Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan SEO Melalui Tata Bahasa yang Baik

Optimasi SEO menjadi sesuatu yang sangat urgen dalam membangun popularitas blog atau website di mesin pencari, hanya saja kita sering lupa tata bahasa yang baik merupakan hal penting. Hal ini tentunya tidak bisa disepelekan dalam meningkatkan Optimasi SEO. Tata bahasa yang baik akan mempermudah mesin pencari memahami apa yang ingin anda sampaikan kepada pembaca anda.
Cara Meningkatkan SEO Melalui Tata Bahasa yang Baik
Pernahkah dalam suatu percakapan, teman bicara anda tidak memahami maksud dari apa yang anda bicarakan? misalnya, saat anda mengatakan sesuatu, kemudian lawan bicara anda mengatakan “Saya tidak paham apa yang kamu bicarakan”. Lalu anda mengulang dengan struktur kalimat yang berbeda. Lawan bicara anda pun akhirnya mengerti. Ini menunjukkan kadang kita tidak menyadari jika tata bahasa yang kita gunakan, tidak sesuai dengan tata bahasa yang baik dan benar.

Meningkatkan SEO melalui tata bahasa yang saya maksud dimulai dari penggunaan kata, frasa, klausa, dan kalimat yang baik. Memang tidak menjamin semua perbendaharaan kata yang sudah terdaftar di KBBI, terdaftar di Google, namun saya pikir Google akan mengarah ke sana.

Misalnya pencarian “Kafeinna” maka akan keluar pemberitahuan seperti ini “Mungkin maksud Anda adalah: kafein”, atau kata lainnya seperti "pokus” maka akan keluar pemberitahuan seperti ini “Mungkin maksud Anda adalah "fokus”, dan lain-lain. Kejadian seperti ini tentunya sangat berakibat fatal dalam meningkatkan SEO pada konten anda.

Hal yang paling fatal adalah ketika anda menggunakan sebuah kosakata yang kurang lengkap, misalnya kurang satu vokal/konsonan dalam menulis sebuah judul, atau kata kunci tertentu dalam sebuah artikel. Tips yang paling ampuh adalah membaca terlebih dahulu konten yang ingin anda posting sebelum mempublikasikannya. Jika anda ragu dalam menulis sebuah kata, cari di kamus KBBI, atau minimal lakukan pencarian di Google mengenai kata tersebut.

Kesalahan fatal yang kedua adalah penggunaan kalimat yang berlebihan. Misalnya “Setiap Blogger diimbau, agar supaya tidak mengikuti kontes SEO”. Kata “Setiap, supaya” sebaiknya dihilangkan agar tidak terlalu mubazir. Sehingga kalimat tersebut menjadi “Blogger diimbau, agar tidak mengikuti kontes SEO.” Sebagaimana kita tau Google lebih menyukai artikel yang jelas, ringkas dan padat.

13 komentar untuk "Cara Meningkatkan SEO Melalui Tata Bahasa yang Baik"

  1. bahasa yang baik selain seo jg memikat pengunjung

    BalasHapus
  2. iya, tapi saya kurang bisa memakai bahasa indonesia yang baik dan benar tapi tak apa lah mudah-mudahan yang semua saya posting dapat di mengerti oleh pembacanya.

    BalasHapus
  3. Cahaya Blog: Kemungkinan besar memang bisa di pahami pembaca sob, tpi mesin pencari?

    BalasHapus
  4. Artikel yang nambah pengetahuan.. trims sudah sharing

    BalasHapus
  5. artikel bagus gan

    BalasHapus
  6. mantap artikelnya , pilihan optimasi tsb untuk mesin pencari atau pengunjung blog...?

    BalasHapus
  7. warungmotorinjeksi: dua-duanya sob.

    BalasHapus
  8. Ooo, begitu ya ternyata bukan hanya Backlink dan penempatan keyword saja perlu diperhatikan tetapi bahasa juga menunjang,
    Terima kasih infonya

    BalasHapus
  9. trims infonya sangat bermanfaat untuk menaikkan posisi web dengan bahasa SEO yang baik.

    BalasHapus
  10. trimakasih infonya.harus sering latian buat artikel yg mudah dipahami mesin pencari dan pengunjung blog.

    BalasHapus
  11. thanks sharing info nya..
    semoga bermanfaat
    sukses buat admin..

    BalasHapus
  12. dpt info baru.. harus banyak latihan menulis artikel dg bahasa yg baik..
    thanks admin sharing infonya

    BalasHapus