Jumat, Desember 12

Kenali Penyebab Koneksi Internet Lambat

Dibandingkan dengan Korea Selatan, Jepang, Hongkong, Swiss dan negara lainnya yang termasuk 10 negara dengan internet tercepat di dunia, kecepatan internet di Indonesia masih tergolong sangat lambat. Sehingga untuk saat ini bukan waktu yang tepat, untuk membandingkan kecepatan internet kita dengan negara-negara maju di atas, karena menurut penelitian lembaga riset telekomunikasi, Akamai posisi Indonesia menempati posisi 118 dunia, bisa dikatakan Indonesia masuk dalam 10 negara dengan kecepatan internet lambat.

Internet Lelet Alias Lambat

Faktor utama koneksi lambat adalah pembangunan infrastruktur di Indonesia yang tergolong lambat. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan pengguna internet yang terus meningkat secara drastis setiap tahunnya, seperti yang diungkap Kemkominfo, Pengguna internet di Indonesia saat ini telah mencapai 82 juta.

Selain pembangunan lambat, infrastruktur di indonesia tidak terpusat, bahkan banyak jaringan ke jaringan internasional, sehingga Renesys dari penyedia informasi intelijen, menyimpulkan bahwa di Indonesia "kemungkinan sangat resisten terhadap putusnya sambungan Internet".

Penyebab koneksi lambat juga dapat dipengaruhi oleh pengguna internet itu sendiri. Di Zaman yang serba online seperti sekarang ini, banyak hal yang bisa dilakukan lewat internet, mulai dari browsing, buka email, bersosial media. Kegiatan semacam ini tentunya tidak membutuhkan kuota yang terlalu besar, tapi bayangkan jika pengguna mengunduh file dengan ukuran yang besar seperti gambar, audio atau video, ini tentunya akan menyedot koneksi sangat besar, jika hal seperti ini dilakukan banyak pengguna, akan berujung saling rebut di jalur yang sama, yang mengakibatkan koneksi lambat.

Selain faktor di atas, koneksi lambat juga dapat dipengaruhi oleh penyedia layanan internet, paket kuota, support atau tidaknya browser yang digunakan untuk membuka laman tertentu, membuka laman yang terlalu banyak dalam sekali waktu, kemampuan dan kecepatan modem, pengaruh virus dan yang terpenting adalah kekuatan sinyal di lokasi pengguna (faktor geografis). Demikian mengenai penyebab internet lelet alias lambat, semoga bermanfaat.

3 komentar

informasi yang sangat menarik dan bermanfaat terima kasih admin

bener sekali internet di indonesia kalah cepat dengan negara lain sangat lelet sekali

mungkin bandwidth ISP nya aja pada pelit gan, udah tau banyak penggunanya, jadinya lambat deh

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top