Rabu, September 5

Lomba Menulis Puisi Esai

Puisi Esai Atas Nama Cinta
Deadline 28 oktober 2012. Lomba menulis Puisi Esai kali ini datangnya dari Denny JA. Pada tau Denny JA dong? Denny JA dengan nama lengkap Denny Januar Ali adalah ketua umum AROPI (Asosiasi Riset Opini Publik Indonesia) periode 2007 – 2010, dan 2010- 2013. Atas kecintaanya kepada dunia Sastra, Denny JA sudah menerbitkan sebuah buku Puisi Esai “Atas Nama Cinta”. Lomba Puisi Esai ini terbuka untuk umum dengan total hadih Total Rp 50.000.000,-.

Ketentuan Umum
  • Tema. Tema puisi esai adalah masalah sosial, khususnya masalah sosial yang problematis. Aspek sosial yang dipilih bebas, boleh berupa kisah cinta tak sampai karena perbedaan status sosial ekonomi, agama, ideologi, pandangan politik, dan sebagainya. Puisi esai dianggap berhasil jika temanya menyentuh persoalan masyarakat luas.
  • Penokohan. Tokoh puisi esai adalah sosok di tengah pergulatan sosial maupun sosok yang melibatkan diri dalam situasi sosial yang problematis. Tokoh harus dieksplorasi dan dihadirkan pergulatan psikologis dan gambaran batinnya dan harus menggam-barkan perkembangan psikologis tokohnya. Puisi esai dianggap berhasil jika tokohnya menyentuh pembaca.
  • Alur. Karena puisi esai cenderung panjang, maka pengolahan alur menjadi penting agar unsur dramatik puisi esai dapat dikem-bangkan sebaik-baiknya hingga tidak membosankan.
  • Latar. Latar puisi esai bebas, baik masa kini maupun masa silam, namun harus memiliki dan menghadirkan dimensi sosial yang kritis. Latar puisi esai hendaknya mengacu pada latar sosial yang benar-benar pernah terjadi, baik di masa kini maupun di masa lalu. Acuan pada kenyataan ditunjukkan oleh adanya Catatan Kaki.
  • Catatan Kaki. Catatan Kaki dapat berupa hasil riset/penelitian sosial, makalah, buku ilmiah, maupun pemberitaan di media massa.
  • Bahasa. Puisi esai ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, komunikatif, serta mudah dimengerti. Penggunaan metafora, simbol, rima, metrum, dan berbagai gaya bahasa lainnya, dibolehkan, bahkan dianjurkan, namun harus tetap komunikatif dan mudah dipahami. Puisi esai dianggap berhasil jika dapat dipahami publik seluas-luasnya.
Ketentuan Khusus
  • Puisi esai ditulis dengan Ms. Word. Panjang puisi esai minimal 10.000 karakter.
  • Puisi esai di kirim ke alamat Jurnal Sajak:
    1. jurnal.sajak@gmail.com 
    2. dengan cc ke lombapuisi@yahoo.com 
    3. puisiesai2012@yahoo.com, 
    4. dan @lombalagupuisi@yahoo.com, dalam bentuk attachment selambat-lambatnya 28 oktober 2012. dengan nama file menggunakan nama asli Anda (nama lengkap).
  • Tulis identitas di halaman akhir puisi esai yang Anda kirimkan: nama, alamat KTP, alamat email, akun facebook atau twitter (jika ada), dan biodata ringkas.
  • Pemenang lomba menulis puisi esai akan diumumkan di Jurnal Sajak Edisi 5, Januari 2013, serta di akun twitter @DennyJA_World.
  • Keputusan Dewan Juri tidak dapat digugat. Baik Juri maupun panitia tidak melayani aneka pertanyaan soal mengapa sebuah karya menang atau tidak.
  • Penyelenggara berhak memuat puisi esai yang menang di Jurnal Sajak tanpa memberi honor lagi.
  • Penyelenggara berhak memuat puisi esai yang tidak menang lomba di Jurnal Sajak, dengan honor yang lazim berlaku di Jurnal Sajak.
Info lengkap kunjungi: Lomba Menulis Puisi Esai

Lomba Lainnya

4 komentar

hmmm puisi esai??? ane kok baru tahu ya

puisi itu maksudnya, gabungan beberapa puisi ya?
Semangka .. Semangat Kawan ...

semoga puisinya menjadi yang nomor satu

IBX5829BEFF42CDB
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top