Rabu, Februari 18

7 Destinasi Wisata Populer di Jogja

Yogyakarta adalah ibukota Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang dikenal sebagai Kota Pelajar dan tujuan wisata. Yogya atau Jogja adalah istilah yang juga sering digunakan ketika menyebut Yogyakarta. Kota ini cukup strategis dan memiliki banyak pusat perbelanjaan dan terdapat banyak universitas.

Beberapa objek wisata terkenal seperti Candi Prambanan, Candi Borobudur, Gunung Merapi, Pantai Parangtritis dapat Anda akses dari Yogyakarta dengan sangat mudah. Selain itu, gang-gang di Yogyakarta juga bisa ditemukan berbagai hal menarik yang tidak pernah Anda bayangkan, mulai dari kerajinan, masakan khas , sejarah dan juga budaya yang unik.

Destinasi Wisata Populer di Jogja

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Yogyakarta, tujuh destinasi wisata ini tidak boleh dilewatkan. Simak ulasan dari GoIndonesia.com berikut ini:

1. Candi Prambanan
Candi Prambanan dikenal juga dengan nama Candi Roro Jonggrang merupakan kuil Hindu kuno yang sangat terkenal, baik di Jawa maupun di Indonesia. Candi ini dibangun pada abad ke-9 sebagai persembahan kepada Sang Pencipta Brahma, Sang Pemelihara Wisnu dan Sang Penghancur Siwa. Candi ini berjarak 18 kilometer ke arah timur Yogyakarta dan bisa dijangkau dengan cukup mudah menggunakan transportasi Transjogja.

Candi Prambanan juga termasuk salah satu warisan dunia yang masuk ke dalam daftar di UNESCO dan merupakan salah satu candi terbesar di Asia Tenggara. Jika Anda berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk membawa payung terutama jika berkunjung pada waktu siang karena cuaca sangat panas dan tidak banyak tempat berteduh di sini. Namun, jika Anda berkunjung pada pagi atau sore, tempat ini sangat menyenangkan dan berkesan.

2. Jalan Malioboro
Setiap menyebut Yogyakarta, hampir dipastikan yang diingat adalah Jalan Malioboro. Inilah surga belanja setelah Bandung, di mana sepanjang jalan ini akan ditemukan berbagai hal, mulai dari pusat perbelanjaan seperti mal, minimarket, supermarket, pedagang kaki lima, dan pasar rakyat. Anda bisa menemukan berbagai buah tangan, hasil kerajinan, oleh-oleh, karya seni, batik dan juga berbagai jenis makanan dan masakan khas Yogyakarta di sini.

3. Kraton Yogyakarta
Kraton Yogyakarta merupakan salah satu tempat yang harus Anda kunjungi untuk melihat bagaimana suasana kesultanan yang masih eksis hingga hari ini. Anda bisa menyaksikan arsitektur unik sebagai pusaka peninggalan sejarah yang masih terjaga dengan baik hingga hari ini. Jika Anda berkunjung ke kraton, Anda akan ditemani oleh pemandu yang akan memberikan arahan, informasi seputar mitos, legenda, sejarah, cerita dan berbagai hal mengenai kesultanan Yogyakarta. Pada saat-saat tertentu, Anda juga bisa menyaksikan berbagai keunikan budaya yang masih berlangsung hingga saat ini. Salah satunya adalah Grebeg Syawal yang selalu dinanti oleh masyarakat Jogja dan juga wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

4. Candi Borobudur
Candi Borobudur berada sekitar satu jam perjalanan dari Yogyakarta. Jika Anda berkunjung dengan melakukan perjalanan dari Yogyakarta, rasanya sangat sulit untuk mendapatkan salah satu keunikan yang jarang ditemukan di tempat lain, yaitu keindahan matahari terbit yang disaksikan dari Candi Borobudur. Untuk bisa menyaksikan keindahan cahaya tersebut, sebaiknya Anda menginap di hotel Jogja (Yogyakarta) yang berlokasi dekat dengan komplek candi.

