Kamis, Juni 28

Jokowi Sosok Pemimpin Masa Depan

Siapa coba yang tidak kenal Ir. Joko Widodo, atau yang paling akrab disapa Jokowi? Sebelum menjadi walikota Surakarta (Solo), Jokowi berprofesi sebagai pedagang mebel rumah dan taman. Jokowi menjabat sebagai walikota dalam dua kali masa bakti 2005-2015, bersama wakilnya F.X. Hadi Rudyatmo yang dicalonkan oleh PDI-P. Dari lamanya beliau menjabat, hal ini tentunya menunjukan bahwa Jokowi dipercaya oleh masyarakat Solo sebagai pemimpin.

Yang paling unik adalah penampilan Jokowi yang selalu tampil sederhana di mata publik dengan kemeja kotak-kotaknya. Seperti yang dikutip dari (kompas.com), penampilan Jokowi yang selalu tampil dengan baju kotak-kotak, beliau menyebutkannya bahwa “pemimpin harus siap bekerja”. Waw, inilah sosok pemimpin masa depan yang mengutamakan pelayanan kepada masyarakatnya.

Jokowi juga salah satu pemimpin yang sangat mendukung Mobil Esemka, yaitu sebuah mobil yang dihasilkan oleh siswa sekolah menengah kejuruan, yang juga membawa nama baik Indonesia, dalam bidang otomotif. Dukungan tersebut tidak hanya sebatas kata-kata, hal itu dibuktikan Jokowi dengan membeli Mobil Esemka Rajawali sebagai mobil dinasnya.

Seperti yang dikutip dari (Wikipedia.org), di bawah kepemimpinan Jokowi, Solo mengalami perubahan yang pesat. Branding untuk kota Solo dilakukan dengan menyetujui slogan Kota Solo yaitu "Solo: The Spirit of Java". Langkah yang dilakukannya cukup progresif untuk ukuran kota-kota di Jawa: ia mampu merelokasi pedagang barang bekas di Taman Banjarsari hampir tanpa gejolak untuk merevitalisasi fungsi lahan hijau terbuka, memberi syarat pada investor untuk mau memikirkan kepentingan publik, melakukan komunikasi langsung rutin dan terbuka (disiarkan oleh televisi lokal) dengan masyarakat. Taman Balekambang, yang terlantar semenjak ditinggalkan oleh pengelolanya, dijadikannya taman. Jokowi juga tak segan menampik investor yang tidak setuju dengan prinsip kepemimpinannya. Sebagai tindak lanjut branding ia mengajukan Surakarta untuk menjadi anggota Organisasi Kota-kota Warisan Dunia dan diterima pada tahun 2006. Langkahnya berlanjut dengan keberhasilan Surakarta menjadi tuan rumah Konferensi organisasi tersebut pada bulan Oktober 2008 ini. Pada tahun 2007 Surakarta juga telah menjadi tuan rumah Festival Musik Dunia (FMD) yang diadakan di kompleks Benteng Vastenburg yang terancam digusur untuk dijadikan pusat bisnis dan perbelanjaan. FMD pada tahun 2008 diselenggarakan di komplek Istana Mangkunegaran.

Prestasi Jokowi
Seperti yang dikutip dari situs web (worldmayor.com) Jokowi dinominasikan menjadi walikota terbaik dunia, hal ini tentunya membuat Indonesia berbangga dengan prestasi dan kinerja beliau dalam menampilkan pemimpin Indonesia di mata Dunia. Saat ini Jokowi mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Pilgub tahun 2012 dengan Basuki Tjahaja Purnama. Semoga Perjuangan dan totalitas seorang pemimpin yang ditunjukan beliau tidak pernah berhenti, dan sudah sepantasnya menjadi contoh pemimpin lainnya di masa mendatang.

