Jumat, Oktober 2

Pengertian dan cara membuat Mentega Sendiri

Kalian pasti sudah tau dan tidak asing lagi kan dengan bahan yang sering digunakan dalam banyak makanan ini yaitu mentega, dalam bahasa inggris yaitu butter. Pengertian dari bahan makanan ini yaitu emulsi air dalam minyak yang berbentuk padat bila didinginkan dan langsung meleleh bila pada suhu kamar atau bila di panaskan sedikit saja. Bahan juga merupakan salah satu bahan yang dibuat dari produk susu hewan yang mengandung minimal 80% lemak susu, Tidak jauh beda dengan margarin yang mungkin bisa dijadikan penggantinya, tapi memang agak sedikit lebih mahal dari margarin dan aroma pun lebih wangi dari margarin. Ada dua yang membedakannya yaitu ada yang tawar atau unsalted butter dan ada yang asin mengandung garam atau salted butter. Bahan masakan ini sering dibuat untuk menggoreng makanan, terutama roti atau kue. Lalu banyak digunakan untuk membuat kue bolu, kue basah dan kue lainnya. Biasanya, kebanyakan berwarna putih kekuningan dan sangat harum dan lebih untuk mengutamakan tekstur kelembutannya. Lalu sangat membuat harum dan menambah cita rasa yang khas pada makanan itu sendiri.

Mentega

Ada cara-cara membuat mentega jika kita ingin membuatnya sendiri, Cara membuatnya yaitu:

Biasanya bahan masakan yang satu ini dibuat oleh pabrik-pabrik besar yang khusus memproduksinya. Bahan utama pembuatannya yaitu krim susu. Krim susu yaitu lapisan paling atas dari susu yang bila dibiarkan beberapa lama akan terbentuklah krim susu, krim susu itu di pisahkan dari lapisan bawahnya atau sering disebut skim. Kita juga bisa membuatnya dengan cara di aduk-aduk, kita mengaduk krim susu tadi menggunakan alat khusus pengaduknya agar menjadi padat. Selama proses pengadukan, krim susu tadi di beri cairan yang sering disebut buttermilk. Lalu kemudian jika sudah padat dan dicetak di dalam cetakan sesuai yang kita mau.

Bahan masakan ini bisa dijadikan bahan untuk menggoreng atau memanggang kue atau makanan yang kita inginkan, cairan atau yang kita kenal yaitu minyak samin untuk menggoreng hanya cukup dipanaskan sedikit saja dan akan membentuk cairan tapi jika sudah dicairkan tidak bisa lagi dikembalikan ke bentuk padat. Jika bahan yang satu ini akan sangat harum dan mempunyai warna kuning keemasan jika sudah dicairkan dan akan membuat makanan menjadi lebih nikmat terutama kue akan menjadi halus tapi biasanya akan mudah rapuh, tapi bila ingin sedikit lebih kuat campurkan saja dengan margarin tapi meskipun kokoh cita rasa nya kurang enak, jadi kita bisa membuatnya sesuai dengan yang kita inginkan. Selamat mencoba...

2 komentar

IBX5829BEFF42CDB
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top