Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Sumber Ide Menulis di Blog agar Banyak Dikunjungi

Sebagai Blogger, tentunya anda akan berusaha semaksimal mungkin, agar blog anda selalu up-date setiap harinya, dengan membuat konten-kenten baru sesuai dengan tema blog anda. Dalam hal ini, Sigodang Pos akan membagi konten-konten tersebut dengan tiga istilah, yaitu on fresh, semi fresh dan off fresh. Tiga istilah tersebut akan dijelaskan apa dan darimana sumber ide Menulis Artikel di blog agar menarik pengunjung.
3 Sumber Ide Menulis di Blog agar Banyak Dikunjungi
1. Konten On Fresh
Konten on fresh adalah konten yang setiap hari, dan bahkan setiap saat dicari di internet. Misalnya “Lirik Lagu”, “Video”, “Foto”, “Mp3”, “YouTobe”, “Facebook”, “gmail” “cerita”, “lowongan kerja”, dan lain sebagainya. Sebagai konten yang on fresh, tentunya persaingan pada kata kunci - kata kunci tersebut sangat tinggi. Disini dibutuhkan kelihaian anda membidik sebuah kata kunci yang unik.

Sumber ide postingan untuk konten on fresh, anda bisa langsung ke sumbernya, misalnya di YouTobe, mencari video terbaru dan membuat konten tentang video tersebut. Contoh lainnya adalah MP3 dan lirik lagu. Dalam hal ini ada dapat men-share lirik lagu dan mp3 terbaru, sebelum lirik tersebut booming. Misalnya “Maddi Jane Hentak Dunia di You Tobe”, “Lirik Lagu Armada - Hargai Aku”, “Lirik Lagu Avril Lavigne – I Love You Lyrics” dan lain sebagainya.

2. Konten Semi Fresh
Konten semi fresh adalah konten yang memiliki tingkat pencarian yang tinggi dalam beberapa waktu, misalnya 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan dan seterusnya. Sumber artikel ide postingan dalam konten semi fresh dapat anda temukan di media elektronik, media online, media cetak dan lain sebagainya.

Contohnya beberapa waktu yang lalu, RCTI kembali pengadakan acara spektakuler, yaitu Indonesian Idol untuk mencari the next Indonesian Idol. Tentunya sepanjang audisi hingga final, akan banyak pengguna internet melakukan pencarian kata kunci - kata kunci tertentu yang berhubungan dengan penampilan peserta, profil peserta, dan lain sebagainya. Misalnya kata kunci “12 Finalis Indonesian Idol Masuk Spektakuler”, “Alamat Twitter 12 Finalis Indonesian Idol”, dll.

Contoh lain seperti Piala Dunia, Asian Games dan masih banyak lagi yang sedang berlangsung dan dapat dipastikan topik-topik tersebut akan menjadi Top Trending Searches on Google selama beberapa waktu tertentu. Dalam hal ini dibutuhkan kepekaan anda dalam menentukan judul, untuk membidik kata kunci tertentu, mengingat persaingannya sangat ketat.

3. Konten Off Fresh
Konten off fresh adalah konten yang memiliki tingkat pencarian yang rendah, namun tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan visitor yang membludak setiap harinya, karena anda bisa mengakumulasi visitor, dengan konten-konten yang beragam. Sumber ide postingan dapat anda dapatkan dari kehidupan sehari-hari, perkuliahan, sekolah, pengalaman, ide yang muncul, dan lain sebagainya.

Dari pengalaman Sigodang Pos, konten off page menjadi sesuatu yang menjanjikan untuk mengakumulasi (sedikit demi sedikit) pengunjung dari beberapa kata kunci. misalnya “Cara Memahami dan Menikmati Puisi”, “Contoh Kritik Sastra”, “Cara Baru Mencari Uang dengan Blog Gratisan”, "Membangun Penghasilan di Internet, dll.

Tips lain yang bisa anda lakukan adalah mempermainkan sebuah kata kunci tertentu, misalnya kata kunci “Puisi Galau”. Saat Sigodang Pos gagal di halaman pertama Google, kembali Sigodang Pos membuat artikel dengan kata kunci yang masih berhubungan, yaitu “Puisi Sakit Hati yang Galau” yang sukses berada di peringkat pertama. Selain itu, gunakan Template Premium Responsive agar blog ringan dan tampilan elegan.

21 komentar untuk "3 Sumber Ide Menulis di Blog agar Banyak Dikunjungi"

  1. Info yang sangat bermanfaat, saya baru tau ada klasifikasi On Fresh, Semi Fresh, dan Off Fresh :D

    BalasHapus
  2. Wajar gan baru tau, karena istilah itu muncul saat saya menulis artikel ini.

    BalasHapus
  3. wah ...keren banget mas
    pengen deh bisa menganalisa lebih jauh tentang seo ..

    BalasHapus
  4. jadi itu rahasia nya,,,pantesan setiap saya berkunjung ke sini pasti selalu ada lirik lagu atau berita terkini...

    BalasHapus
  5. wah, saya baru tahu kalau ada pembagian 3 konten itu. saya akan mencobanya,semoga iniakan membantu website saya. tengkyu.

    BalasHapus
  6. informasi yang sangat menarik dan memberi wawasan pengetahuan. trimaksaih

    BalasHapus
  7. ilmu baru di dapat di web ini thanks infonya :D

    BalasHapus
  8. Dapet ilmu lagi thanks gan ^^
    comment back :)

    BalasHapus
  9. Jadi intinya kita memosting suatu artikel itu sesui jaman.. mungkin kalo tentang penyakit yang aku posting termasuk jenis off pres.. tapi mudah mudahan pengunjung semakin banyak. mas trimakasuh aats infonya

    BalasHapus
  10. oh jadi seperti itu rahasianya gan ...
    musti d praktekan ni gan

    BalasHapus
  11. makasih bnyak mas tips2nya :). boleh dicoba :D

    BalasHapus
  12. semoga manfaat sob

    BalasHapus
  13. artikel yang sangat bermanfaat sekali buat saya pelajari, ...

    BalasHapus
  14. info sangat membantu saya dalam menambah informasi, ...

    BalasHapus
  15. Have you ever considered adding more videos to your blog posts to keep the readers more entertained? I mean I just read through the entire article of yours and it was quite good but since I’m more of a visual learner, I found that to be more helpful well let me know how it turns out. This is good, thanks for sharing.

    BalasHapus
  16. Amazing,... I was checking continuously this blog and I am impressed! Very useful information particularly the last part :) Thanks dude

    BalasHapus
  17. Hai, Sobat. Bertemu lagi dengan saya, Masih ingat dengan sayakah ? Kalau lupa ndak ndak apa-apa, hehee. Saya terenyuh membaca topik blog Anda saat ini karena saya sedang sedih meratapi ide untuk blog saya tidak kunjung datang juga, yah maklum saja. Nah setelah saya membaca blog Anda ini saya ada sedikit pertanyaan. Saya seorang karyawan swasta yang ingin membuktikan apakah betul dapat duit dari ngeblog lantas caranya bagaimana ? Bila saya telah memiliki blog lantas blog saya itu saya apakan ? Pada intinya sumber informasi blog tersebut saya dapatkan dari salah satu koran ternama di Bali ( karena saya blogger dari Bali) wajarkah bila saya menyalin informasi dari sana kemudian saya tulis kembali pada blog saya ? Barang kali ini yang membuat saya penasaran barangkali Anda berkenan membagikan pengalaman Anda selama ngeblog. Terimakasih sebelumnya dan mohon maaf bila ada yang kurang berkenan. Salam

    BalasHapus