Sabtu, Juni 23

Jenis-Jenis Puisi

Ada banyak jenis puisi yang berkembang dalam masyarakat Melayu. Berdasarkan aspek keasliannya, jenis puisi dapat dibagi dua:

Puisi asli Melayu
Secara umum, genre puisi Melayu asli, dibagi kedalam beberapa jenis, diantaranya
  1. Pantun;
  2. Gurindam;
  3. Seloka;
  4. Mantra;
  5. Teromba (puisi adat);
  6. Peribahasa.
Puisi Pengaruh Asing
Jenis puisi Melayu yang mendapat pengaruh asing, dibagi kedalam beberapa jenis, diantaranya:
  1. Syair;
  2. Nazam;
  3. Rubai;
  4. Ghazal;
  5. Barzanji;
  6. dll.
Berdasarkan bentuknya, ada puisi yang berbentuk bebas dan ada pula yang terikat. Puisi bebas adalah puisi yang tidak terikat pada rangkap, baris, jumlah perkataan, suku kata dan rima yang tetap. Sedangkan puisi terikat sebaliknya, terikat pada rangkap, baris, jumlah perkataan, suku kata dan rima yang tetap (Dirangkum Ferdinaen Saragih, Perkuliahan).

Artikel Sastra Lainnya

10 komentar

makasih infonya gan.. :)

oh, jadi pantun itu termasuk ke dalam jenis puisi melayu ya?
terus, saya juga baru mendengar jenis puisi seloka, kira-kira seloka itu seperti pa ya?
ini saya bener-bener ngga tau atau lupa lagi ya, hehehe....

Obat: Ditunggu aja gan, Sigodang Pos akan share.

ternyata banyak juga yah jenis-jenis puisi itu...
terimakasih info nya.

masih banyak juga nih yang belum saya ketahui tentang puisi...

jadi pengen belajar lebih dalam lagi nih tentang puisi..
suapay bisa bikin puisi yang bagus.

artikel yang bagus..
semoga bermanfaat untuk orang-orang yang ingin belajar tentang puisi.

Dulu kok saya nggak pernah belajar yang beginian.

IBX5829BEFF42CDB
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top