Selasa, April 24

Kalibrasi Syarat Penting dalam Dunia Industri

Kalibrasi, Mungkin untuk sebagian orang kata-kata ini masih asing di telinga mereka. Tapi untuk dunia industri yang menggunakan alat-alat ukur dan sejenisnya kalibrasi merupakan hal penting dalam setiap kegiatan produksi. karena dalam setiap perusahaan industri kewajibannya menjaga kebenaran dan mutu alat uji ukur. Pada proses pengukuran, karena faktor umur instrument, ketegangan fisik atau berubah-ubahnya temperatur, kinerja kritis instrument secara bertahap menjadi berkurang (drift). Sebagai akibatnya, hasil pengukuran menjadi tidak dapat diandalkan dan akhirnya kualitas produksi menjadi kurang bagus. Drift tidak dapat dihilangkan, tapi dapat pulihkan dengan kalibrasi.

Menurut, salah satu website perusahaan yang bergerak di bidang kalibrasi. “Kalibrasi merupakan proses verifikasi bahwa suatu akurasi alat ukur sesuai dengan rancangannya. Kalibrasi biasa dilakukan dengan membandingkan suatu standar yang terhubung dengan standar nasional maupun internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi.serta mengikuti petunjuk pada di dalam ISO/IEC 17025 : 2005.

Sistem manajemen kualitas memerlukan sistem pengukuran yang efektif, termasuk di dalamnya kalibrasi formal, periodik dan terdokumentasi, untuk semua perangkat pengukuran. ISO 9000 dan ISO 17025 memerlukan sistem kalibrasi yang efektif. “

Apa saja yang perlu dilewati saat proses Kalibrasi ?
Sesuatu alat atau perangkat yang harus melewati proses kalibrasi. Ketika adanya perangkat baru dalam kegiatan produksi yang harus diuji terlebih dahulu dengan proses kalibrasi, selanjutnya yang perlu melewati tahap kalibrasi adalah suatu perangkat setiap waktu tertentu karena dikhawatirkan perangkan yang dalam batas waktu tertentu bisa saja mengurang daya akurasinya dalam setiap pengukuran jadi tentunya harus melakukan proses kalibrasi kembali untuk memastikan mutu suatu perangkat tersebut. Terakhir ketika adanya observasi pada suatu perangkat hal ini juga patut melewati tahap kalibrasi untuk memastikan perangkat tersebut sesuai dengan standar yang di tetapkan.

Apakah Kalibrasi hanya ditujukan untuk dunia Industri ?
Ternyata tidak hanya industri besar dengan perangkat alat uji ukur yang canggih ternyata ada hal lain yang membutuhkan kalibrasi, Contohnya, termometer dapat dikalibrasi sehingga kesalahan indikasi atau koreksi dapat ditentukan dan disesuaikan (melalui konstanta kalibrasi), sehingga termometer tersebut menunjukan temperatur yang sebenarnya dalam celcius. Selain itu layar sentuh pada sebagian hp juga membutuhkan kalibrasi untuk mengatur tingkat sentuhan pada layar hp tersebut . Bahkan baterai laptop pun setiap jangka waktu beberapa bulan lebih baik juga di kalibrasi agar memaksimalkan kinerja laptop tersebut.

Di beberapa negara, termasuk Indonesia, terdapat direktorat metrologi yang memiliki standar pengukuran (dalam SI dan satuan-satuan turunannya) yang akan digunakan sebagai acuan bagi perangkat yang dikalibrasi, dan kini juga banyak perusahaan yang memberikan jasa kalibrasi maupun pelatihan kalibrasi untuk industri atau perorangan yang membutuhkan. Itulah sedikit informasi mengenai syarat-syarat penting kalibrasi Di dunia industri, apa itu kalibrasi dan hal-hal yang masih dalam ruang lingkup kalibrasi , semoga informasi ini dapat berguna bagi yang membutuhkan (Iqbal Maulana).

Baca juga artikel Review Produk Lainnya.

11 komentar

semoga artikel di atas dapat memberikan informasi mengenai hal-hal dalam ruang lingkup kalibrasi .terima kasih

Artikel yg sngat menarik dan sngat bermanfaat..
mkasih bnyak infonya.

Kalibrasi memang di perlukan, dan harus dilakukan secara terjadwal. Yg biasanya di kalibrasi alat ukur berparameter berat, volume, suhu, tekanan...(ini yg biasa di lakukan di instansi Lab QC makanan)

wah terimakasih banget atas informasinya!!!salam kenal dan semoga sukses...

benar sob,
hukumnya wajib itu, apalago perusahaan sudah menerapkan ISO 9000. Begitu ada temuan alat belum di kalbrasi saat audit external, langsung kena MAYOR tuh, sertifikat ISO dicabut dach !!! Jadi jangan maen2 dengan kalibrasi alat.

wilujeng ngeblog

info dan ilmu baru sob, baru tahu dan nampaknya mmang penting serta sngat dperlukan buat industri, mnjaga standar kwalitas

hummhhs...kalibrasi,,pernah denger beberapa jadi buat syarat penting dalam dunia industri ya,,
thanks buat infonya

www.pascalibration.com
- Calibration Laboratory
- Training Provider & Management Consulting Services
- Test Instrument & Safety Equipment Supplies

saat ini memang kalibrasi sangat wajib bagi dunia industri.

Salah satu untuk menjamin kompetensi laboratorium kalibrasi, Akreditasi ISO/IEC 17025 mempunyai peran penting dalam hal tersebut.

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top