8 Tips Cerdas Membeli Harddisk Eksternal

Tips Membeli Harddisk Eksternal ini saya dapat saat dari melihat-lihat harddisk eksternal di Sigodang Pos ini. Harddisk eksternal sudah menjadi kebutuhan para pengguna komputer. Bagi mereka yang menginginkan kapasitas penyimpanan data yang lebih lega, perangkat tambahan tersebut merupakan pilihan tepat.

8 Tips Cerdas Membeli Harddisk Eksternal

Jika Anda belum pernah membeli harddisk eksternal sebelumnya, saya memiliki beberapa Tips Membeli Harddisk Eksternal di sini yang dapat membantu agar tidak salah membeli harddisk. Untuk itu silahkan cermati 8 Tips Cerdas Membeli Harddisk Eksternal di bawah ini :

1. Kapasitas Harddisk
Ini adalah hal utama yang harus diperhatikan, berapa besar data yang ingin Anda simpan, kalau memang cukup besar lebih baik pilihlah yang memiliki kapasitas yang besar, Jika data-data yang ingin disimpan hanya sebesar ratusan kilobyte, lebih baik belilah flashdisk. Apabila sudah mencapai ratusan gigabyte, harddisk berkapasitas kapasitas 120 Gb, 320 Gb 500Gb bisa menjadi pilihan. Bahkan kini sudah ada ekternal harddisk yang dijual lebih dari 6 terrabyte. semua ini tergantung kebutuhan kita, namun kapasitas besar juga diikuti dengan harga yang mahal. Saat memilih harddisk eksternal mana yang akan dibeli, kapasitas penyimpanan sangat penting untuk diperhatikan.

2. Harga
Harga hardisk eksternal ini selaras dengan kapasitas yang ditawarkan, namun ada beberapa hardisk eksternal yang harganya lebih tinggi dari yang lain meski kapasitas sama, coba perhatikan pasti ada beberapa fitur tambahan yang disertakan yang tidak dimiliki merk lain, biasanya ada fungsi auto backup, lock, penahan goncangan dll.

3. Sistem Operasi
Perhatikan baik-baik sistem operasi apa saja yang kompatibel denganharddisk eksternal tersebut. Tidak semua sistem operasi mendukung. Namun pada umumnya Sistem operasi Windows XP1, Windows XP2 dan Windows XP3 sudah mendukung fungsi hardware ini.

4. Kemampuan PnP (plug and play)
Tancapkan kabelnya dan harddisk portabel langsung bisa dipakai tanpa perlu instalasi driver atau software apa pun, begitulah kira-kira arti dari PnP. Kemampuan PnP khususnya diperlukan jika Anda bermaksud menggunakan satu harddisk portabel di beberapa komputer, PC di kantor, netbook di luar kantor, atau notebook di rumah.

5. Kecepatan Read & Write
Lihat berapa kecepatan read dan write dari produk tersebut. Kecepatan ini berpengaruh pada cepat lambatnya proses transfer dari harddisk ke PC/Laptop atau sebaliknya.

6. Fitur Recovery
Jika terdapat fitur backup and recovery pada HD eksternal, maka fitur ini akan sangat berguna di saat file-file Anda mengalami kerusakan atau korupsi data ataupun akibat serangan virus. Melalui fitur recovery, Anda akan bisa memulihkan data yang hilang atau rusak.

7. Casing
Casing atau pembungkus luar sangat berpengaruh terhadap ketahanan fisik sebuah harddisk eksternal. Karena itu harddisk eksternal dengan casing metal sangat disarankan.

8. Perhatikan merek
Di pasar saat ini ada banyak sekali pilihan merek harddisk portabel, antara lain A-Data, Buffalo, Iomega, Imation, LaCie, Maxtor, Qnap, atau
Fisik harddisk portabel masa kini cantik, mungil, dengan kapasitas yang kian besar. Ada yang mengemaskan harddisk 1,8”, ada yang 2,5”, juga 3,5”. Tinggal pilih mana yang dibutuhkan. Merek menentukan kualitas harddisk ekternal tersebut jika merek tersebut belum terkenal atau merupakan merek yang sama sekali belum kita kenal sebaiknya jangan coba-coba, bisa saja harddisk ekternal itu mudah rusak, keuntungan lain memilih harddisk dengan merek ternama seperti di atas Anda bisa mendapatkan garansi resmi dari pihak brandednya.

Sekian dulu Artikel Tentang 8 Tips Cerdas Membeli Harddisk Eksternal ini. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang membutuhkan harddisk ekternal sebagai pelengkap penyimpanan data Anda. Artikel ini di kirim: Iqbal Maulana salah satu pengelola blog tentang selang pemadam, brankas dan CCTV, penasaran dengan saya? silahkan Follow: @iq_balle.

Lihat juga

27 Responses to "8 Tips Cerdas Membeli Harddisk Eksternal"

  1. makasih tips cerdasnya sob, sangat bermanfaat sekali klo sewaktu-waktu kita mau ganti Harddisk ... :)

    ReplyDelete
  2. jadi tambah tau neh,sip artikel mantap

    ReplyDelete
  3. Wahhh..mantef infonya nih bang..sippppppp..hahahhayyyy

    ReplyDelete
  4. makasih ya gan infonya.. kbetulan ane juga lagi pengen beli hard disc nih..

    ReplyDelete
  5. untuk saat ini saya lebih cenderung terhadap harga.

    ReplyDelete
  6. emang kalo merk ternama itu udah di jamin kualitasnya , ada garansi lagi .
    kira2 harga hardisk itu beraapa ya ?

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. trima kasih tipsnya sangat membantu sekali... trims

    ReplyDelete
  9. nice infonya, soalnya ane jga skrg lgi cari-cari hardisk eksternal..

    ReplyDelete
  10. mantapp.. kebetulan nihh lagi cari hardisk extrnal..

    ReplyDelete
  11. intinya lebih baik milih yg lebih mahal ya?

    ReplyDelete
  12. Rozak says : harddisk eksternal tahan berapa abad ?

    ReplyDelete
  13. Saya baru liat-liat tapi belum pernah pakai hard disk eksternal, kalau hd eksternal perlu pakai antivirus ga gan?

    ReplyDelete
  14. tengkyu infonya...bermanfaat betul :D

    ReplyDelete
  15. wah bagus gan inpo nya trims....

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  17. wah kebetulan neh... ane juga mo beli hardisk eksternal... makasi tipsnya... mampir balik ya ke blog ane, ngebahas ... teknik komputer

    ReplyDelete
  18. Kebetulan banget besok rencanaya saya ingin membeli hardisk ekternal. thanx buat infonya, semoga selalu memberikan informasi yang bermanfaat untuk semuanya.

    ReplyDelete
  19. makasih infonya, sangat membantu saya memilih harddisk yg saya butuhkan

    ReplyDelete
  20. nice info min ...mau beli HDD soalnya

    ReplyDelete
  21. bang boleh minta saran?
    Untuk urutan merk HDEx 4/5 merk dari yg paling top quality nya gmn ya bang?
    Mau cari sementara yg 500Gb-1Tb
    Thnx b4

    ReplyDelete
  22. wah benar2 mantab tips nya makasi bgt gan...

    ReplyDelete