Candi yang dibangun pada abad ke-9 ini juga termasuk dalam salah satu warisan yang harus dijaga dan dilestarikan. UNESCO telah mencatat Candi Borobudur sebagai salah satu warisan dunia. Borobudur tentu saja sangat unik dan indah, terutama arsitektur dan relief yang ada di setiap tembok dan juga makna yang terkandung dari bentuk arsitekturnya.

5. Pantai Parangtritis
Paris yang dikenal dengan Pantai Parangtritis adalah salah satu tujuan wisata yang sangat terkenal di Jogja. Tidak hanya warga Jogja, wisatawan yang datang dari luar daerah juga sering berkunjung ke Parangtritis untuk menikmati keindahan pantai dan alamnya. Selain indah, pantai ini juga merupakan pantai yang terkenal dengan mitos Nyai Roro Kidul.

Terlepas dari mitos-mitos yang beredar di masyarakat, pantai ini memang sangat indah dan patut untuk dikunjungi. Tidak banyak hotel yang dibangun di dekat Pantai Parangtritis, sehingga Anda disarankan untuk mencari penginapan di Jogja yang lokasinya dekat ke arah pantai.

6. Taman Wisata Kaliurang
Berkunjung ke Yogyakarta dan menikmati pemandangan alam merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh wisatawan. Taman Wisata Kaliurang adalah salah satu tempat yang tepat untuk menyaksikan pemandangan alam yang indah dengan udara yang sejuk dan tempat beristirahat yang cukup tenang. Kaliurang adalah daerah pegunungan yang berada di kaki Gunung Merapi. Anda tidak hanya akan menyaksikan pemandangan alam dengan udaranya yang sejuk, melainkan juga menyaksikan berbagai peninggalan yang bersejarah.

7. Pasar Beringharjo
Inilah pasar rakyat di Yogyakarta yang dapat Anda akses dengan mudah karena berada di lokasi Jalan Malioboro. Pasar ini menyediakan berbagai perlengkapan, mulai dari pakaian, perlengkapan rumah tangga, jajanan, dan makanan. Namun, hal yang paling utama merupakan pusat perbelanjaan yang menjajakan berbagai jenis batik. Jika Anda ingin mencari batik dengan harga yang sangat miring, cobalah untuk datang ke Pasar Beringharjo. Anda boleh melakukan tawar-menawar untuk mendapatkan harga yang lebih murah lagi. Tidak hanya batik dan kuliner, Anda juga bisa menemukan tas, sepatu, sandal dan berbagai aksesoris yang berbau batik.

Transportasi di Yogyakarta
Transportasi di Jogja sudah cukup memadai dengan taksi, bus Transjogja dan bus kota yang akan mengantarkan Anda menuju berbagai tempat. Selain itu, Anda juga bisa menyewa kendaraan roda dua maupun roda empat dengan tarif yang relatif murah di berbagai tempat, mulai dari hotel tempat Anda menginap maupun tempat-tempat penyewaan lainnya. Untuk jarak dekat, sebaiknya Anda memanfaatkan becak untuk berpergian karena selain memiliki tarif yang murah, naik becak juga memiliki sensasi tersendiri yang sulit dilupakan.

Akomodasi di Yogyakarta
Daftar hotel di Yogyakarta yang menawarkan fasilitas lengkap dengan harga murah bisa kita temukan di berbagai tempat, terutama di daerah Malioboro. Hotel Jogja juga tersebar di pusat kota dan beberapa tempat strategis. Siapapun bisa datang dan menginap di Jogja sebab penginapan di Jogja memiliki tarif yang sangat bersahabat, mulai dari Rp100.000 per malam. Bahkan, di penginapan yang berlokasi sekitar Malioboro sekalipun, tarifnya tetap ramah kantong.

2 komentar

memang liburan ke jogja gak akan ada habisnya gak cukup untuk liburan 1 hari karena jogya banyak destinasi wisata yang indah dan sayang untuk di lewatkan begitu saja

Wisata di jogya emang top markotop dah..

IBX5829BEFF42CDB
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top