Pelajaran baru tentang SEO

Kegigihan saya untuk memahami SEO, ternyata memberikan pengalaman dan pelajaran baru buat saya tentang SEO itu sendiri. Misalnya saja dalam kontes SEO “Motor Matic injeksi Irit harga Murah” Sebuah pertanyaan yang terus tertanam di benak saya adalah “mengapa saya tidak bisa bertahan lama di halaman pertama Google?”. Pertanyaan yang diawali dengan kata tanya “why” tersebut membuat saya dalam keterpurukan yang berlarut-larut.

Dalam hal ini, hal pertama yang saya lakukan adalah mengganti kata tanya “why: mengapa” tersebut dengan kata tanya “how: bagaimana”. Sehingga terbentuklah sebuah pertanyaan baru “Bagaimana saya bisa bertahan di halaman pertama Google”. Dan ternyata efeknya luar biasa. Saya semakin bersemangat mencari dan belajar tentang SEO itu sendiri.

Lalu apa pelajaran baru yang saya dapat tentang SEO tersebut?

Ilmu SEO 1
Dari beberapa kata kunci yang saya cari di Google, saya menemukan beberapa kata kunci yang menempatkan Sigodang Pos pada urutan 1 dalam waktu yang lama. Dalam hal ini saya sebut dengan istilah “belajar dari kemenangan”. Inilah awal dari pelajaran baru tentang SEO yang akan saya tuliskan.

Dalam kata kunci “Membangun Penghasilan di Internet”. terdapat 3 juta hasil pencarian yang memuat kata kunci tersebut. Sigodang Pos dapat bertahan selama berbulan-bulan di halaman 1 dan urutan 1”. Lalu sayapun bertanya kenapa web lain berada pada urutan ke 2,3,4,5, dan seterusnya? Dengan penasaran saya membuka web tersebut, ternyata beberapa diantara web tersebut melakukan copy-paste terhadap artikel yang saya tulis (tanpa mengedit sama sekali). Kesimpulannya adalah “Google tidak menyukai yang namanya copy-paste”.

Ilmu SEO 2
Tidak sampai disitu, sayapun melihat peringkat alexa, dan PR web-web tersebut. dan saya bandingkan dengan blog Sigodang Pos. Ternyata kepopulerannya berbeda dari Sigodang Pos. Sayapun berkesimpulan bahwa popularitas sebuah web sangat mempengaruhi peringkat pencarian sebuah kata kunci di mesin pencari, khususnya Google. Hal ini juga bisa anda bandingkan dengan situs-situs besar yang sudah populer, dengan situs yang memiliki popularitas rendah dalam kata kunci yang sama.

Tips agar blog/web anda bisa populer, banyak upaya yang bisa anda lakukan, mulai dari gratis atau berbayar, seperti blogwalking, tukar link, Pasang BanneRr, submit ke situs bookmarks, pasang iklan gratis atau berbayar, Pesan Review, promosi secara offline, dan lain sebagainya.

Ilmu SEO 3
Pada kontes SEO “Motor Matic injeksi Irit harga Murah”, mengapa Sigodang Pos tidak mampu menduduki halaman pertama? Karena selain kedua hal di atas, ada hal lain yang membuat Sigodang Pos tidak terlalu diperhitungkan Google, yaitu konten/postingan dalam blog ini tidak memiliki tema yang seragam, karena memang dari awal, saya mengkhususkan blog ini untuk menampung tulisan-tulisan saya.

Tipsnya adalah, buatlah sebuah blog/web yang memiliki tema seragam, misalnya puisi: semuanya berisi tentang puisi, Gadget: semua membahas tentang gadget, dll. Hal ini akan menjadikan blog anda lebih profesional di mata mesin pencari, seperti Google.

Artikel Tips Blog

15 komentar:

  1. Mantep Ni Kang Artikel Nya,saya sendiri Kurang Memahami Seo2 Gt,Sukses Buat Sigodang

    BalasHapus
  2. wah , sangat bermanfaaat artikelnya
    izin bookmark :)

    BalasHapus
  3. sangat berguna gan... buat nambah mantap blog ane :D

    BalasHapus
  4. benar-benar ilmu yang sangat bermanfaat dan patut untuk dijadikan rujukan... sip sip sip

    BalasHapus
  5. Betul sekali sob,,,apa yang disampaikan, menurut pandangan saya setiap postingan yang kita buat akan bertahan di posisi tertentu jika sesuai dengan meta keyword yang ada di blog kita

    BalasHapus
  6. ini sangat berguna bagi ane gan, ane harus meningkatkan SEO agar bisa Rank tinggi eperti agan

    BalasHapus
  7. memang sekarang lagi tantangan berat buat para boger dan webmaster kayaknya ya.. terutama buat para pencari dolar di internet dan peserta kontes seo, situs2 yg di halaman satu kalau bukan yg authority site selalu rawan kena google dance, btw sukses buat kontes seo nya gan

    BalasHapus
  8. keren mas
    nice info nih, buat nambah pengetahuan

    BalasHapus
  9. terimakasih sobat atas pencerahannya tentang SEO ...salam Ramadhan :)

    BalasHapus
  10. hebat nih sigodang pos, hehe

    waaah
    bagaimana nasib blog saya yang isinya gado-gado pedas..
    kayaknya memang lebih bagus niche ya -_-

    BalasHapus
  11. wah mantap juga nih tipsnya gan.. bookmark dulu ah..

    BalasHapus
  12. Mantap infonya.
    Saya rasa anda memiliki bekal blog yang bagus untuk bisa bersaing di kontes SEO. Salam Kenal

    BalasHapus
  13. Maka daripada itu bung, untuk kontes SEO harus benar-benar ekstra optimasi. Karena seperti apa yang dikatakan di atas, yaitu: niche blog tidak setopik bahasan dengan kata kunci target kontes..

    Terima kasih, banyak artikel yang bermanfaat dan memotivasi saya di sini.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.