Rabu, Mei 13

Cara Simple Mengelola Keuangan

Mengelola keuangan bukanlah sesuatu yang mudah, karena musuh terbesar kita dalam mengelola keuangan adalah diri kita sendiri. Hidup di jaman yang serba canggih dengan berbagai penawaran yang menggiurkan, mulai dari promo, diskon dan keinginan untuk memiliki sebuah produk tentunya akan menggerogoti pertahanan kita, sehingga kita gampang tergoda terhadap penawaran. Apa saja trik simple agar kondisi keuangan anda tetap dapat terkendali sehingga ungkapan “lebih besar pasak daripada tiang” tidak sampai terjadi?

Mengelola Keuangan

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah “cuek” terhadap penawaran. Jika anda hidup di perkotaan, tentunya anda sering menemui penawaran, mulai dari promo dan diskon yang bertebaran disepanjang jalan atau sales yang langsung menawarkan kepada anda. Iklan kreatif atau penawaran menarik sering membuat kita tergoda, sehingga kita sering menjadi “korban iklan”. Hal yang paling mudah adalah cuek terhadap penawaran atau katakan “tidak” terhadap berbagai penawaran. Utamakan keuangan anda terhadap kebutuhan pokok atau kebutuhan yang wajib anda butuhkan.

Hal kedua adalah mulailah menabung. Gemar menabung membentuk pola pikir kita agar tidak boros “hemat”. Dengan gemar menabung membuat kita lebih mudah mengatur keuangan. Selain itu kita juga punya dana cadangan jika sewaktu-waktu kita mengalami masalah keuangan atau ada kebutuhan mendadak yang harus dipenuhi.

Ketiga adalah gunakan kartu kredit. Banyak orang berpikir penggunaan kartu kredit membuat penggunanya boros. Pikiran seperti ini hanya “mitos belaka”, karena dengan menggunakan kartu kredit, juga membentuk pola hidup “hemat” karena kita akan dibayang-bayangi kewajiban yang harus kita bayar. Penggunaan kartu kredit juga membuat lebih mudah untuk mengetahui pengeluaran yang kita gunakan. Bagi anda yang masih belum memahami kartu kredit anda bisa mempelajari cara kerja kartu kredit terlebih dahulu. Demikian tips simple mengelola keuangan anda.

1 komentar:

tergantung orangnya ya gan.....

IBX5829BEFF42CDB
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top