Senin, Desember 5

Tema Umpasa

Tema dilihat hubungannya dengan isotopi. Kajian isotopi ini berguna untuk memahami tema. Tatanan tema terbentuk dari berbagai motif yang disusun secara hirarkis. Kehadiran tema-tema utama dan tema-tema minor dapat dilihat melalui pemunculan motif secara berulang. Tema-tema itu ditandai dengan kriteria keberulangan, karena dasar analisis adalah isotopi Zaimar (1990:114). Dalam umpasa pernikahan I ini ditemukan beberapa isotopi, yang mendukung tema.

Isotopi Tumbuhan
Dalam umpasa pernikahan I ini terdapat kata yang masuk dalam isotopi tumbuhan, hal itu tampak pada tabel berikut.

TABEL
Isotopi Tumbuhan


Komponen makna bersama dari isotopi tumbuhan adalah akar/batang, bunga/daun, dan tumbuh. Kedua kata di atas termasuk kedalam isotopi tumbuhan karena memenuhi makna bersama akar/batang, bunga/daun, dan tumbuh. Hal ini mengindikasikan bahwa umpasa pernikahan ini mempunyai makna yang tersirat, yakni kata gumba diumpamakan sebagai kecantikan, sedangkan timbahou diumpamakan sebagai tingkah laku.

Isotopi Pekerjaan
Dalam umpasa pernikahan I ini terdapat kata yang masuk dalam isotopi pekerjaan, hal itu tampak pada tabel berikut.

TABEL
Isotopi Pekerjaan

Kedua frasa di atas dimasukkan ke dalam isotopi pekerjaan, karena menunjukkan pekerjaan. Komponen makna bersama yang termasuk kedalam isotopi pekerjaan adalah komponen makna perintah, aktivitas dan sifat. Komponen-komponen tersebut menggambarkan sifat-sifat dan perintah dari sebuah aktivitas atau pekerjaan. Aktivitas dalam umpasa pernikahan ini adalah sebuah perintah yang mempunyai sifat. Dengan kata lain aktivitas perintah tersebut mempunyi sifat nasehat. Artinya, seorang anak laki-laki yang ingin mencari jodoh, dinasehatkan agar tidak hanya melihat kecantikan saja, tetapi yang paling utama adalah tingkah lakunya.

Isotopi Keterangan
Selain isotopi-isotopi tersebut, terdapat juga isotopi keterangan, hal itu tampak pada tabel berikut.

TABEL
Isotopi Keterangan

Ada beberapa kata yang termasuk kedalam isotopi keterangan. Komponen makna bersama pada isotopi keterangan yaitu komponen makna alat/cara, waktu/tempat dan keadaan. Kata rupa dan parlaho termasuk kedalam isotopi keterangan. Komponen makna bersama yang menonjol adalah keadaan. Kedua kata ini muncul satu kali. Kata rupa dan parlaho menggambarkan tentang sosok seorang perempuan yang cantik (rupa) dan baik hati (parlaho).

Membaca lebih lengkap, kunjungi Daftar Isi Skripsi

Artikel Terkait (Skripsi)

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top