Ads Top

4 Kiat Jitu Memilih Gorden Minimalis yang Benar

Setiap furniture di dalam rumah memiliki tujuan dan fungsi masing-masing. Seperti jendela, yang memainkan peranan sangat penting di dalam sebuah rumah. Jendela memiliki fungsi untuk memberi sirkulasi udara pada sebuah ruangan di dalam rumah. Tak hanya itu, jendela juga memberi akses pada cahaya matahari untuk masuk agar ruangan lebih terang dan tidak lembab. Tentunya jendela juga tidak dapat dibiarkan begitu saja tanpa pelengkap. Gorden minimalis yang sesuai dapat melengkapi sebuah jendela agar terlihat lebih lengkap dan juga lebih indah.

4 Kiat Jitu Memilih Gorden Minimalis yang Benar


Gorden merupakan penutup jendela yang umumnya berbahan kain, dan memiliki motif-motif menarik untuk menambah aksen pada desain interior rumah. Penggunaan gorden yang benar akan membuat sebuah rumah menjadi lebih hidup, karena padu padan gorden yang sesuai dengan desain rumah. Gorden sendiri memiliki sejarah yang sangat panjang, membentang dari masa manusia mengenal tekstil. Dari awal gorden memang dikenal memiliki banyak fungsi, dari mulai sebagai pembatas antar ruangan hingga tirai penutup ranjang para bangsawan.

Memilih gorden tentu saja tidak bisa sembarangan, banyak pertimbangan yang harus ikut dipikirkan untuk akhirnya dapat memilih sebuah gorden. Berikut adalah 4 kiat dalam memilih gorden minimalis yang benar:

  • Ukuran jendela. Pastikan Anda telah mengukur dengan tepat jendela Anda, agar Anda dapat memilih ukuran gorden dan ukuran pemasangan yang tepat pada jendela Anda. Salah ukur akan membuat gorden terlihat tidak seimbang pada saat pemasangan dan keluar dari proporsi.
  • Motif dan warna. Memilih motif dan warna gorden tidaklah semudah yang dibayangkan. Terkadang kesalahan memilih dapat berakibat fatal pada interior rumah secara keseluruhan. Berkonsultasi lah pada ahli jika diperlukan, agar tidak terjadi kesan bertabrakan warna pada rumah Anda yang dapat mengakibatkan rumah terkesan sesak.
  • Ukuran gorden. Seorang desainer interior mengatakan bahwa jika sebuah gorden sudah akan dipasang, pastikan gorden tersebut menyentuh lantai dan saling menyentuh dari antar sisinya. Hal ini dimaksudkan agar memastikan gorden menutupi seluruh bagian jendela dan mengurangi resiko keamanan serta sesuai dengan estetika ruangan.
  • Jauhi panel besi. Cuaca Asia yang cenderung lembab membuat panel besi mudah berkarat. Tentunya Anda menginginkan gorden yang mampu bertahan lama di rumah Anda. Maka itu sebaiknya pilihlah panel berbahan alumunium atau kuningan untuk menggantung gorden Anda.

Perawatan gorden sendiri merupakan pekerjaan yang tidak dapat dikatakan sepele. Karena membersihkan gorden memiliki teknik tersendiri yang tidak bisa sembarangan. Hal tersebut tentu kaitannya dengan keawetan bahan serta warna dari gorden tersebut. Membersihkan debu dengan vakum cleaner dapat menjadi prioritas ketika gorden masih terpasang. Untuk pencucian, disarankan mencuci gorden dengan tangan agar tekstur bahan gorden tidak mudah rusak.

Tak ada salahnya mempercayakan urusan gorden ini pada ahlinya. Terkesan berlebihan menurut beberapa orang memang. Namun, memilih gorden sesuai dengan desain dan estetika rumah memang bukanlah pekerjaan mudah. Maka tak ada salahnya jika mengeluarkan sedikit biaya lagi untuk hal tersebut. Para desainer interior tersebut tentulah sudah terdidik dan terlatih untuk memilah dan memilih mana gorden yang baik sesuai dengan desain rumah yang telah dibangun.

Rumah yang indah tentu saja terdiri dari banyak elemen, tidak hanya desain dan perabotannya, namun juga estetika dan kesesuaian atribut yang mengisi rumah tersebut. Memilih gorden minimalis sebagai pelengkap jendela tentu bukan menjadi hal yang mudah, namun dengan teknik yang benar maka rumah dengan gorden yang indah pun dapat dicapai.

6 komentar:

  1. Wah bagus artikelnya :D Jangan lupa visit balik yaa :D

    BalasHapus
  2. Iyah, kadang juga warna yang terlalu mencolok jadi jelek . Apalagi kalau pas tiap tahun ganti warna tembok, jadinya kalau g pas ya nyesuaikn lagi.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.