Baca Juga

29 komentar

wah,,,hebat banget sampai dinobatkan sebagai walikota terbaik dunia,,kita memang patutu berbangga,,,
kalau beliau terpilih di jakarta semoga jakarta bisa lebih baik

melihat eksistensinya..jokowi berpeluang besar menurut saya :)
tapi..kita liat saja ntar..hehehe
jikalau terpilih,seperti apa kinerja nya n janji*nya :)

Rachmad: Saya yakin Gan Jokowi akan melakukan hal yang sama untuk DKI Jakarta jika nanti dia terpilih. Jika hal itu terjadi, saya yakin Jokowi menjadi kandidat Presiden untuk masa mendatang. Mengingat Indonesia saat ini butuh pemimpin yang tidak manis dibibir saja.

mungkin aq agak berbeda dengan agak,,liat kenyataan yang terjadi , masalah banjir solo yang belum teratasi.bahkan belum ada relokasi di pinggir sungan bengawan solo

kalau saya tetap mendukung Fauzi Bowo...
salam kenal dan semoga sukses!!!
siapapun jaadi pemenang itu harus melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

Agak: :) Thanks atas perbedaan ya gan. seperti yang saya kutip dari merdeka.com "Yusuf, salah seorang warga, mengatakan sejak Jokowi menjabat, kawasan Kali Sonto, Jagalan, Kecamatan Jebres, Kota Solo, tidak banjir atau meluap sedikitpun. "Kalen (sungai) ini sama sekali tidak mampet dan tidak meluap sedikit pun itu karena metode serta perhatian Pak Jokowi dalam menerapkan dan menyelesaikan masalah banjir di Solo berhasil," kata Yusuf dalam acara pamitan Jokowi di Solo, Jawa Tengah (21/3).

Kalau secara keseluruhan, mungkin tidak gan, mengingat Jokowi hanya sebagai Walikota.

Obat: Berbeda tetapi tetap damai :)

salam sehat..semoga ada pemimpin yang amanah

semoga pemimpim kita itu orangnya tidak janji muluk...

semoga jokowi bisa terpilih menjadi gubernur jakarta.

seperti nya jokowi adalah sosok seorang pemimpin yang selama ini kita cari.

Siapapun yg terpilih nanti, semoga bisa membawa Jakarta lebih Maju dan terhindar dari berbagai permasalahan seperti Banjir, macet, dll... hehehe..... :)
Nice info kawanku ... :)

sebuah prestasi yang sangat membanggakan sebagai wali kota....
semoga kelak kalo terpilih menjadi gubernur juga bisa memberikan prestasi yang baik.

semoga saja, dengan prestasi yang selama ini di raih Oleh Jokowi akan terus menjadi motivasi untuknya guna menjadi pemimpin yang adil, bijaksana, dll.
dan pada akhirnya, harapan masyarakatpun bisa terwujud

sosok pemimpin yang kita idamkan selama ini

semoga saja jokowi bisa memberikan perubahan untuk dki jakarta .. agar jadi lbh baik

siip lah smoga bisa benar benar mnjadi panutan bagi kitta yya

Trimakasih untuk artikel yg telah di tulis. Saya berkaca-kaca membaca artikel ini. Sungguh inikah sosok pemimpin yg telah di idam2kan rkyat, ditengah kondisi yg serba semrawut. Tidak gampang memang untuk mencapai smuanya,,,,,KAMI RINDU AKAN PEMIMPIN YG AMANAT. Semoga sukses untuk Pak JOKOWI,,,saya mewakili suara rkyt Indonesia,,sangat berharap pada anda untuk Jakarta, walau sy bkn org jakarta. Tp sayaa yakin, dg jakarta baek, akan ada kebaikan jg untuk Kota laen. trimakasih Untuk pak JOKOWI,,smg Kau akan slalu mengutamakan kami sebagai rakyat mu. Trimakasih,,,,salam untuk Pak JOKOWI

semoga saja janjinya bisa di tepati.

semoga saja jokowi bisa membawa jakarta ke arah yang lebih baik.

Semoga Jokowi bisa tetap amanah dan memberikan yg terbaik untuk negeri ini. Jarang ada pajabat spt Jokowi. Benar, Jokowi adalah Pemimpin

Semoga diera kepemimpinan belia Jakarta makin baik dan warga2nya sejahtera

selamat untuk jokowi,karena sudah terpilih menjadi gubernur dki,dan mudah-mudahan kinerjanya sama bahkan lebih,mantapppp

Terimakasih banyaka atas informasinya...!
salam kenal dan semoga sukses :)

salam sehat..semoga ada pemimpin yang amanah

pak joko sekarang jakarta ada dalam kendalimu pak.
benahi yang melenceng dan tingkatkan kemajuannya pak...

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top