Kamis, Desember 1

Metode Penelitian

Pengertian metode menurut Surakhmad (1998:131) adalah suatu cara utama yang dipergunakan untuk mencapai suatu tujuan, misalnya untuk menguji serangkaian hipotesa, dengan mempergunakan teknik serta alat-alat tertentu. Cara utama itu dipergunakan setelah penyelidik memperhitungkan kewajarannya ditinjau dari tujuan penyelidikan serta dari situasi penyelidikan.

Dalam dunia penelitian terdapat bermacam-macam metode penelitian yang digunakan. Menurut Surakhmad (1998) ada tiga macam metode yang biasa dipergunakan dalam penelitian, yaitu:
  • metode historik;
  • metode deskriptif;
  • metode eksperimental.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Mohammad Nazir (1999 : 63) berpendapat bahwa metode dekriptif adalah metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu obyek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antarfenomena yang diselidiki.

Ciri-ciri metode diskriptif menurut Surakhmad (1998:140) adalah sebagai berikut.
  • Memusatkan diri pada pemecahan masalah yang ada sekarang, pada masalah-masalah yang aktual.
  • Data yang dikumpulkan mula-mula disusun, dan dijelaskan kemudian dianalisa (karena itu metode ini sering pula disebut metode analitik)
  • Menjelaskan setiap langkah penyelidikan deskriptif itu dengan teliti dan terperinci, baik megenai metodologi maupun mengenai detail teknik secara khusus.
  • Menjelaskan prosedur pengumpulan data, serta pengawasan dan penilaian terhadap data itu.
  • Memberi alasan yang kuat mengapa dalam metode deskriptif tersebut penyelidik mempergunakan teknik tertentu dan bukan teknik lainnya.
Surakhmad (1998:39) mengemukakan bahwa penyelidikan deskriptif tertuju pada masalah yang ada pada masa sekarang. Karena banyak sekali ragam penyelidikan demikian, penyelidikan deskriptif lebih merupakan istilah umum yang mencakup berbagai teknik deskriptif. Di antaranya ialah penyelidikan yang menuturkan, menganalisa, dan mengklasifikasi; penyelidikan dengan teknik survei, dengan teknik interviu, angket, observasi atau dengan teknik tes, studi kasus, studi komperatif, studi waktu dan gerak, analisa kuantitatif, studi kooperatif atau operasional.

Jenis metode deskriptif yang disajikan dalam penelitian ini adalah secara kualititif. Menurut Ratna (2008:47-48) metode secara kualitatif memberikan perhatian terhadap data alamiah, data dalam hubungannya dengan konteks keberadaannya.

Ciri-ciri penelitian kualitatif menurut Ratna (2008:47-48) adalah sebagai berikut.
  • Memberikan perhatian utama pada makna dan pesan, sesuai dengan hakikat objek, yaitu sebagai study kultural.
  • Lebih mengutamakan proses dibandingkan dengan hasil penelitian sehingga makna selalu berubah.
  • Tidak ada jarak antara subjek peneliti dengan objek penelitian, subjek peneliti sebagai instrumen utama, sehingga terjadi interaksi langsung di antaranya.
  • Desain dan kerangka penelitian bersifat sementara sebab penelitian bersifat terbuka.
  • Penelitian bersifat alamiah, terjadi dalam konteks sosial budaya masing-masing.
Membaca lebih lengkap, kunjungi Daftar Isi Skripsi

Artikel Terkait (Skripsi)

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top