Senin, November 17

6 Penyebab Pengunjung Blog Menurun Drastis

Apakah statistik pengunjung di blog Anda anjlok? misalnya: biasanya setiapa hari Anda mendapatkan 10K pageview, tiba-tiba anjlok menjadi 5K atau lebih rendah lagi. Banyak penyebab yang menjadikan pengunjung blog kita tiba-tiba menurun drastis. Dari pengalaman SP selama nge-blog, ada 8 faktor yang mendasar yang menjadikan pengunjung blog menurun secara drastis, Berikut faktor tersebut.

6 Penyebab Pengunjung Blog Menurun Drastis

1. Ganti Ganti Template
Terlalu sering mengganti template akan berpengaruh terhadap SEO. Sebagai blogger hal ini tentunya kadang tidak bisa dielakkan. Kadang kita bosan dengan desain sebuah template, kemudian kita mengganti template tersebut dengan template baru, melihat template tersebut belum sesuai dengan keinginan kita, kemudian kita ganti lagi dengan template yang lain, begitu seterusnya. Perlu kita ketahui struktur blog yang berganti-ganti akan berpengaruh pada posisi blog/konten di mesin pencari (SE).

Tips
  • Sebelum mengganti template, usahakan menge-tes template tersebut di blog lain/blog dummy, jangan langsung menggantinya di blog utama anda. Jadi sebelum Anda memasang di blog utama, Anda sudah tau, apakah template tersebut sesuai dengan selera Anda atau tidak.
  • Jika popularitas blog Anda sudah bagus di mesin pencari dengan template yang sekarang, tidak perlu mengganti dengan template lain. Jika Anda bosan, coba Anda ganti warna dengan warna baru atau mengubah posisi tataletak.

2. Ganti Topik
Mengganti topik blog bisa mengurangi kualitas blog Anda di mesin pencari. Misalnya blog Anda awalnya bertema “Bisnis online” tiba-tiba Anda mengganti dengan “lirik lagu”, hal ini tentunya butuh waktu, sama halnya Anda membangun lagi dari awal.

Tips
  • Jika blog Anda blog gado-gado seperti Sigodang Pos, hal ini tentunya tidak menjadi masalah, karena sejak awal sudah gado-gado. Namun jika blog Anda blog niche, hal ini tentunya jadi masalah.
  • Ketika Anda ganti topik, lakukan secara perlahan, jangan meninggalkan topik awal Anda secara mendadak, atau lebih baik Anda membuat blog baru untuk topik baru tersebut.

3. Lama Tidak posting
Lama tidak update blog tentunya akan berpengaruh terhadap pengunjung. Jangan berpikir postingan Anda untuk selamanya, karena yang punya blog tidak hanya Anda. Namun banyak blog dan kemungkinan besar membahas topik yang sama seperti Anda. Jika Anda meninggalkan blog Anda, maka secara perlahan posisi Anda di mesin pencari akan merosot secara perlahan.

Tips
Lakukan update minimal dua kali seminggu dengan postingan yang unik dan original. Jangan biarkan blog Anda “jamuran” karena terlalu lama tidak posting. Bisa jadi konten yang Anda posting sudah tidak up to date.

4. Banyak Saingan
Semakin banyaknya saingan di mesin pencari, akan berpengaruh terhadap jumlah pengunjung. Semakin unik saingan membahas topik yang sama dengan Anda, maka semakin kecil pula kemungkinan Anda berada di halaman pertama mesin pencari.

Tips
  • Selalu update konten Anda dengan sesuatu yang lebih fresh untuk mendukung konten-konten Anda sebelumnya. Sehingga Mesin pencari selalu menemukan Anda dengan sesuatu yang baru dengan topik yang Anda bahas.
  • Pelajari apa yang dilakukan saingan Anda.

5. Spam
Salah satu cara yang paling di benci mesin pencari adalah tindakan spam. Mengingat dewasa ini, banyak blogger yang menghabiskan waktunya untuk melakukan spam diberbagai kesempatan, padahal tanpa sepengetahuan, hal tersebut adalah kesempitan yang sangat merugikan.

Tips
Jangan pernah melakukan spam, baik dalam komentar, atau menyebar link Anda. Lakukan komentar secara alami. Biarkan orang memberikan backlink secara sukarela, karena blog Anda memiliki nilai. Jangan terlalu terburu-buru untuk menjadi nomor satu, lakukan dengan proses dan waktu yang tepat.

6. Copas
Copas adalah tindakan yang merugikan orang lain dan Anda sendiri. Biasanya orang yang copas adalah orang yang “Tidak kreatif”. Dengan diupdatenya Google Pinguin, akan memberikan dampak negatif yang sangat besar terhadap blogger-blogger yang sering malakukan copas.

Tips
Ingat bahwa tidak ada yang original 100 persen. Jika Anda mengetahui tentang sesuatu hal, Anda bisa menulisnya dengan gaya Anda sendiri, tanpa harus mengkopi mentah-mentah.

Demikian 6 faktor penyebab pengunjung blog yang menurun secara drastis yang bisa Anda hindari untuk membangun pengunjung di blog Anda. Mari kita kembangkan blogger-blogger yang kreatif dan imajinatif untuk memberikan pendidikan melalui dunia online.

5 komentar

Postingannya menarik gan dan sangat memberikan masukan yang luarbiasa yang saya dapatkan. Semoga kesuksesan & keberkahan bisa kita dapatkan. Aminn

Banyak juga yah penyebab nya...
terimakasih informasi nya.

Terima kasih banyak atas informasinya yang sangat bagus sekali. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat semuanya. Amin...

good infomasi nah arusnya begitu dalam berkarya jangan hanya karena tidak kena denda main kopas aja

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top