Pengertian Pola Hiasan dan Manfaatnya

Pola hiasan adalah rangkaian atau susunan motif, dengan jarak dan ukuran tertentu pada sebuah bidang, sehingga menghasilkan hiasan yang jelas arahnya. Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat pola hiasan adalah menentukan motif yang tepat sesuai dengan fungsi bidang yang akan dihias, sesuai dengan penempatan atau kegunaannya. Berikut contoh pola hias.

Contoh Pola Hiasan

Manfaat Pola Hiasan
Manfaat pola hiasan pada bidang atau pada sebuah media tertentu menjadi daya tarik yang dapat memikat konsumen, penikmat, pengguna yang melihatnya, sehingga sangat penting memperhatikan dan memikirkan sebuah pola yang tepat pada sebuah media yang dipilih.

Selain itu pola hiasan yang tepat dapat mengingatkan pengguna atau pemakainya akan kegunaan suatu bidang. Misalnya meja dengan pola hiasan yang memilih motif sendok sebagai pola pinggiran akan memberikan kesan, bahwa meja tersebut berfungsi sebagai meja makan.

Pola hiasan dapat berupa benda-benda, tumbuhan maupun hewan. Pemilihan pola ini disesuaikan dengan kebutuhan, contohnya pola hiasan untuk busana anak berbeda dengan pola hiasan busana dewasa, atau pola hiasan furnitur (meja, kursi, lemari) berbeda dalam segi penempatan, misalnya pola hiasan furnitur berbeda untuk ruang tamu, ruang makan, kamar tidur, dan lain sebagainya (D.Frida / Ferdinaen).

Baca juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel