Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahuilah 11 Daftar Manfaat Bawang Putih Mentah Bagi Tubuh Anda

Ketahuilah 11 Daftar Manfaat Bawang Putih Mentah Bagi Tubuh Anda
sumber: pexels.com

Dikenal sebagai rempah di Indonesia, bawang putih sering ditambahkan ke dalam masakan agar mendapatkan cita rasa yang nikmat. Kebanyakan olahan makanan menggunakan bawang putih di dalamnya, sebab bawang putih memiliki rasa yang khas.

Namun, ternyata bawang putih memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita, loh. Lalu, apa saja manfaat bawang putih? Anda bisa simak ulasan ini lebih lanjut, ya!

1. Menurunkan Kolesterol
Menurunkan Kolesterol
sumber: pexels.com

Terdapat penelitian dalam Journal of Nutritional Biochemistry yang menyatakan bahwa terlihat perbaikan profil kolestrol bagi mereka yang rajin mengonsumsi bawang putih secara rutin. Diketahui bawang putih mentah memiliki kandungan senyawa yang bisa menurunkan kadar kolesterol.

Anda bisa konsumsi bawang putih secara mentah dengan dikunyah, dipotong, atau ditumbuk. Namun, manfaat bawang putih terhadap penurunan kolesterol ini masih membutuhkan banyak penelitian lebih lanjut.

2. Membantu Dalam Menjaga Kesehatan Jantung
Membantu Dalam Menjaga Kesehatan Jantung
sumber: pexels.com

Bawang putih bisa dikonsumsi dalam bentuk apa saja, salah satunya bawah putih yang dikeringkan. Jika Anda sering memakan bawang putih kering, maka Anda akan mendapatkan manfaat yang efektif dalam menjaga kesehatan jantung.

Sebab, ekstrak bawah putih bisa mengurangi plak lunak dan bisa membantu Anda dalam membentuk plak baru di arteri. Selain itu, kandungan sulfur yang terdapat dalam bawang putih dapat diubah dengan sel darah merah menjadi gas hidrogen sulfida yang fungsinya untuk melebarkan pembuluh darah.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang
Meningkatkan Kesehatan Tulang
sumber: pexels.com

Bawang putih memiliki kandungan flavonoid yang memiliki potensi untuk meningkatkan kesehatan tulang. Terdapat rujukan dari Journal of Nutrition in Gerontology and Geriatrics yang menyatakan bahwa flavonoid dapat meningkatkan pembentukan tulang Anda serta mencegah terjadi pengeropasan pada mineral tulang.

Terdapat penelitian lain yang menjelaskan tentang manfaat ekstrak bawang putih yang dikeringkan bagi perempuan yang masuk ke masa menopause. Manfaat tersebut berkaitan dengan adanya penurunan defisiensi estrogen, sehingga bisa mengurangi kemungkinan terkena osteoporosis.

4. Mengendalikan Tekanan Darah
Mengendalikan Tekanan Darah
sumber: pexels.com

Bagi Anda yang memiliki diagnosis hipertensi, maka Anda perlu menjaga pola makan agar tetap sehat. Salah satu makanan yang dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan yaitu bawang putih.

Ternyata bawang putih ini bisa membantu Anda dalam menurunkan tekanan darah sama seperti obat hipertensi generik. Sebab, bawang putih mentah yang dimakan dengan cara dikunyah atau dipotong memiliki manfaat yang berada dalam kandungan allicin yang baik dalam mengendalikan tekanan darah.

5. Mengatasi Radang, Pilek, dan Batuk
Mengatasi Radang, Pilek, dan Batuk
sumber: pexels.com

Salah satu obat alami yang bisa memperkuat daya tahan tubuh Anda yaitu bawang putih. Hal ini dikarenakan terdapat senyawa aktif allicin yang bisa membunuh kuman yang dapat menimbulkan penyakit umum, seperti beberapa diantaranya, pilek, flu, dan batuk.

Memakan bawang putih dapat mengurah tingkat keparahan gejala penyakit umum tersebut, sehingga Anda bisa lebih cepat sembuh dan sehat kembali. Banyak laporan yang menyatakan bahwa memakan bawang putih mentah dapat mengurangi risiko sakit yang diakibatkan oleh penyakit umum yang telah disebutkan di atas.

6. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan
Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan
sumber: pexels.com

Terdapat sebuah studi yang menyatakan bahwa bawang putih dapat mengurangi infeksi bakteri H.pylori yang berada dalam lambung Anda. Dengan begitu, kesehatan saluran pencernaan Anda dapat selalu terjaga.

7. Mencegah Terjadinya Alzeimer dan Demensia
Mencegah Terjadinya Alzeimer dan Demensia
sumber: pexels.com

Di dalam bawang putih, terdapat antioksidan yang dinilai ampuh dalam melawan radikal bebas yang bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit otak, seperti alzheimer dan demensia. Kedua penyakit tersebut dapat membuat penderitanya menjadi kehilangan memori.

Selain itu, penyakit tersebut bisa membuat Anda kesulitan dalam berpikir hingga menyelesaikan sebuah masalah, serta penderitanya juga akan kesulitan dalam hal bahasa.

8. Mencegah Kerusakan Hati
Mencegah Kerusakan Hati
sumber: pexels.com

Hati memiliki banyak fungsi bagi tubuh, sehingga Anda perlu mencegah terjadinya kerusakan hati agar tetap sehat, salah satuya dengan mengurangi minum alkohol secara berlebihan. Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa kandungan diallyl disulfide dapat melindungi hati dengan cara memerangi terjadinya stres oksidatif karena etanol.

9. Mencegah Kanker
Mencegah Kanker
sumber: pexels.com

Bagi Anda yang memakan bawang putih secara rutin, berdasarkan sebuah penelitian, Anda bisa terhindar dari berbagai jenis kanker, seperti kanker lambung, kanker paru, kanker payudara, dan kanker tertentu lainnya.

Bawang putih memiliki kandungan yang bernama sulfur aktif, sehingga dapat mencegah terjadinya pembentukan dan penyebaran sel kanker. Kandungan senyawa allicin dalam bawang putih juga kaya akan antioksidan dan memiliki sifat antikanker, sehingga bisa membantu Anda dalam mencegah kanker.

10. Mengatasi Rambut Rontok
Mengatasi Rambut Rontok
sumber: pexels.com

Selain memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata bawang putih mentah bisa mengatasi rambut rontok yang Anda alami. Terjadinya kebotakan atau alopecia dapat disebabkan oleh penyakit autoimun.

Bawang putih mentah dapat membuat rambut yang tumbuh menjadi lebih kuat di kulit kepala Anda. Terdapat banyak orang yang mengalami kondisi ini mengoleskan minyak bawang putih di kepala mereka, sehingga tidak terjadi kebotakan.

11. Kaya akan Nutrisi
Kaya akan Nutrisi
sumber: pexels.com

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bawang putih memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Beberapa nutrisi dalam bawang putih yaitu seperti magnesium, vitamin B6, vitamin C, dan beragam nutrisi lain yang dibutuhkan oleh kesehatan tubuh.

Itulah ulasan mengenai manfaat bawang putih yang dimakan secara mentah yang baik bagi tubuh Anda. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kesehatan, Anda bisa periksa lebih detail di Klik Dokter yang bisa diunduh melalui Play Store bagi pengguna smartphone Android. Konsultasi dengan dokter di sini.

Posting Komentar untuk "Ketahuilah 11 Daftar Manfaat Bawang Putih Mentah Bagi Tubuh Anda"