Selasa, November 29

Tema

Tema merupakan ide pokok atau gagasan yang terkandung dalam isi puisi. Menurut Lord (Badrun, 2003:27) tema adalah peristiwa atau adegan yang diulang pada bagian-bagian deskriptif dalam cerita. Lord menegaskan bahwa tema adalah kelompok ide yang digunakan secara teratur pada penciptaan cerita pada gaya formulaik nyanyian tradisional. Lagipula tema tidak dapat diungkapkan dalam kata-kata yang persis sama dalam sekelompok ide.

Tema berkaitan dengan kajian isotopi. Greimas meminjam istilah isotopi dari ilmu Kimia dan Fisika. Istilah isotopi berasal dari bahasa Yunani, isos (sama) dan topos (tempat). Menurut Greimas isotopi adalah suatu kesatuan kategori semantis yang timbul dari redudansi dan yang memungkinkan pembacaan cerita seragam sebagaimana yang dihasilkan dari pembacaan ujaran itu bagian demi bagian, dan dari pemecahan ambiguitas yang dituntun oleh upaya pembacaan yang senada Greimas (Badrun, 2003:28).

Kajian isotopi berguna untuk memahami tema. tatanan tema terbentuk dari berbagai motif yang disusun secara hirarkis. Kehadiran tema-tema utama dan tema-tema minor, dapat dilihat melalui pemunculan motif secara berulang. Tema-tema itu ditandai dengan kriteria keberulangan karena dasar analisis adalah isotopi (Zaimar:1990:114).

Membaca lebih lengkap, kunjungi Daftar Isi Skripsi

Artikel Terkait (Skripsi)

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top