Jumat, Mei 4

Apakah Anda Yakin Tidak Perlu Monitor CCTV?

Kamera CCTV adalah salah satu cara terbaik untuk memonitor dan menangkap semua kegiatan ilegal, seperti mengutil di toko atau supermarket, tawuran, atau perampokan di gudang. Pertanyaanya adalah “Apakah penggunaan kamera CCTV bisa optimal jika anda tidak mempunyai monitor CCTV yang tepat untuk mengawasi gerak gerik aktivitas yang terekam kamera CCTV?

Monitor CCTV
Monitor merupakan elemen penting dari kamera CCTV. Monitor CCTV berbeda dengan monitor lainnya. Monitor CCTV memiliki resolusi yang berbeda, tersedia monitor warna atau hitam-putih, bahkan kadang dilengkapi oleh audio juga. Jadi untuk mendapatkan sistem keamanan kamera yang bagus, anda tidak hanya melihat spesifikasi dari kamera keamanan, tetapi juga harus memperhatikan monitor dari kamera CCTV.

Jika hanya untuk kebutuhan dasar, Anda dapat menggunakan TV atau layar komputer, namun, untuk tampilan lebih profesional dari kamera CCTV (kualitas gambar yang lebih baik), akan lebih baik menggunakan monitor khusus untuk CCTV.

Bolehkah menggunakan monitor TV untuk CCTV ?
Beberapa orang menggunakan monitor TV untuk merekam seluruh kejadian yang tertangkap di CCTV. Ini mungkin ide yang baik dan relatif hemat jika Anda memang tidak memerlukan gambar yang berkualitas tinggi. Sekedar info, kamera CCTV menggunakan sejumlah ukuran tertentu dari garis horizontal untuk menyajikan gambar. Biasanya kamera CCTV hitam-putih memiliki sekitar 380 garis horizontal, sedangkan kamera CCTV berwarna memiliki sekitar 330 atau lebih garis horizontal. Namun, ada kamera keamanan yang lebih tinggi lagi kualitas serta berbagai macam jenis-jenis kamera CCTV. Jika anda ingin tahu jenis-jenis CCTV mungkin blog informasi CCTV ini bisa membantu.

Jika Anda menggunakan layar TV untuk menampilkan rekaman yang ada di CCTV, Anda tidak akan mendapatkan gambar yang beresolusi tinggi, karena layar monitor TV tidak cocok sebagai monitor bagi kamera CCTV. Jadi untuk mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik, Anda membutuhkan monitor yang lebih baik dan memang dikhususkan untuk kamera CCTV.

Lalu seperti apakah monitor khusus CCTV itu ?
CCTV LCD MONITOR akan menawarkan resolusi lebih baik dibandingkan dengan monitor TV biasa. Jika anda tidak memerlukan resolusi rekaman CCTV yang tinggi, maka Anda bisa gunakan monitor lines 330 atau 400 TV. Akan lebih hemat tentunya, namun jika kualitas gambar sangat penting untuk kebutuhan surveilans Anda, maka yang lebih baik memilih monitor yang dapat menangani 900 atau 1000 horizontal TV lines.

Satu hal lain yang harus dipertimbangkan adalah warna atau B & W LCD. Tentu saja, jika kamera CCTV Anda adalah kamera hitam-putih, maka Anda tidak perlu menggunakan monitor CCTV yang berwarna. Tetapi jika Anda memutuskan untuk menggunakan kamera CCTV berwarna, maka janganlah memilih B & W LCD. Pada dasarnya kamera CCTV hitam putih menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik bila dibandingkan dengan kamera CCTV berwarna. Namun, dalam beberapa kasus, kamera CCTV berwarna bisa sangat diandalkan karena lebih detail mengidentifikasi objek.

Beberapa monitor CCTV di buat secara audio built-in. Jadi orang yang duduk di depan monitor tidak hanya bisa melihat apa yang direkam oleh kamera, tetapi juga berbicara dengan orang di dekat pintu. Sebagai contoh, jika seseorang di pintu atau gerbang, Anda dapat melihat orang tersebut dan mengatakan sesuatu kepadanya dengan menggunakan built-in di loudspeaker. Jika kamera keamanan ini berisi audio juga, Anda berdua dapat berbicara satu sama lain dari kejauhan. Ini adalah fitur besar untuk menjaga keamanan wilayah itu.

Terakhir, Anda mungkin membutuhkan monitor yang dapat menangani lebih dari satu kamera pada suatu waktu. Jika Anda menggunakan CCTV untuk perumahan mungkin hanya ada 1 atau 2 CCTV. Namun, untuk perusahaan besar, kemampuan untuk memantau banyak kamera pada saat yang sama sangat penting. Beberapa Monitor CCTV memungkinkan Anda untuk melihat 4 atau bahkan hingga 16 kamera pada saat menggunakan modus split. Jadi sekarang pahamkan bagaimana monitor CCTV tidak kalah pentingnya dengan kamera CCTV. Sekarang bagaimana pendapat anda ? saya tunggu di kolom komentar di bawah ini. (Iqbal Maulana).

14 komentar

hmmmm....
iya juga ya, aku juga pengennya si pasang CCTV supaya keamanan di tempat tinggalku terpantau. pasang 10 kebanyakan ngga,ya? ya...meskipun yang di pantaunya pun bukan barang yang begitu berharga" Sebongkah berlian"(hahahaha...mulai menghayal)

Terimakasih buat Sobat Iqbal Maulana untuk informasi yang sangat bermanfaat ini.

hhmm,,,lmayan juga nih buat memantau aktivitas didalam rumah kita,hhe,,terima kasih infonya

menarik sekali nih artikelnya,,,tapi rumah saya aman ko,,hhee,
terima kasih sudah berbagi informasinya

Kang selamat yah PRnya naik. cek disini.
Terus saya mau curhat seputar google index. gimana kang?

hemmh,,,tar aja beli CCTV nya kalo rumah nya udah gede,,hahaha,,,kidding gan..memang jaman sekarng keberadaan cctv diperlukan,,thanks buat info monitor nya

kamera CCTV memang sangat perlu apa lagi di pertokoan....
untuk mencegah terjadi nya pencurian....

info yang bagus...
thanks yah gan....

bener banget bro...
monitor CCTV itu sama penting nya dengan kamrea CCTV...

monitor CCTV sangat di perlukan sekali..
tanpa monitar kita tidak bisa melihat gambar dari kamera CCTV.

terima kasih gan atas infonya yachhh

IBX5829BEFF42CDB
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top