Kamis, Agustus 23

Spanyol Punya Gordillo Indonesia Punya Jokowi

Saat melihat up-date berita 16 Agustus 2012 di situs VOA Indonesia, saya menemukan sebuah berita yang sangat menarik perhatian saya, berita tersebut berjudul Walikota di Spanyol Berlaku Seperti Robin Hood. Bagi anda penggemar Robin Hood, tentunya anda pasti sudah tahu kisah tokoh sentral tersebut. Ringkasnya, Robin Hood adalah tokoh dalam cerita rakyat Inggris. Ia adalah seorang bangsawan yang menjadi musuh Sheriff of Nottingham atau Prince John, melawan pejabat yang korupsi untuk kepentingan rakyat (wikipedia, Robin Hood).

Manuel Sanchez Gordillo
Gambar: VOA Indonesia

Kembali ke topik Walikota Spanyol, Juan Manuel Sanchez Gordillo, anggota parlemen lokal dan walikota Marinaleda di bagian selatan Andalusia. Di situs VOA Indonesia dituliskan bahwa Gordillo ikut dalam perampokan Supermarket dan membagikan hasil rampokannya kepada orang miskin. Sebagian orang akan menilai tindakan Gordillo sebagai tindakan yang memalukan, namun kebanyakan orang akan menilai hal ini sebagai “Pahlawan”.

Hukum memang tidak pernah mentolerir tindakan Gordillo tersebut, namun sebagai seorang panutan rakyat, Gordillo tidak lari dari tanggungjawabnya, ia bahkan dengan senang hati bisa menyerahkan diri dan ditahan atas perbuatannya tersebut. Saat diwawancara di stasiun kereta Atocha di Madrid tentang perbuatannya tersebut Gordillo mengatakan “Ada orang-orang yang tidak punya cukup makanan di abad 21 seperti sekarang ini, hal itu sungguh menyedihkan,”.

Liputan media atas aksi Gordillo di supermarket itu membuat Gordillo menjadi selebriti nasional. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat di negara manapun sangat menghargai dan respek terhadap pemimpin yang cinta rakyatnya, sekalipun hal itu dilakukan diluar batas hukum. Aksinya tersebut tidak hanya mengorbankan jabatannya, tetapi juga mengorbankan harga dirinya, ketika membela rakyatnya yang miskin dan kelaparan. Tindakan Gordillo, tentunya tidak tanpa sebab. Krisis yang melanda Eropa menjalar hingga ke Spanyol, seperti yang dilansir dari situs VOA Indonesia 15 Negara Uni Eropa Terkena Krisis Ekonomi, dan salah satunya negara yang terkena resesi (lesunya kegiatan dagang dan juga industri) paling besar adalah negara Spanyol, dan yang paling parah tekena krisis di Spanyol adalah provinsi Andalusia, tempat Gordillo berasal.

Jokowi
Selanjutnya, mari kita hubungkan dengan tokoh “pahlawan” di Indonesia saat ini. Siapa lagi, kalau bukan jokowi? Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya Jokowi Sosok Pemimpin Masa Depan. Joko Widodo, atau yang paling akrab disapa Jokowi, terpilih selama dua priode 2005-2015 sebagai walikota Surakarta (Solo). Lalu apa yang menjadikan Jokowi begitu populer di Indonsia? Bahkan saya menemukan banyak komentar dan harapan masyarakat di dunia online, pantasnya Jokowi jadi Presiden, bukan Walikota ataupun Gubernur.

Berita korupsi yang tidak ada habis-habisnya di media, baik media cetak, elektronik, maupun online mengakibatkan kejenuhan masyarakat Indonesia tentang sosok pemimpin. Kehadiran Jokowi seumpama tetesan air di musim kemarau yang panjang. Jika Gordillo melakukan pencurian di supermarket untuk dibagikan kepada rakyatnya yang miskin dan kelaparan, Jokowi hadir dengan sosok pemimpin perubahan. Banyak hal yang mencengangkan masyarakat Indonesia tentang sosok Jokowi, diantaranya:
  • Sangat merakyat.
  • Sederhana (low profile).
  • Jokowi memindahkan PKL (pedagang kaki lima) bukan dengan cara-cara kekerasan, namun dengan pendekatan-pendekatan persuasif.
  • Jokowi lebih banyak dilapangan daripada di kantor.
  • Jokowi tidak pernah mengambil gaji selama menjabat walikota.
  • Jokowi mendukung produk lokal, seperti mobil Esemka, dan hasil-hasil pertanian lokal.
  • Jokowi masuk nominasi sebagai walikota terbaik dunia, juga pernah mendapat berbagai penghargaan.
Saya pikir Jokowi sudah sepantasnya disebut “pahlwan”. Pahlawan di zaman sekarang bukanlah pahlawan yang mempertahankan kemerdekaan dari para penjajah, karena kita sudah merdeka dari penjajah, melainkan sosok yang berani membela kaum lemah, berpihak kepada rakyat kecil dengan tindakan-tindakan yang nyata. Sosok Gordillo di Spanyol dan Jokowi di Indonesia memberikan angin sejuk tentang sosok pemimpin masa kini dan masa mendatang. Semoga jiwa-jiwa dan pemikiran kesatria seperti ini, dapat menjadi contoh untuk pemimpin dan calon-calon pemimpin di negeri ini, @ferdinaen).

Baca Juga

10 komentar

jenggotnya keren juga tu gak niru lah saya wkwkwk succes gan...

wih keren banget...
apa ada kesamaan diantara kedua nya ya??

Ahmad: sama-sama pahlawan rakyat sob.

emang gan jokowi tuh keren , dan selalu merakyat ..

nice info gan, sukses untuk Pakde Jokowi utnuk Jakarta Barunya

Saya dukung Jokowi 100%.

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

mantaps, semoga pak jokowi sukses dalam menangi sembrawutnya jakarta dan menjadi panutan untuk pejabat2 yang lain.

IBX5829BEFF42CDB
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top