Jumat, September 26

Biopori Yang Bermanfaat Bagi Sekitar

Biopori merupakan lubang-lubang yang berisi sampah organik dengan tujuan untuk meresapnya air. Hal tersebut mengakibatkan genangan air akan berkurang dan jika lubangnya ada banyak akan mengatasi banjir. Teknik ini memang sudah tidak asing lagi. Pasalnya, banyak sekali wilayah di Indonesia yang menerapkannya. Sebut saja Malang yang merupakan kota pelajar sudah mulai membuatnya. Kemudian Bogor yang memulainya terlebih dahulu sudah mengalami perkembangan wilayah.

Biopori

Banyak cara dilakukan untuk mengatasi banjir, salah satunya dengan membuat lubang resapan. Namun, masyarakat juga perlu tau penyebab dari munculnya banjir, antara lain:
  • Membuang sampah sembarangan menjadi masalah yang tak kunjung selesai. Pasalnya, beberapa masyarakat di Indonesia masih kurang mengerti bahaya sampah jika tertimbun terlalu lama. Dengan adanya teknik peresapan air ini, juga memanfaatkan sampah organik sebagai isi lubang. Jadi, sampah dapat dimanfaatkan kembali.
  • Kurangnya tanaman hijau yang berfungsi untuk menyerap air. Dengan adanya teknik ini, air akan terserap ke tanah sehingga banjir dapat diatasi.
Biopori memang memiliki banyak sekali manfaat. Selain itu, teknik yang satu ini juga dapat menyuburkan tanaman. Pasalnya, limbah organik dalam lubang tersebut dapat diambil kemudian dijadikan kompos dengan kualitas yang bagus. Pengomposan sendiri sebagai akibat dari aktivitas mikroorganisme dalam tanah. Selain itu, dengan keberadaan mikroorganisme dapat mengundang beberapa macam organisme seperti cacing untuk menggemburkan tanah.

1 komentar:

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top