Jumat, Februari 12

Ini Dia Biaya Hidup yang Harus Anda Siapkan Saat Kuliah di IPB

IPB ialah salah satu kampus yang terbaik. Ia terletak di wilayah barat dengan perbatasan kota Bogor serta kabupaten Bogor. Kampus ini terkenal dengan konsentrasi jurusannya yakni pertanian dengan di kelilingi oleh 14 desa yang melingkari kampus. Kampus ini juga mempunyai 1300 rumah kontrakan yang bisa menampung hampir puluhan ribu mahasiswa yang menuntut ilmu di IPB (Institut Pertanian Bogor).

Menuntut ilmu di IPB

Untuk mahasiswa baru, Institut Pertanian Bogor memberikan fasilitas seperti asrama untuk tahun yang pertama dengan kapasitas hingga 3000 putra dan putri. Asrama IPB ini terletak begitu strategis dan lengkap. Di sana, Anda dapat menemukan cafeteria, kantin, wartel, rumah makan, apotik, rental komputer hingga toko yang berguna untuk memenuhi kebutuhan Anda. Bila Anda berada di asrama ini, Anda akan memperoleh berbagai manfaat karena banyaknya program pengakraban yang sengaja diselenggarakan. Untuk biaya hidup jika Anda berkuliah di sini dapat mencapai 2 juta per bulannya, rincian ini meliputi uang makan sebanyak 500 ribu per bulan dan 500 ribu untuk rumah tinggal, sisanya untuk biaya yang lainnya seperti komunikasi, hiburan, hingga transportasi.

Bila Anda sudah setahun, Anda pun akan meninggalkan asrama serta mencari tempat tinggal. Lantas, berapa harga sewa kost yang berada di sekitar IPB. Untuk kost sendiri bergantung dari fasilitas yang Anda inginkan. Jika Anda menginginkan kost dengan fasilitas yang high, tentu dapat mencapai 6 juta per tahunnya. Untuk tempat makan, harga makanan yang sederhana sekitar 10 ribu per porsinya.

Jika Anda ingin berkuliah di IPB (Institut Pertanian Bogor), namun dapat menghemat, berikut tips yang dapat Anda lakukan:
  • Membuat sebuah skala prioritas. Skala prioritas ini untuk membedakan mana peralatan yang harus Anda beli sekarang dengan mana peralatan atau kebutuhan yang dapat Anda tunda,
  • Memasak sendiri. Bila kondisi kost Anda memungkinkan, tentu memasak sendiri merupakan pilihan yang terbaik,
  • Mencuci pakaian. Hindari menggunakan laundry. Jika Anda mencuci pakaian sendiri, Anda dapat menghemat uang 5 ribu per kilogramnya. Bayangkan jika Anda menggunakan celana jeans dan jaket setiap hari.

IBX5829BEFF42CDB
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top