Senin, Agustus 20

Menumbuhkan Kreativitas Menulis Bersama VOA

Hubungan kreativitas menulis dengan seorang blogger tidak akan pernah dapat dipisahkan, karena akar dari sebuah blog adalah tulisan. Bahkan gambar sebagus apapun rasanya tidak akan terasa utuh, jika tidak disertai dengan beberapa kalimat penjelasan dalam sebuah konten yang berisi gambar. Sebagaimana pengertian blog itu sendiri, (Wikipedia, Blog) Blog (web log) adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.

Kontes Ngeblog VOA

Selanjutnya saya akan menghubungkan kreativitas menulis, dengan kontes ngeblog yang diadakan VOA Indonesia yang dimulai sejak 1 Desember 2011 kemarin, hingga November 2012 (Digelar selama setahun penuh), seperti yang tertulis di web VOA dalam berita ”Kontes Ngeblog VOA”. Pada kontes tersebut, peserta diwajibkan membuat sebuah analisis dan saran berdasarkan laporan berita VOA, baik dari TV, Radio, Website, Facebook dan YouTube. Anlisis tersebut disertai dengan argumen kritis mengenai topik berita yang diangkat, baik yang bersifat negatif maupun positif.

Kontes ngeblog VOA tersebut dapat anda jadikan sebagai ajang pembelajaran dalam proses kreatif menulis, khususnya dalam menganalisis berita. Pada kontes tersebut, VOA sudah menyajikan berbagai berita yang dapat kita pilih secara bebas sesuai dengan keinginan dan kemampuan kita. Dalam memulai analisis berita, yang pertama yang harus kita lakukan adalah memilih sebuah topik. Dari topik yang kita pilih tersebut kita tentukan sub topik yang akan kita analisis, selanjutnya tentukan hal apa yang akan kita tekankan dalam analisis tersebut. Contohnya saya akan uraikan dibawah ini.

Misalnya saja kita mengambil topik “Olimpiade London 2012”, dengan sub topik. “Amerika Juara umum Olimpiade”. Selanjutnya tentukan sebuah unsur tertentu yang akan dianalisis secara mendalam. Sebagai contoh “Kenapa Amerika mampu menjadi juara umum di Olimpiade London?”. Inilah unsur paling penting yang harus anda fokuskan selama menulis analisis, mulai dari awal tulisan, hingga akhir tulisan. Sehingga analisis yang kita lakukan tidak melebar.

Kreativitas Menulis

Selanjutnya yang menjadi fokus anda adalah sebuah argumen berisi jawaban tentang unsur yang anda pertanyakan. Menjawab pertanyaan tersebut, anda bisa mencari dari berbagai sumber mengenai olahraga Amerika. Misalnya dukungan pemerintah terhadap olahraga di Amerika, persiapan Amerika dalam Olimpade, prestasi Amerika pada Olimpiade sebelumnya, keseriusan atlet Amerika dalam berlatih, dan hal lainnya yang berhubungan dengan olahraga Amerika. Hal-hal tersebut akan menjadikan analisis anda sesuai dengan fakta, karena sebuah analisis berita tidak hanya berisi opini, tetapi opini yang dibangun berdasarkan fakta.

Selain hal diatas anda juga bisa menghubungkan hal tersebut dengan prestasi Indonesia di Olimpiade London 2012, dengan melakukan sedikit analisis tentang fakta olahraga di Indonesia. Nah, demikian tips singkat menumbuhkan kreativitas menulis bersama VOA, semoga bermanfaat (@ferdinaen).

Baca Juga

10 komentar

hmmm menarik lombanya cuma ane lbih kpingin menulis puisi saja hahah

cuma pengin ngucapin sukses aja gan..

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

saya suka menulis, tapi rasa malas sering melanda, konsistensi sgt sulit buat saya. gmn yah kiatnya?

Amatir blogger: Kalau malas sebenarnya tidak ada obatnya gan, kecuali dari diri sendiri. Biasanya kalau malas itu datang menghampiri saya, saya kembali mengingat cita-cita dan alasan kenapa saya menulis, dan rasa malas itu akan berangsur pergi. Lalu saya memulai sebuah kata, dan kata itu akan membentuk kalimat demi-kalimat dan membentuk sebuah tulisan. Semoga bermanfaat.

Mr. Blur: mohon tidak menulis URL di komentar, silahkan masukkan URL pada kolom Name/URL. Terimakasih.

Terimakasih buat info lombanya.

ok, sukses terus buat tulisannya. heehee

tunjukan kreatifitas kita sebagai bloger, tunjukan kalo bloger indonesia tidak suka COPAS, salam blogerr broo, thanks banget

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top