Minggu, November 27

Defenisi Operasional

Agar lebih jelas, maka perlu dikemukakan beberapa istilah-istilah yang peneliti pergunakan, sebagai berikut.
  1. Umpasa pernikahan Simalungun adalah puisi rakyat yang berisi doa restu, yang jumlah lariknya selalu genap, yaitu antara empat larik sampai dua belas larik dalam satu bait, yang dituturkan saat upacara adat pernikahan di masyarakat Simalungun.
  2. Stuktur adalah komposisi teks puisi lisan sebagai tatanan sebuah bangunan yang mempunyai unsur-unsur yang saling berkaitan. Struktur ini meliputi formula sintaksis, formula bunyi, formula irama, majas, dan isotopi.
  3. Konteks penuturan adalah sebuah peristiwa komunikasi secara khusus, yang ditandai dengan adanya interaksi di antara unsur-unsur pendukungnya secara khusus.
  4. Proses penciptaan adalah sebuah proses kreatif dalam menciptakan Umpasa tersebut oleh masyarakat, baik secara terstruktur maupun spontan.
  5. Fungsi adalah manfaat suatu umpasa bagi masyarakat pendukungnya.
Artikel Terkait (Skripsi)

2 komentar

Maaf Gan, seharusnya disajikan juga judulnya gan, biar jelas.

karena sy pikir tadinya makna dan tujuan dari sebuah definisi operasional. karena setiap judul walau pun sama bisa mempunyai definisi operasional yang berbeda,

Artikel ini lanjutan dari postingan sebelumnya Gan. untuk melihat judulnya Agan tinggal klik link "Struktur, Konteks Penuturan, Proses Penciptaan Dan Fungsi (Kover)"

atau untuk melihat artikel yang masih berhubungan dengan skripsi ini, boleh klik "daftar isi, tpi maaf untuk 3 hari kedepan masih dalam proses posting dan edit.

IBX5829BEFF42CDB
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top