Selasa, Agustus 7

Pengertian Kontes SEO

Ide untuk menuliskan Pengertian kontes SEO ini timbul ketika Sigodang Pos men-share beberapa info kontes SEO yang berlangsung selama tahun 2012. Dalam postingan tersebut, saya menjumpai beberapa komentar dari sahabat-sahabat blogger yang mengatakan “Gag ngerti kontes SEO itu seperti apa”, “kontes SEO itu apa sih?, maklum masih newbie”, dan lain sebagainya.

Singkatnya kontes SEO adalah perlombaan untuk memperebutkan peringkat; urutan pertama di mesin pencari dengan keyword; kata kunci tertentu. misalnya saja Google. Jadi dapat disimpulkan bahwa “Juri” dalam kontes SEO adalah mesin pencari, bukan manusia. Untuk lebih jelasnya Sigodang Pos akan memberikan sebuah contoh.

Misalnya Sigodang Pos mengadakan kontes SEO dengan kata kunci “Sigodang Pos Gudangnya Puisi Cinta”, maka saat akhir kontes yang sudah ditentukan, akan dilakukan pencarian kata kunci tersebut di Google. Maka akan keluar hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Ket: Peserta yang berada pada peringkat pertama Google tersebutlah yang menjadi juara 1. Urutan kedua sebagai juara 2, urutan ketiga sebagai juara 3, dan seterusnya.

Perlu diketahui, setiap kontes SEO memiliki peraturan yang berbeda-beda. Ada kalanya kontes SEO tidak sepenuhnya murni kontes SEO. Misalnya penyelenggara menuliskan peraturan bahwa penilaian 50% dinilai dari kualitas konten. Kontes SEO seperti ini, bisa disebut dengan istilah semi SEO. Pemenang dalam semi kontes SEO ditentukan dari penjumlahan poin dari Search Engine (SE) dan nilai Konten (50% SE ditambah 50% kualitas konten).

Mungkin ada sebagian blogger yang bertanya, mengapa pemilik web mengadakan kontes SEO? Tujuan utamanya adalah mencari backlink dan mempopulerkan situs mereka di dunia maya yang akan ber-efek ke dunia nyata. Hal ini juga akan meningkatkan kualitas situs mereka di Search Engine (SE), terutama dalam pencarian beberapa kata kunci yang dioptimasi dalam kontes tersebut.

Tips SEO Lainnya

16 komentar

oh jadi itu pengertiannya. jadi ngerti skarang gan..:)

Owh gitu yah... Penasaran juga sih pengen nyoba ikutan Kontes SEO.. Mungkin lain kali saya akan coba mengikuti Kontes SEO... :)

iya,,,kan jurinya om google...kan sering ada tuh gan yang ikut kontes seo tapi pak trik dalam arti konten tidak begitu luar biasa tapi dia mnggunakan trik yang herbat untuk ada di posisi satu,,,kalau kejadian seperti itu apakah masih dianggap juata satu atau di disk?

caranya daftar tuh kontes gimana gan?

lumayan ngerti deh dikit dikit hehe

Mantap juga ni sob, semoga aja dengan lebih dalam Belajar SEO disini, bisa nambah ilmu ane, sekalian ijin bookmark sob dan terimakasih banyak sudah mau berbagi sobat

Mantab,, terima kasih atas pencerahannya tentang Kontes SEO,, benar-benar sangat bermanfaat ^_^

Well Smile I love reading and I am always searching for informative information

mantabbb mas e.. terimaksih atas informasinya semoga bisa bermanfaat buat orang lain... semangat posting . hehehe

IBX5829BEFF42CDB
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top