Jumat, Februari 15

Lomba Menulis Esai Nasional 2013

Lomba menulis Esai. Apakah Seorang remaja boleh membicarakan politik? Mengingat selama ini banyak anggapan bahwa politik adalah urusan orang dewasa, dan cukup sedikit bahkan jarang sekali kita lihat generasi muda terlibat dalam politik. Bagi kamu yang punya ide-ide kreatif, opini objektif tentang “Politik dan Remaja”, kamu boleh mengikuti lomba ini.

Lomba Menulis Esai

Lomba ini mengusung tema “Ketika Generasi Muda Berbicara Politik”. Lomba berlangsung mulai 1 Februari - 31 Maret 2013, jadi kamu masih punya waktu kurang lebih satu setengah bulan untuk menuliskan ide-ide kreatif kamu kedalam bentuk tulisan. Lebih jelasnya, berikut syarat-syaratnya.

Ketentuan Esai
Menulis sebuah esai mengenai pendapat kamu, apakah boleh seorang remaja membicarakan politik di masa kini mengingat banyaknya anggapan politik adalah untuk orang dewasa dan cukup terlihat generasi muda yang terlibat dalam dunia perpolitikan di masa kini. Esai disesuaikan dengan keadaan masa kini, memiliki argumentasi yang logis, dan kreatif.

Aturan Penulisan
  1. Esai diketik sepanjang 1.000-1.500 kata. Tidak boleh melebihi 1.500 kata.
  2. Esai diketik di atas kertas A4 dengan huruf Times New Roman 12 pts, justified, margin normal.
  3. Esai diketik dalam Bahasa Indonesia, berdasarkan kaidah tata bahasa dan tidak mengandung unsur SARA, menjual produk, atau bersifat provokatif negatif.
  4. Naskah harus asli buatan sendiri, bukan saduran atau jiplakan dan belum pernah dipublikasikan di media massa atau blog. Konsekuensi atas terjadinya hal ini adalah tanggung jawab penulis dan akan didiskualifikasi.
  5. Satu peserta diperkenankan untuk mengirimkan maksimal dua naskah.
  6. Esai yang masuk menjadi hak terbit Panitia Lomba Tulis Nasional dan berhak untuk mempublikasikannya. Hak cipta tetap pada penulis.
  7. Dengan mengirimkan esai kepada panitia berarti peserta sudah menyetujui aturan yang ditentukan oleh panitia.
  8. Peserta diwajibkan mencantumkan nama lengkap, alamat surat-menyurat, tempat tanggal lahir, profesi, alamat sekolah atau universitas, dan nomor telepon/HP yang dapat dihubungi. Bila ada, info tulisan yang pernah dipublikasikan di media massa.
Cara Pengiriman Naskah
Kirimkan esaimu dalam format attachment.
Ke: ltn_2013@yahoo.com
dengan subjek: LTN 2013 [judul naskah] - [nama penulis].

Hadiah
Kategori A (15-18 tahun):
  • Juara Umum: Rp 2.000.000,00
  • Juara Favorit: Rp 1.500.000,00
Kategori B (19-25 tahun):
  • Juara Umum: Rp 1.500.000,00
  • Juara Favorit: Rp 1.000.000,00
Sasaran Lomba
Seluruh masyarakat Indonesia yang berusia 15 - 25 tahun, tidak berprofesi sebagai wartawan atau jurnalis dan bukan anggota dari Warta HIMAHI ataupun Panitia Lomba Tulis Nasional 2013.

Info lengkap: Lomba Esai Nasional

Lomba lainnya

7 komentar

wah ane mau ikut gak ada waktu nih :/

masih ada waktu nih gan ...

kayaknya nda bisa ikutan deh ...

sangat menarik nih lombanya ,,,

tks gan .. update terus yah buat info lomba kayak gini :D

wah, hadiahnya lumayan tuh. tapi, ngga yakin menang kalo ikutan. hehe..

IBX5829BEFF42CDB
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top