Jumat, Agustus 24

Optimasi SEO Melalui Tata Bahasa yang Baik

Tata Bahasa KBBI
Optimasi SEO menjadi sesuatu yang sangat urgen dalam membangun popularitas blog atau website di mesin-mesin pencari, hanya saja kadang kita lupa tata bahasa yang baik merupakan hal penting, yang tidak bisa dinomorduakan dalam optimasi SEO. Tata bahasa yang baik akan mempermudah mesin pencari memahami apa yang ingin anda sampaikan kepada pembaca anda.

Pernahkah dalam suatu percakapan, teman bicara anda tidak memahami maksud dari apa yang anda bicarakan? Ketika anda mengatakan sesuatu, kemudian lawan bicara anda mengatakan “Saya tidak paham apa yang kamu bicarakan”. Lalu anda mengulang dengan struktur kalimat yang berbeda. Lawan bicara anda pun akhirnya mengerti. Ini menunjukan kadang kita tidak menyadari jika tata bahasa yang kita gunakan, tidak sesuai dengan tatabahasa bahasa Indonesia yang baik.

Optimasi SEO melalui tata bahasa yang saya maksud dimulai dari penggunaan kata, frasa, klausa, dan kalimat yang baik. Memang tidak menjamin semua perbendaharaan kata yang sudah terdaftar di KBBI, terdaftar di Google, namun saya pikir Google akan mengarah kesana.

Misalnya pencarian “Kafeinna” maka akan keluar pemberitahuan seperti ini “Mungkin maksud Anda adalah: kafein”, atau kata lainnya seperti Kokaina”, dsb. Kejadian seperti ini tentunya dipengaruhi oleh pencarian populer mengenai sebuah kata di mesin pencari. Perlu diketahui juga, hal ini tidak terlalu berpengaruh, karena pemberitahuan seperti ini tidak banyak kita dijumpai dalam melaukukan pencarian sebuah kosa kata baku di mesin pencari.

Hal yang paling fatal adalah ketika anda menggunan sebuah kosa kata yang kurang lengkap, misalnya kurang 1 vokal/konsonan dalam menulis sebuah judul, ataupun kata-kunci tertentu dalam sebuah konten. Tips yang paling ampuh adalah membaca terlebih dahulu konten yang ingin anda publikasikan sebelum anda mempostingnya. Jika anda ragu mengenai penulisan sebuah kata, lihat di kamus, atau minimal lakukan pencarian di Google mengenai kata tersebut.

Kesalahan fatal yang kedua adalah penggunaan kalimat yang berlebihan. Misalnya “Setiap Blogger dihimbau, agar supaya tidak mengikuti kontes SEO”. Kata “Setiap, supaya” sebaiknya dihilangkan agar tidak terlalu mubajir. Sehingga kalimat tersebut menjadi “Blogger dihimbau, agar tidak mengikuti kontes SEO.” Sebagaimana kita tau Google lebih menyukai artikel yang jelas, ringkas dan padat (@ferdinaen).

Artikel SEO Lainnya

13 komentar

bahasa yang baik selain seo jg memikat pengunjung

iya, tapi saya kurang bisa memakai bahasa indonesia yang baik dan benar tapi tak apa lah mudah-mudahan yang semua saya posting dapat di mengerti oleh pembacanya.

Cahaya Blog: Kemungkinan besar memang bisa di pahami pembaca sob, tpi mesin pencari?

Artikel yang nambah pengetahuan.. trims sudah sharing

mantap artikelnya , pilihan optimasi tsb untuk mesin pencari atau pengunjung blog...?

warungmotorinjeksi: dua-duanya sob.

Ooo, begitu ya ternyata bukan hanya Backlink dan penempatan keyword saja perlu diperhatikan tetapi bahasa juga menunjang,
Terima kasih infonya

trims infonya sangat bermanfaat untuk menaikkan posisi web dengan bahasa SEO yang baik.

trimakasih infonya.harus sering latian buat artikel yg mudah dipahami mesin pencari dan pengunjung blog.

thanks sharing info nya..
semoga bermanfaat
sukses buat admin..

dpt info baru.. harus banyak latihan menulis artikel dg bahasa yg baik..
thanks admin sharing infonya

IBX5829BEFF42CDB
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top