebanyak 2.456 orang.
  • Terdiri dari 56 anggota fakultas.
Kampus yang baik juga menghasilkan lulusan yang baik pula. Di IPB (Institut Pertanian Bogor) bagian departemen pangan memiliki banyak anggota fakultas yang berpendidikan tinggi serta memiliki pengetahuan yang khusus berupa keahlian di bidang toksilogi makanan, analisis makanan, kimia rasa, biokimia pangan dan gizi, pengolahan makanan, teknik makanan, dan keamanan makanan. Mereka yang mengajar juga terlibat secara aktif dalam penelitian dan pengajaran yang relevan dalam pembahasan topik pada ilmu pangan.

IBX5829BEFF42CDB
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top