Tips Singkat Menjadi Penulis Pemula

Apa yang ingin anda tulis, tulislah! menulis bukanlah sesuatu pekerjaan yang sulit jika anda menganggapnya mudah. Tidak ada tulisan di dunia ini yang dalam sekejap menjadi tulisan luar biasa, semuanya berpacu dalam proses. Jangan terlalu bernafsu dalam sekejap menghasilkan sebuah tulisan yang hebat / best seller, itu akan merontokkan semangat menulis anda, apalagi untuk pemula.

Tips Singkat Menjadi Penulis Pemula

Banyak penulis pemula, seperti saya misalnya ingin membuat sebuah novel yang luar biasa. hal itu tidak akan memberi semangat bagi saya, karena hanya akan berujung ditengah jalan karena minder dengan hasil yang akan saya peroleh. Fokus saja pada tulisan anda. Jangan melampaui kemampuan anda, jika belum saaatnya. Mulailah terlebih dahulu menulis sesuatu yang mudah anda tulis. Maksudnya biarkan tulisan anda mengalir apa adanya.

Proses kreatif akan terus berpacu dalam waktu, yang penting jangan pernah berhenti. Keuletan akan menghantarkanmu pada sebuah nama "Penulis Kenamaan" pada waktunya. Yup! tidak ada yang tidak mungkin, tetapi tetap, yang mungkin itu tidak seketika.

Ingat pepatah yang mengatakan "Ala bisa karena biasa"? jadi kebiasaan menulis yang kita lakukan akan menjadikan kita penulis yang luar biasa. Tulislah apa yang anda ketahui! tulislah apa yang ingin anda tulis dan anda pikir itu baik menjadi sebuah tulisan. Jangan sepele dengan ide-ide murahan anda, karena ide-ide anda belum tentu pernah terpikirkan oleh manusia super, sekelas Bill Gates sekalipun.

Itulah sedikit tips menulis dari saya, walaupun sangat singkat semoga dapat membangkitkan semangat baru bagi sobat yang ingin memulai menulis. Salam penulis dari saya (IG); Ferdinan_DJ.

16 Responses to "Tips Singkat Menjadi Penulis Pemula"

  1. inspirasinya, bisa darimana saja kan?
    terimakasih untuk tips nya :)
    salam kenal :)

    ReplyDelete
  2. "menulislah dgn hati" apa yg ada di benakmu keluarkanlah, karena itu merupakan modal ampuh untuk menjadi penulis,, hehhe, met hari raya idul adha sob, maaf lahir bathin,,

    ReplyDelete
  3. petuah yang sangat bermanfaat sob ..lanjut..

    ReplyDelete
  4. singkat tapi mantabs tips-nya kawan :)
    Selamat Lebaran Idul Adha

    ReplyDelete
  5. wahhh kalo jd penulis ane gak sanggup kang,, mnding jd blogger aje hehehe..

    ReplyDelete
  6. bagus kawan sarannya
    semoga saya juga bisa jadi penulis yang bagus kaya anda:)

    ReplyDelete
  7. setuju,,,,menulis adalah bukan hal yang sulit karena semua orang bisa melakukannya,,kita jangan dulu berfikir menjadi seorang penulis besar tapi biasakn dulu diri kita menjadi penulis maka mimpi itu pasti akan tercapai...

    ReplyDelete
  8. tentu sebelum menulis harus membaca :-)

    ReplyDelete
  9. catatan pemacu semangaaat
    goooooo...........menulissssssss
    makasih sharenya

    ReplyDelete
  10. subhanallah... baik kalu begitu mari kita rubah dunia dengan pena.

    ReplyDelete
  11. Alon-alon asal kelakon... :D

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel